Resep Urap Daun Kenikir Campur

Resep Urap Daun Kenikir Campur

Cara Membuat Urap Daun Kenikir Campur

Urap sayuran banyak digemari karena enak rasanya dan menyegarkan badan. Urap sayuran ini seringkali disajikan sebagai pelengkap dari berbagai macam bentuk tumpeng, bersama dengan aneka lauknya.

Namun urap sayuran juga sering disajikan sebagai bagian dari menu sehari-hari, misalnya disajikan bersama mendoan atau tempe goreng tepung biasa, tahu goreng, atau tahu tempe yang dibacem, telur, ikan, ayam, atau aneka lauk sehari-hari lainnya.

Umumnya bahan urap yang disukai orang adalah kacang panjang, kol, tauge, bayam, kangkung, wortel, dan bermacam-macam daun-daunan seperti daun bayam, daun singkong, daun kacang panjang, daun selada air, daun pepaya, dan sebagainya.

Kali ini bahan urapnya daun kenikir. Meskipun daun ini agak langu namun enak juga dijadikan bahan urap. Daun yang tadinya sudah mulai agak langka ini kini kembali mudah dijumpai di penjual sayuran. Tentunya supaya makin enak, perlu juga dicampur dengan kacang panjang, tauge dan daun kol.

Untuk membuat bumbu kelapa, usahakan untuk menggunakan kelapa yang agak muda, karena rasanya lebih enak dibandingkan menggunakan kelapa yang sudah tua.

Supaya tak mudah basi, bumbu urap kelapa ini setelah jadi sebaiknya dikukus dulu hingga matang sebelum disajikan bersama sayuran rebusnya. Selain itu, saat dikukus beri selembar daun jeruk, agar aroma wanginya semakin terasa menyegarkan.

Bila ingin bumbu urap kelapanya lebih kering, bisa juga disangrai. Hasilnya sama saja, membuat bumbu urap tak mudah basi.

Bahan yang agak sulit dicari dalam resep urap daun kenikir campur ini biasanya adalah jeruk purut. Jeruk ini hanya digunakan kulitnya, dibutuhkannya pun sedikit saja, namun efeknya cukup mempengaruhi hasil masakan. Jeruk purut memberikan wangi yang khas pada urap. Namun jika tidak ada juga tidak apa-apa, aroma wanginya masih bisa didapat dari daun jeruk.

Resep Urap Daun Kenikir Campur

Bahan Urap:

  • 2 ikat daun kenikir, siangi, ambil daunnya yang muda dan buang daunnya yang tua
  • 1 ikat kacang panjang, siangi dan potong 3 cm
  • 100 g tauge, siangi, seduh dengan air panas lalu tiriskan dan sisihkan
  • 200 g daun kol, potong-potong sesuai selera
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Bahan bumbu kelapa:

  • 2 Siung bawang putih ukuran besar
  • 5 buah cabai keriting merah, potong-potong supaya mudah diuleg (jika masih kurang pedas, tambahkan cabai rawit merah)
  • 1-2 jari kencur
  • 1/4 sdt terasi bakar (bisa diskip bila tak suka terasi)
  • 1/2 sdt kulit jeruk purut (jika ada, jika tak ada gunakan 1 lembar daun jeruk saja)
  • Garam sesuai dengan selera
  • Gula merah iris halus secukupnya
  • 1/2 buah kelapa agak muda, parut melintang

Cara Membuat:

  1. Rebus daun kenikir, kacang panjang, dan daun kol secara terpisah hingga empuk, lalu tiriskan. Setelah agak dingin potong-potong kacang panjang dan daun kol sesuai selera. Taugenya cukup diseduh sebentar dengan air panas lalu tiriskan, sisihkan.
  2. Ambil ulekan besar, Uleg bawang putih dengan garam, lalu tambahkan kencur, terasi (jika memakai) dan kulit jeruk purut atau daun jeruk, lalu uleg kembali hingga halus. Setelah itu masukkan cabai yang sudah dipotong-potong, teruskan menguleg, setelah cukup halus baru tambahkan parutan kelapa dan irisan gula merah. Uleg lagi lalu cicipi dan koreksi rasanya.
  3. Setelah pas rasanya, lalu masukkan dalam wadah tahan panas atau bungkus dengan daun pisang, dan kukus hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan agak dingin. Cara lain selain dikukus yaitu disangrai sebentar.
  4. Selanjutnya, sajikan bumbu kelapa dengan masing-masing sayuran secara terpisah. Bisa juga masing-masing sayuran sudah diberi bumbu kelapa lalu diatur terpisah, atau langsung saja semua sayuran dan bumbu kelapanya diaduk menjadi satu.

Jadi begitulah cara membuat resep urap daun kenikir campur ini. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *