Tumis tempe dengan cabai hijau

Tumis tempe dengan cabai hijau simpel

Cara membuat tumis tempe dengan cabai hijau

Adakah yang suka membuat tumis tempe dengan cabai hijau? Masakan ini cocok sekali buat mereka yang sibuk, atau saat kita tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat.

Biarpun sederhana baik bahan mapun cara memasaknya, tapi rasanya enak. Apalagi dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat. Dinikmati dengan nasi uduk juga enak.

Tumis tempe dengan menggunakan bumbu kecap seperti ini bisa banyak variasinya. Ada yang menggunakan cabai merah dan cabai rawit, ada juga yang menggunakan tambahan potongan tomat.

Ada orang yang suka menambahkan petai, kikil atau ikan teri goreng dalam tumis tempe ini. Tentunya banyaknya kecap yang digunakan juga disesuaikan. Yang pasti rasanya tetap saja enak. Kita bebas membuatnya sesuai dengan selera.

Karena ingin tumis tempe yang simpel saja, jadi dalam resep berikut ini saya benar-benar hanya menggunakan bahan tempe dan cabai hijau. Cabai hijaunya bisa menggunakan cabai hijau besar, bisa juga menggunakan cabai keriting hijau.

Bagi yang tidak menyukai cabai besar hijau barangkali lebih baik menggunakan cabai keriting hijau. Biasanya alasan mereka adalah karena cabai besar hijau ada rasa langunya, jadi mereka lebih suka cabai keriting hijau, tapi rasanya akan menjadi lebih pedas.

Supaya lebih sedap, dalam resep ini saya tambahkan juga saus tiram. Baiklah teman-teman, kita langsung saja ya, begini resep dan cara membuatnya

Resep tumis tempe cabai hijau

Bahan:

  • 1 papan tempe ukuran 300 g
  • 8 buah cabai hijau besar (bisa juga menggunakan cabai hijau keriting)
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 jari lengkuas, memarkan
  • 1 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Potong-potong tempe ukuran kecil saja, lalu goreng hingga setengah matang, angkat dan tiriskan.

2. Tumis bawang merah dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, lalu masukkan bawang putih, lengkuas, dan cabai hijau, aduk-aduk hingga cabai hijau layu.

3. Tambahkan saus tiram dan kecap manis, biarkan sebentar, lalu masukkan tempe. Aduk hingga rata, beri garam lalu cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas, masak hingga tempe matang dan bumbunya meresap. Setelah matang segera angkat dan sajikan.

Mudah dan cepat bukan cara membuat tumis tempe dengan cabai hijau ini teman-teman? Semoga bermanfaat…. IN

Pencarian dari google:

2 Responses to Tumis tempe dengan cabai hijau

  1. ATIM says:

    langkah2 pembuatan tumis tempe dengan cabai hijau ini sangat mudah dan sederhana sekali, semua kalangan yg mempunyai minat dalam memasak bisa mencoba untuk membuat tumis tempe cabai hijau, namun jika ingin membuat tumis tempe cabai hijau ini dengan rasa yg super pedas lebih baik menggunakan cabai apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *