Terong Penyet dengan Sambel Lamongan

Terong penyet dengan sambel lamongan

Memasak Terong Penyet dengan Sambel Lamongan

Masak apa hari ini teman-teman? …. Kali ini saya ingin share masakan yang sederhana, cepat, dan mudah disiapkan, tapi dijamin banyak yang suka, yaitu Terong Penyet dengan Sambel Lamongan. Ini memang bukan masakan baru, tetapi masih banyak saja penggemarnya.

Kombinasi antara terong dengan sambal sepertinya memang selalu menarik. Biasanya masakan terong yang di masak balado atau terong yang hanya ditumis dengan cabai hijau dan teri medan saja sudah sukses menghabiskan banyak nasi dan membuat keringat bercucuran, hihi ..

Jadi mungkin sebaiknya terong dengan sambel ini disajikan malam hari saja. Soalnya setelah masuk banyak nasi kita cenderung mengantuk. Kalau disajikan siang tentu mengganggu jam kerja, kalau malam hari, sehabis rapi-rapi bisa langsung tidur, hihi

Terong memang sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai macam makanan enak. Sayuran buah ini juga banyak manfaatnya bagi kesehatan, karena mengandung serat, vitamin dan mineral yang menyehatkan.

Membuat terong penyet sangat mudah, terongnya hanya perlu digoreng saja, lalu disajikan dengan uleg-an sambel.  Untuk teman-teman yang ingin diet, terongnya sebaiknya jangan digoreng tetapi dipanggang saja di wajan teflon dengan sedikit minyak goreng. Wajan teflonnya ditutup rapat supaya terong cepat matang.

Dengan begitu kadar lemaknya tentu tidak sebanyak kalau digoreng seperti biasa. Cara ini bisa membantu sedikit memangkas lemak dalam masakan, dan menurunkan kalori menu makanan.

Terong bisa saja dipenyet dengan sambel terasi biasa. Tetapi kali ini, supaya sedikit beda, sambelnya menggunakan sambel lamongan. Cabainya silakan ditambah sendiri kalau kurang pedas yaa …. Terong penyet ini cocok juga disajikan bersama ayam goreng, tahu dan tempe goreng, serta nasi uduk.

Resep Terong Penyet Sambel Lamongan:

Bahan:

  • 3 buah terong, masing-masing dipotong dua lalu direndam dalam air dengan sedikit garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 7 buah cabai keriting, potong-potong
  • 5 buah cabai rawit merah, masing-masing potong dua
  • 1 buah tomat ukuran besar, potong dadu
  • 4 butir bawang merah, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, potong-potong
  • 1/2 sdt terasi yang sudah dibakar atau digoreng
  • 2 buah kemiri, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (saya menggunakan yang tanpa msg)

Cara membuat:

  1. Tiriskan terong, lalu goreng atau panggang dengan sedikit minyak di wajan teflon, bolak-balik hingga matang. Selanjutnya angkat dan tiriskan, sisihkan.
  2. Goreng semua cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan kemiri dengan minyak goreng secukupnya dan api kecil saja hingga agak lunak. Lalu angkat dan tuang dalam uleg-an.
  3. Uleg hingga halus bersama terasi, beri garam dan gula merah secukupnya, beri penyedap bila perlu. Cicipi dan koreksi rasanya, bila rasanya sudah pas, letakkan terongnya di situ lalu dipenyet dengan sambal. Sajikan hangat.

Mudah dan cepat bukan membuat terong penyet dengan sambel Lamongan? Selamat mencoba … IN

Catatan:

  • Jika malas menguleg, bisa juga semua bahan sambal yang telah digoreng diblender sebentar. Tak perlu menambahkan air karena biasanya masih ada bekas minyak gorengnya dan bahannya sudah lembek.
  • Kalau membuat sambelnya untuk lebih dari sekali makan, setelah diblender hingga cukup halus sebaiknya dimasak kembali dengan api kecil hingga matang dan berminyak. Dengan begitu sambelnya tidak mudah basi.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *