Tumis Cumi Asin dengan Cabai Hijau

Memasak tumis cumi asin dengan cabai hijau

Memasak tumis cumi asin dengan cabai hijau

Hari lebaran haji identik dengan hari-hari yang penuh dengan acara pesta daging. Pertama, tentunya karena ada acara pembagian daging hewan kurban, baik daging sapi maupun kambing. Kedua karena beberapa pusat perbelanjaan biasanya juga menjual daging dengan harga diskon.

Jadi mereka yang kebetulan tidak mendapatkan pembagian daging kurban juga bisa menikmati makan daging dengan harga yang lebih murah.

Tak heran jika pada hari raya haji, biasanya ibu-ibu akan sibuk di dapur seharian, mengolah daging menjadi berbagai macam masakan, mulai dari semur, rendang, gulai, tongseng, bakso, dll.

Anak-anak muda biasanya juga menggunakan kesempatan itu untuk berkumpul bersama di malam hari sambil menikmati daging yang dipanggang rame-rame. Biasanya yang paling sering dibuat dalam acara itu adalah sate kambing.

Bisa jadi karena daging, terutama daging sapi umumnya kaya lemak, maka wajar saja bila pada akhirnya akan timbul rasa eneg atau bosan setelah beberapa hari.

Pada saat muncul kebosanan, biasanya ada makanan tertentu yang tiba-tiba menjadi terasa sangat enak, misalnya saja sambal yang cukup pedas dan aneka lalapan sayur mentah dilengkapi lauk sederhana seperti tahu, tempe, atau ikan yang dibumbui sekedarnya.

Ada juga yang mulai mencari petai dan jengkol sebagai tambahan lalaban. Bahkan jengkol yang dimasak balado atau rendang bisa tiba-tiba saja menjadi terasa sangat lezat. Lebih lezat daripada daging mungkin.

Ikan asin juga terkadang menjadi pilihan yang cukup menarik. Dengan sambal yang tepat, ikan asin bisa menjadi terasa sangat enak dan menjadi pemancing nafsu makan yang baik, yang bisa membuat nasi menjadi lebih cepat habis daripada biasanya.

Ikan asin seperti jambal atau cumi biasanya cukup digemari. Selain digoreng, ikan asin juga enak dibuat tumisan. Ikan asin jambal enak ditumis bersama taoge, sementara cumi cukup disukai saat ditumis bersama cabai hijau seperti resep berikut ini.

Apalagi kalau bisa mendapatkan cumi telur yang lezat itu. Baiklah teman-teman, inilah resep cuminya:

Resep tumis cumi asin dengan cabai hijau

Bahan:

  • 1 kantong kecil  cumi asin
  • 5 buah cabai hijau besar atau sesuai selera, potong-potong
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tomat merah ukuran kecil, potong menjadi 8
  • 2 cm lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • minyak untuk menggoreng cumi dan menumis
  • 50 ml  air matang
  • sedikit garam
  • 1 sdm kecap manis

Cara membuat:

1. Cuci bersih cumi, keluarkan plastik dan kotorannya, rendam kira-kira 10 menit dengan air garam.

2. Bilas cumi, lalu potong-potong menjadi 3-4 bagian atau sesuai selera

3. Goreng cumi hingga setengah matang, lalu segera angkat dan sisihkan

4. Gunakan minyak goreng sisa menggoreng cumi tadi secukupnya untuk menumis. Tumis bawang merah hingga harum, lalu masukkan bawang putih dan potongan cabai hijau, aduk-aduk hingga cabai hijau nampak layu.

5. Masukkan potongan cumi dan tomat, aduk hingga rata dan masak sebentar, lalu tambahkan air matang. Tambahkan airnya bila kurang.

6. Beri kecap dan sedikit garam, cicipi dan koreksi rasanya, angkat bila sudah matang dan rasanya sudah pas.

Begitulah caranya memasak Tumis Cumi Asin dengan Cabai Hijau ini. Semoga cocok dengan selera teman-teman semua. IN

Sebagai catatan, cumi tidak bisa digoreng atau ditumis terlalu lama karena akan menjadi alot. Jadi cukup digoreng sebentar saja, ditumis juga sebentar saja sebelum dituangi air matang. Setelah dituang air memasaknya juga tidak boleh lama.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *