Sorbet Mangga dan King Manggo Thai Rumahan

King Manggo Thai

Membuat Sorbet Mangga dan King Manggo Thai Rumahan

Sejak pagi tadi cuaca Depok cerah, tidak mendung seperti biasanya. Membuat saya jadi tertarik untuk membuat minuman yang seger-seger. Kebetulan stok mangga di kulkas masih cukup banyak. Ada mangga gadung, ada juga mangga harum manis. Pas lagi mateng-matengnya.

Maklum lagi musim mangga, dan pasar swalayan di depan komplek akhir-akhir ini rajin sekali mendiskon buah mangga. Alhasil kulkas jadi penuh dengan buah mangga. Biarpun begitu rasanya tak pernah bosan menyantap buah mangga.

Kemarin-kemarin mangganya sudah dijadikan buah potong, sudah dibuat jus juga, malah sempat juga membuat jus dengan campuran buah nanas sampai buah naga. Mangga memang bahan jus yang enak. Dicampur dengan macam-macam buah yang lain pun rasanya masih tetap enak.

 

Sorbet Mangga

Sorbet Mangga yang mulai meleleh (motretnya kurang cepat, hihi)

Selain dinikmati sebagai jus, kemarin mangganya juga sempat dibuat sorbet.  Sorbet yang sederhana saja, membuatnya juga mudah sekali. Mangganya dicampur dengan air, madu, dan air jeruk nipis supaya terasa segar, karena mangganya sudah manis sekali.

Selanjutnya semua bahan lalu diblender hingga lembut. Setelah lembut dimasukkan wadah kedap udara lalu disimpan di freezer. Setelah agak beku lalu dikeruk-keruk dan dibekukan lagi, setelah 2-3 kali, jadi deh. Bila teman-teman ingin melihat resep selengkapnya, bisa scroll langsung ke bagian akhir tulisan ini ya.

Karena mempunyai sorbet itulah, hari ini saya jadi kepikiran untuk mencoba membuat minuman mangga yang lagi kekinian itu, yaitu King Manggo Thai.  Bahan-bahan pembuatnya saya gunakan yang ada di rumah saja.

Karena mangganya sudah kelewat manis, maka untuk membuat jusnya saya campur dengan yoghurt. Lagi pula ada penggunaan whipp cream di resep ini. Jadi yoghurt juga berfungsi untuk membantu menetralkan rasa manisnya juga

Bila tidak mempunyai stok yoghurt, teman-teman bisa menggunakan air biasa saja. Baiklah, bagi yang ingin tahu ini dia resep selengkapnya:

King Manggo Thai Rumahan

Bahan:

  • 250 gram daging buah mangga, bekukan di dalam freezer
  • 275 ml yoghurt atau air matang biasa
  • Whipp cream secukupnya
  • Sorbet mangga secukupnya
  • Potongan buah mangga secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender daging buah mangga dengan yoghurt. Tambahkan lagi yoghurtnya sedikit bila blender belum mau berputar. Tetapi hati-hati, jangan sampai jusnya menjadi encer sekali. Beri tambahan madu atau gula bila sekiranya khawatir rasanya menjadi kelewat asam.
  2. Selanjutnya proses hingga menjadi jus mangga yang halus dan lembut.

Cara menyajikan :

Siapkan gelas saji, tuang jus mangga hingga setidaknya setengah gelas, kemudian beri whipp cream secukupnya, lalu beri sorbet mangga di bagian atasnya. Selanjutnya beri taburan potongan buah mangga. Maka minuman mangga kekinian kita siap dinikmati.

Sebagai catatan,  Jus mangga yang dibuat dengan campuran yoghurt biasanya akan terasa sedikit asam, jadi pada waktu memblender jus bisa ditambahkan madu atau gula. Gunakan whipp cream sedikit saja bisa khawatir hasilnya nanti akan terlampau manis.

Resep Sorbet Mangga Sederhana:

Bahan:

  • 350 g daging buah mangga gadung atau mangga arum manis, bekukan di dalam freezer
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 sdm madu
  • 100 ml air matang (tambah lagi airnya bila masih kurang, tetapi hati-hati jangan terlampau banyak supaya tidak menjadi terlalu encer )

Cara membuat:

  • Blender daging buah mangga hingga halus dan lembut, lalu tuang ke dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam freezeer. Tunggu hingga sorbet mulai membeku, keluarkan dari freezer, lalu dimikser atau dikeruk-keruk dengan menggunakan garpu.
  • Selanjutnya dimasukkan kembali ke dalam freezer. Lakukan 2-3 kali. Lalu kembalikan ke dalam freezer hingga membeku, maka Sorbet siap dinikmati.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *