Tumis sawi, tahu, dan bakso

Memasak tumis sawi, bakso, dan tahu

Sayuran daun yang ditumis, selalu saja menggugah selera dan membuat nyaman di badan, apalagi sayuran seperti sawi. Apakah teman-teman juga suka? Saya suka membuat tumis sawi hijau dengan bakso dibuat berkuah agak banyak begitu, terkadang baksonya diiris, atau dibiarkan utuh begitu saja, lalu diberi irisan daun bawang.

Saya juga suka membuat tumis sawi putih dengan tahu tetapi dibuat kering kuahnya. Namun hari ini kedua jenis tumisan itu saya gabung menjadi satu karena kebetulan stok kedua jenis sawi itu hanya tinggal sedikit. Ternyata rasanya masih tetap enak lho teman-teman… enak dan mengenyangkan … hihihi … dimakan dengan nasi … tanpa memakai lauk juga sudah kenyang…

Di tumisan kali ini saya menggunakan bakso dan tahu Bandung yang lembut sekali sehingga harus digoreng lebih dahulu supaya tidak hancur. Menggorengnya sebentar saja supaya tahunya berkulit.

Sebenarnya jenis tahu yang lebih cocok untuk tumisan adalah tahu takoa yang berwarna kuning itu teman-teman. Bisa ditumis dengan sawi atau taoge, sayang hanya tersedia di supermarket tertentu saja. Tetapi tidak mengapa, ada tahu Bandung yang selalu tersedia di tukang sayur. Tukang tahu yang tiap hari selalu keliling komplek juga selalu membawanya. Tahunya terjamin baru dan masih segar. Begini penampakan hasil jadinya:

Tumis sawi, bakso dan tahu goreng

Tumis duo sawi, bakso dan tahu goreng

Sawi hijau dan sawi putih masih termasuk dalam satu keluarga. Mereka termasuk dalam keluarga kubis (Brassica). Keduanya merupakan jenis sayuran yang sama-sama kaya vitamin, aneka mineral penting seperti Kalium, Zat besi, Folat, Magnesium, dan serat. Bedanya tentu di bagian chlorophyl nya (zat hijau daun) yang banyak dimiliki oleh sawi hijau.

Kedua jenis sayuran ini sama-sama memiliki khasiat mencegah beberapa jenis kanker, dan karena kandungan seratnya cukup tinggi, bisa juga membantu menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, wasir, dan penyakit usus besar. Sementara sawi putih memiliki kelebihan lain, yaitu sawi putih dianggap baik bagi mereka yang sedang diet karena baik untuk memperbaiki pencernaan dan juga memiliki efek mengenyangkan (sumber: faktaherbal.com).

Namun bagi yang memiliki masalah tiroid sebaiknya berhati-hati dan tidak terlalu sering mengkonsumsi sayuran ini karena umumnya semua sayuran dari keluarga Brassica mengandung goitrogen, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan terhambatnya fungsi kelenjar tiroid dan bisa menyebabkan gondok.

Resep tumis sawi dengan tahu dan bakso

Bahan:

  • 1 ikat sawi hijau, potong 2 cm
  • 5 lembar sawi putih, potong 2 cm
  • 3 buah tahu Bandung, potong kotak, goreng supaya berkulit
  • 3 buah bakso, iris tipis membulat
  • minyak untuk menumis
  • 5 Butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabai keriting merah,potong serong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • air matang secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah hingga harum, lalu masukkan bawang putih, cabai keriting merah, dan lengkuas, aduk-aduk hingga cabai terlihat layu.

2. Masukkan bakso, aduk-aduk sebentar supaya matang lalu tambahkan tahu dan sawi, beri air matang, garam dan gula, aduk kembali hingga rata.

3. Biarkan semua sayuran matang. Cicipi air kuahnya, koreksi rasanya bila perlu. Angkat dan sajikan hangat.

Catatan:

Tumis sawi ini bisa ditambah dengan saus tiram supaya rasanya lebih mantap. Sausnya bisa dimasukkan setelah bumbu bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan cabai dimasukkan.

Masak tumis sawi sebaiknya dengan api besar dan jangan terlalu lama supaya sawinya masih tetap segar dan renyah saat dimakan(IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *