Tempe sambel bawang

Tempe sambal bawang dengan taburan cabai merah

Cara membuat tempe sambel bawang

Selamat sore teman-teman, masak apa sore ini? Sore ini kebetulan saya menemukan tempe di kulkas. Tempe ini sebenarnya rencananya ingin dimasak tempe goreng tepung dua hari yang lalu. Berhubung kemarin harus meninggalkan rumah sampai 3 hari maka si tempe pun terlantar. Tetapi biarpun begitu tempenya masih bagus karena waktu dibeli tempenya masih baru.

Bagi orang yang berasal dari Jawa seperti saya, sebenarnya tempe selalu berguna. Baik tempe yang masih baru, tempe yang sudah berumur beberapa hari, bahkan tempe yang sudah kebablasan fermentasinya sehingga disebut tempe busuk. Semua bisa didayagunakan dan dijadikan masakan yang enak. Itulah sebabnya orang Jawa tak pernah ragu membeli dan menyimpan tempe.

Kembali lagi ke tempe saya yang terlantar tadi, mulanya terpikir untuk menjadikannya oseng-oseng, tetapi melihat stok cabai yang cukup melimpah, terlihat merah merona dan segar di kulkas, saya langsung berubah pikiran. Mengapa tidak dibuat sambel saja? di hari yang dingin karena hujan terus begini, sepertinya cocok makan yang pedes-pedes.

Sambel tempe pasti teman-teman sudah kenal. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat. Bila teman-teman mempunyai kemangi, bisa dibuat sambel tempe daun kemangi yang pasti menjadikan aromanya wangi dan segar, atau dibuat sambel tempe kelapa yang cenderung gurih, dengan tambahan kelapa parut.

Sayangnya saya tidak mempunyai kemangi atau kelapa parut. Dan karena di luar hujan, rasanya saya tidak ingin keluar rumah untuk membelinya. Baiklah, tanpa kemangi pun tak apa, saya bisa membuatnya menjadi tempe sambel bawang,  yang penting ada banyak cabai, bawang putih, dan kencur ….

Begini resep selengkapnya teman-teman:

Resep Tempe sambel bawang

Bahan:

  • 1 potong (kurang lebih 200 g) tempe, potong kotak agak tipis seperti kalau mau membuat tempe goreng
  • 1 siung bawang putih ukuran kecil, dicincang halus
  • 100 ml air matang
  • sedikit garam
  • minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk no msg, bila suka

Bahan sambal:

  • 9 buah cabai keriting merah (bisa ditambah bila dirasa kurang pedas)
  • 5 buah cabai rawit merah (bisa ditambah bila masih kurang pedas)
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi
  • 2,5 jari kencur
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

1. Larutkan sedikit garam dan cincangan bawang putih dengan 100 ml air matang, aduk rata lalu gunakan untuk merendam tempe, diamkan setidaknya 20 menit.

2. Goreng tempe dengan minyak secukupnya hingga matang. Angkat dan sisihan.

3. Gunakan minyak sisa menggoreng tempe untuk menggoreng semua cabai, terasi, dan bawang  putih. Tentunya minyaknya sebaiknya dibersihkan dulu dari remah-remah tempe dan bawang putih ya teman-teman, supaya tidak gosong. Selanjutnya cabai dll., tadi digoreng sebentar saja. Cara menggorengnya seperti biasanya kalau kita ingin membuat sambal. Angkat segera.

4. Letakkan cabai, bawang putih dan terasi yang sudah digoreng dan masih panas tadi ke dalam cobek, lalu uleg panas-panas bersama dengan garam dan kencur.

5. Mengulegnya tidak perlu semua cabainya sampai halus sekali ya teman-teman, secukupnya saja. Yang penting garam, kencur, bawang putih, dan terasinya hancur dan tercampur rata dengan cabai.

6. Selanjutnya masukkan tempenya lalu uleg kembali, tempenya juga tidak perlu sampai halus betul, yang penting tercampur rata dengan bahan yang lain. Cicipi dan koreksi rasanya lalu tambahkan kaldu bubuk bila suka. Uleg kembali atau aduk hingga rata. Sajikan.

Begitulah cara membuat tempe sambel bawang. Sesuaikan saja tingkat kepedasannya dengan selera masing-masing. Dalam foto di atas, saya sengaja menyisakan 2 cabai yang sudah digoreng dan dipotong serong, khusus untuk taburan (IN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *