Tempe goreng tepung bumbu bawang

Tempe goreng tepung yang gurih

Cara membuat tempe goreng tepung bumbu bawang

Tempe goreng tepung biasanya ada saja penggemarnya. Tempe goreng tepung seringkali disajikan sebagai teman nasi uduk atau nasi rames, sebagai lauk tambahan, bisa disajikan bersama dengan semangkuk sup hangat, bisa juga menjadi camilan menemani secangkir teh manis.

Semoga saja teman-teman di sini belum bosan dengan menu tempe. Sekedar mengingatkan saja, bahwa meskipun murah harganya, tetapi tempe memiliki khasiat yang bagus untuk wanita segala usia. Bagi yang masih muda, tempe dapat membantu mengatasi anemia (kurang darah).

Tempe juga mengandung zat antioksidan yang tidak saja membuat awet muda karena dapat melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, tetapi juga dapat mencegah kanker payudara. Bagi wanita yang menjelang menopause, tempe mengandung fitoestrogen yang dapat membantu mengurangi gangguan saat muncul gejala menopause.

Protein tempe juga cukup tinggi, karena itu tempe seringkali dijadikan tepung dan dicampurkan pada produk makanan untuk anak-anak balita, sebagai gizi tambahan. Jadi jangan pernah meremehkan tempe.

Ada banyak sekali versi resep tempe goreng tepung yang bisa ditemukan di internet. Itu hal yang wajar, karena selera setiap orang juga berbeda-beda. Mungkin setiap keluarga juga mempunyai resep andalan masing-masing.

Saya yakin teman-teman pasti juga mempunyai resep sendiri apakah menggunakan tepung terigu dicampur dengan tepung beras, ataukah hanya menggunakan tepung terigu, begitu juga variasi bumbunya.

Kali ini yang ingin saya share di sini adalah resep tempe goreng tepung yang paling sederhana. Bahannya hanya lima macam, yaitu tempe, terigu, garam, daun bawang, bawang putih, plus minyak goreng tentunya. Sederhana sekali kan?

Tetapi rasanya gurih dan enak lho … Tentu saja memberi garamnya harus pas ya teman-teman jangan keasinan, tetapi juga jangan sampai tidak ada rasanya… sebaiknya cicipi dulu sebelum digoreng … kalau tidak mau mencicipi adonan tepung mentah, caranya yaitu goreng dulu sesendok teh adonan  tepungnya untuk dicicipi. Kalau sudah pas baru digoreng semua.

Iris tempenya tipis-tipis saja yaa …. kira-kira 3-4 milimeter saja … sebab kalau diirisnya tebal, nanti bumbunya jadi tidak terasa. Adonan tepungnya juga harus cukup kental, jadi sebaiknya jangan menambahkan air lagi, sebab bila adonan tepung terlalu encer nanti tempe tepungnya akan menjadi terlalu lembek. Baiklah teman, ini dia resepnya:

Resep tempe goreng tepung bumbu bawang

Untuk: kurang lebih 14 potong tempe tepung

Bahan:

  • 1 potong tempe (200 g), diiris tipis saja, kira-kira 3-4 mm
  • 3 batang daun bawang, diiris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih (haluskan bersama garam)
  • 1 1/3 sdt garam
  • 200 ml air matang (supaya hasilnya lebih renyah, sebaiknya gunakan air es saja)
  • 7 sdm munjung tepung terigu (bisa ditambah bila belum kental)

Cara membuat:

1. Aduk rata air es atau air matang dengan bumbu halus dan daun bawang yang sudah diiris. Tambahkan terigu lalu aduk hingga betul-betul rata dan tidak ada tepung yang menggerindil.

2. Siapkan wajan dengan minyak goreng yang cukup, panaskan dengan api sedang saja.

3. Ambil seiris tempe, celupkan irisan tempe trsebut ke dalam adonan hingga seluruh permukaannya rata dilumuri oleh tepung, lalu goreng dan bolak-balik hingga matang.

4. Mencelupkan tempenya ke dalam adonan tepung dan memasukkannya ke penggorengan sebaiknya satu demi satu saja supaya tidak saling lengket. Lapisan tepungnya juga tidak perlu terlalu tebal supaya semua tempe mendapat cukup adonan tepung.

5. Kerjakan hingga semua tempe selesai digoreng. Segera sajikan hangat.

Jadi begitulah cara membuat tempe goreng tepung bumbu bawang ini teman-teman, selamat menikmati. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *