Sop Sayur Campur

Cara memasak sop sayur campur

Teman-teman pasti sudah pernah membuatnya. Sop kali ini rasanya segar karena terbuat dari beberapa macam sayuran dengan warna-warni yang cerah.

Untuk membuatnya lebih gurih, kita bisa menggunakan sedikit tetelan daging, daging ayam, bisa juga tulangan sapi atau ayam.

Membuat sayur sop seperti ini tidak akan memakan waktu lama karena sayurannya memang tidak seharusnya direbus terlalu lama. Asal matang dan cukup empuk saja sudah cukup. Lebih segar lebih baik bukan?

Waktu yang agak lama hanya saat merebus dagingnya saja sampai empuk. Bila waktu memasak kits singkat, daging bisa direbus malam sebelumnya. Jadi saat dimasak sudah empuk.

Sayur sop sayur campur seperti ini cocok untuk anak-anak tapi juga baik untuk orang dewasa. Konsumsi cukup sayuran selalu dibutuhkan setiap golongan umur.

Apakah teman-teman mempunyai kesulitan memberikan sayuran kepada anak-anak? Sepertinya ini masalah klasik setiap keluarga. Saya sendiri pernah mengalaminya. Entah mengapa hampir setiap anak selalu segan makan sayuran.

Sewaktu anak-anak masih dalam kandungan dulu saya sudah berusaha teratur makan sayur dan buah supaya sejak di perut mereka sudah terbiasa dengan buah dan sayuran. Setelah lahir, begitu mulai bisa makan, sudah saya biasakan memasukkan sayuran ke dalam buburnya.

Saya sendiri selalu berusaha memberi contoh makan sayuran setiap kali makan. Sayangnya begitu mulai sekolah, mereka mulai mengenal aneka jajanan. Kebiasaan makan sayur pun mulai luntur dengan alasan sudah kenyang. Saya lalu mulai memberi mereka minum jus wortel.

Ternyata jus cukup membantu. Meskipun jarang makan sayur, masih masuk sayuran dari jus. Saya masukkan sayuran juga ke nugget atau rollade sehingga mereka tetap konsumsi sayur tanpa merasa. Soalnya ketika sayuran saya masukkan ke bekal sekolahnya seperti mie goreng sayur, si adek mulai menolak.

Begitu masuk SMP, keadaan makin parah. Mereka mulai memilih-milih makanan. Sayuran kembali tak menjadi pilihan kecuali sayuran tertentu. Akibatnya mereka sering mimisan karena kurang sayuran hijau.

Setelah mengerti penyebab mimisannya, mulailah mereka bersedia makan sayur. Kali ini dengan kesadaran sendiri. Saya memang terbantu oleh keadaan.

Bagusnya lagi, si sulung ternyata gemar memasak. Kebetulan di sekolah memang ada pelajaran memasak. Begitu pintar membuat sendiri salad sayuran, saya tak perlu lagi cerewet menyuruhnya makan sayuran. Cukup menyediakan bahannya saja. Si adek melihat kakaknya makan sayur ikut makan juga.

Jadi kesimpulannya teman-teman, membuat anak mau makan sayur itu ternyata sebuah perjuangan panjang. Tak ada ibu-ibu yang mau menjadi cerewet, tapi tanpa terus mengingatkan dan mengusahakan, sepertinya sulit untuk bisa berhasil.

Baiklah, nampaknya cerita saya sudah cukup panjang, kita kembali lagi ke resep sop sayur campur berikut ini:

Resep sop sayur campur

Untuk: 2-3 porsi

Bahan:

  • 200 g tetelan sapi
  • 1 buah wortel (160 g), potong dadu
  • 1 buah kentang (150 g), potong dadu
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • setengah bungkus buncis (100 g), potong-potong
  • 4 lembar daun kol, buang tulang daunnya, potong-potong
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 1/3 sdt merica bubuk atau sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu sapi bubuk bila suka (saya memakai kaldu no msg)
  • 1 buah tomat, potong dadu

Cara membuat:

1. Rebus daging hingga empuk, lalu potong dadu kecil, sisihkan 600 ml kaldunya

2. Tumis bawang merah dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum lalu tambahkan bawang putih. Tumis kembali hingga bawang agak kekuningan. Angkat segera. Hati-hati jangan sampai gosong.

3. Tuang kaldu ke dalam panci dan tambah dengan 600 ml air, didihkan lalu masukkan bertahap wortel, kentang, dan buncis. Masak sebentar, selanjutnya masukkan potongan tetelan, daun bawang, dan bawang goreng. Aduk rata dan masak hingga sayuran agak empuk.  Bumbui merica bubuk, garam, dan gula, lalu cicipi dan koreksi rasanya.

4. Selanjutnya masukkan kol dan tomat, angkat segera setelah mendidih. Beri kaldu ayam bubuk bila suka.

Jadi begitulah cara memasak sop sayur campur teman-teman, semoga bermanfaat. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *