Tempe penyet dengan sambel terasi

Tempe Penyet Sambel Terasi

Cara membuat tempe penyet sambel terasi enak

Teman-teman tentunya sudah sering mendengar atau menikmati tempe penyet. Meskipun terhitung sederhana, namun rasanya cukup menggugah selera.

Masakan dari Jawa Timur ini memang sudah sangat dikenal. Rumah makan-rumah makan yang menyajikan masakan khas Jawa Timur umumnya menyediakan menu ini.

Pada umumnya tempe yang akan dipenyet dibumbui dengan garam, bawang putih, dan ketumbar. Ada juga yang menambahkan kemiri. Bahkan menurut Wikipedia, tempe yang akan dipenyet bisa direndam dulu dalam cairan kaldu dengan bawang putih dan ketumbar.

Setelah dibumbui secukupnya, tempe lalu digoreng hingga matang. Selanjutnya panas-panas begitu dipenyet dengan sambel yang mantap di dalam cobek. lalu disajikan bersama cobeknya … sedaaaap

Menu seperti tempe penyet sambel terasi ini sangat cocok disajikan di saat darurat, karena membuatnya tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, bahan yang dibutuhkan biasanya sudah tersedia di rumah.

Tentunya sebaiknya disajikan dengan lalapan segar seperti mentimun dan daun kemangi. Atau, nikmat juga bila ditambah dengan lalapan daun yang direbus seperti daun pepaya dan daun singkong.

Supaya masakan tempe penyet benar-benar nikmat, sebaiknya pilih tempe yang bagus kualitasnya dan masih segar. Hindari menggunakan tempe yang sudah disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari, sebab biasanya rasanya sudah berubah.

Dalam resep ini, saya hanya membumbui tempe dengan garam dan cincangan bawang putih. Bila suka, teman-teman bisa membumbuinya dengan bawang putih, garam, dan ketumbar, atau ditambah dengan kemiri.

Sesuaikan saja dengan selera masing-masing. Begini resep selengkapnya:

Resep Tempe Penyet dengan Sambel Terasi

Bahan:

  • 250 g tempe, potong-potong sesuai dengan selera
  • 100 ml air bersih
  • 1/2 sdt garam
  • 1 siung bawang putih cincang halus

Sambel terasi:

  • 8 buah cabai keriting merah (atau sesuai selera)
  • 4 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt terasi
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan air, beri cincangan bawang putih dan bumbui garam secukupnya, aduk hingga rata, sisihkan.
  2. Garis-garis tempe dengan pisau, lalu masukkan tempe yang sudah digaris ke dalam air yang sudah dibumbui air dan bawang putih. lalu diamkan setidaknya 20 menit.
  3. Goreng hingga matang, taruh di cobek lalu dipenyet dengan sambel terasi.

Sambel terasi:

  1. Siangi, cuci bersih, lalu potong-potong cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat, lalu tumis dengan sedikit minyak bersama terasi hingga layu.
  2. Angkat dan haluskan menggunakan cobek atau blender.
  3. Beri garam dan gula merah secukupnya, cicipi dan koreksi rasanya, lalu sajikan bersama tempe goreng.

Jadi begitu caranya membuat Tempe Penyet Sambel Terasi ini, mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat … IN

Catatan:

  1. Bila sambel tomatnya tidak habis untuk sekali makan, sebaiknya setelah dihaluskan dan dibumbui dimasak dulu hingga mendidih, dengan begitu tak mudah basi.
  2. Jika tak suka terlampau banyak menggunakan minyak, bahan sambal tomat bisa dikukus, terasinya dibakar. Setelah layu baru dihaluskan. Setelah dihaluskan dan dibumbui, barulah di masak dengan wajan dengan sedikit minyak hingga mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *