Tumis tauge kedelai dengan kacang panjang

Tumis tauge kacang kedelai dan kacang panjang

Memasak tumis tauge kedelai dengan kacang panjang

Selama ini ‘pasangan’ yang paling disukai dari kacang panjang untuk memasak sayur tumis adalah tempe. Bagi yang sering membeli sayuran matang, pasti tak asing lagi dengan sayur tumis kacang panjang dengan tempe. Sayuran ini juga seringkali menjadi isi nasi kucing di wedangan Solo.

Namun sebenarnya kacang panjang cukup fleksibel, jadi masih tetap enak juga kalau dipadukan dengan tahu, udang, atau dengan sayuran lainnya. Kali ini saya coba memasak tumis tauge kedelai dengan kacang panjang. Bahannya sederhana saja, cara memasaknya juga mudah.

Teman-teman yang pernah mencoba pasti tahu bahwa rasanya pun tak kalah enak dengan tumis tempe kacang panjang.  Apalagi menggunakan bumbu saus tiram dan dibuat cukup pedas.

Tauge kedelai tidak cepat lembek saat di masak seperti tauge kacang hijau. Jadi ketika baru matang, rasanya pun masih renyah. Tentu saja memasaknya tetap tidak boleh terlalu lama. Jadi kacang panjangnya juga masih renyah. Sayur tumis ini cocok sekali dimakan bersama nasi hangat dan lauknya.

Jika teman-teman menyukai menu food combining seperti saya, mungkin juga bisa menikmati sayur tumis ini dengan nasi hangat dan lauk sederhana seperti tempe atau tahu, yang dalam pola makan itu dianggap sebagai makanan netral.

Dalam pola makan food combining, sayuran posisinya hampir seperti makanan pokok, yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak, lebih banyak daripada nasi atau lauk. Ketentuan lainnya, untuk makan sayuran itu kita hanya bisa memilih apakah akan memakannya dengan nasi atau lauk dari kelompok protein hewani. Tidak boleh dengan kedua-duanya.

Kalau tetap ingin makan sayuran dengan nasi tetapi juga ada lauknya, ya seperti yang saya sebutkan tadi, itu masih diperbolehkan selama lauk itu terdiri dari tempe atau tahu saja. Saya sendiri juga cenderung memilih menu yang seperti itu. Tempenya seringkali saya buat tempe tepung atau mendoan (resepnya sudah saya tulis di postingan yang lama). Bila memilih tahu juga bisa dibuat tahu aci.

Enaknya berfood combining, tak ada batasan berapa banyak kita boleh makan tempe atau tahunya. Jadi kita tetap bisa makan kenyang dan lumayan enak, meskipun dalam posisi diet. Memang begitulah yang selalu dikatakan oleh para pakar Food Combining …. Mari makan enak tetapi tetap langsing dan awet muda … begitu katanya … tentu saja saya juga tertarik … wanita mana yang tak tertarik dengan slogan seperti itu? hihi ….

Tempe mendoan

Tempe mendoan

Baiklah teman-teman, kembali ke resep kita, inilah resep tumis tauge kedelai dengan kacang panjang:

Untuk: 1 piring sayur

Bahan:

  • 1 ikat kacang panjang, dipotong-potong sesuai selera
  • 1 kantung plastik tauge kedelai
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 2 jari lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt saus tiram
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 100 ml air matang
  • 1/2 sdt garam
  • gula pasir secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah hingga harum, tambahkan bawang putih dan cabai merah keriting, setelah cabai layu, tambahkan lengkuas dan daun salam, beri saus tiram, masukkan kacang panjang.

2. Aduk-aduk kacang panjang hingga layu, lalu beri air matang. Masukkan juga tauge, tutup wajan dan biarkan selama 5 menit. Buka tutup wajan setelah sayuran cukup empuk, bumbui garam dan gula pasir. Cicipi rasanya, koreksi bila perlu, jika sudah pas segera angkat dan sajikan.

Begitulah cara membuat tumis tauge kedelai dengan kacang panjang. Mudah bukan teman-teman (IN)?

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *