Resep Terong Ungu Kecap Pedas

Terong Goreng Kecap Pedas

Cara Memasak Tumis Terong Kecap Pedas

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang fleksibel untuk dijadikan aneka olahan, enak dimasak balado, bisa dipenyet sambal, sedap juga bila dimasak kecap. Bila sedang bosan membuat terong balado atau terong penyet, bisa dicoba tumis terong kecap sederhana ini. Rasanya dijamin tidak kalah nikmat.

Membuat tumis terong ungu kecap pedas sangat mudah. Masakan ini juga bisa dengan cepat disiapkan. Jadi jika teman-teman biasa memiliki stok terong di kulkas, masakan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk disiapkan saat membutuhkan sayur yang perlu siap dalam waktu singkat.

Terong yang dipakai dalam resep ini adalah jenis terong ungu. Bisa juga menggunakan terong hijau, hanya saja di daerah Jawa Barat dan sekitarnya biasanya yang umum tersedia adalah terong ungu.

Untuk membuat terong kecap, pertama-tama terong perlu di goreng lebih dahulu. Bila tak mau menggoreng terong, bisa juga dengan cara di toast, yaitu digoreng di wajan teflon dengan menggunakan sedikit minyak. Tentunya wajannya harus ditutup supaya terongnya cepat matang.

Dengan cara itu, kita bisa menghemat penggunaan minyak goreng, disamping mengurangi kalori masakan ini. Selain itu, cara ini juga lebih menyehatkan.

Setelah terong matang, barulah bumbunya yang terdiri dari irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai ditumis, dicampur kecap dan kaldu ayam, lalu terongnya dimasukan dan diaduk bersama kecap dan bumbu-bumbu hingga rata. Jadi deh.

Namun untuk menghasilkan foto terong kecap yang cantik, saya menumis lebih dahulu sebagian cabai merah dan hijau yang akan digunakan, kemudian menyisihkannya dulu. Setelah terong dimasukkan ke dalam campuran kecap dan bumbu hingga rata dan diletakkan dalam piring saji, barulah  tumisan cabai tadi saya taburkan di atasnya.

Satu hal yang perlu diingat, terong mudah sekali menghitam bila sudah dipotong-potong dan tidak langsung diolah. Jadi setelah dipotong-potong, harus langsung dimasukkan ke dalam baskom berisi air garam. Dengan begitu bagian dalam terong tetap putih bersih. Baiklah teman-teman, ini dia resep selengkapnya:

Resep Terong Kecap Pedas Enak Sederhana

Bahan:

  • 4 buah terong ungu (kurang lebih 550 g), dipotong serong
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai keriting merah, iris serong
  • 4 buah cabai keriting hijau, iris serong
  • 2 buah cabai rawit orange, iris serong
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk (saya manggunakan yang no MSG)
  • 1/3 sdt garam atau secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Terong digoreng atau di toast dengan sedikit minyak goreng di wajan teflon yang ditutup rapat hingga cukup matang. Jangan lupa dibalik supaya tidak gosong dan jangan terlalu matang agar tak menjadi terlalu lembek.
  2. Ambil sebagian irisan cabai, tumis dengan minyak goreng secukupnya, lalu sisihkan untuk taburan.
  3. Tumis bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu tambahkan bawang putih, aduk-aduk hingga harum lalu masukkan cabai merah, cabai rawit, dan cabai hijau. Terakhir tambahkan daun salam dan lengkuas, aduk hingga layu.
  4. Tuangkan kecap manis dan kaldu ayam, lalu aduk hingga rata, lalu masukkan terong yang sudah digoreng atau ditoast tadi. Aduk hingga rata. cicipi dan koreksi rasanya, segera angkat sesudah pas.
  5. Taruh terong dalam piring saji dengan taburan sebagian cabai yang tadi sudah ditumis. Sajikan hangat.

Jadi begitulah cara memasak Resep Terong ungu Kecap Pedas ini. Mudah dan cepat bukan teman-teman? Selamat mencoba … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *