Sop daging sapi dengan sayuran

Sop daging sapi

Cara membuat sop daging sapi dengan sayuran

Sayur sop adalah salah satu sayuran sehari-hari yang populer. Masakan ini biasanya juga merupakan salah satu masakan favorit keluarga.

Saking populernya sayur sop, tukang sayur dan terkadang supermarket seringkali sudah menyiapkannya dalam satu paket yang lengkap. Dengan begitu pembeli tidak perlu membeli sendiri satu demi satu sayurannya. Harganya juga jatuhnya lebih murah.

Jenis sayuran yang umum dalam paket sayur sop biasanya terdiri dari wortel, kentang, daun bawang, seledri, dan kol. Terkadang ditambah dengan buncis.

Walau begitu, sebenarnya masih ada banyak jenis sayuran lain yang bisa ditambahkan dalam sayur sop, seperti kembang kol, brokoli, kacang polong, jagung manis, tomat. Bahkan ada juga sayur sop yang menggunakan sawi hijau dan bayam (misalnya seperti dalam sop senerek khas magelang).

Ada banyak cara untuk membuat sayur sop terasa lebih gurih dan nikmat, biasanya para Ibu suka menambahkan daging ayam, daging sapi, bakso, atau sosis ke dalamnya. Memang terasa sekali bedanya dengan atau tanpa bahan sumber protein hewani itu.

Terkadang ada juga yang menambahkan makaroni, soun, bahkan pasta. Pasta dengan bentuknya yang lucu dan menarik, misalnya fusili yang keriting, atau farfale yang seperti kupu-kupu, seringkali sukses membuat anak-anak yang bukan penggemar sayur menjadi tertarik untuk mencobanya.

Saya juga seringkali menggunakan fusili dan farfale untuk membuat anak-anak tertarik, dan memang terbukti berhasil untuk anak-anak saya. Selain itu, komposisi warna sayur sopnya juga semakin indah.

Makaroni yang agak kuning, wortel yang orange kemerahan, tomat yang merah cerah, lalu ada warna hijau dari seledri, buncis, atau brokoli. Semuanya membentuk kombinasi warna yang sangat menarik.

Kali ini saya ingin share sop sayuran dengan daging sapi yang menjadi favorit saya sejak lama. Dulu pertama menikmati sop ini di sebuah rumah makan di Kalibata, selanjutnya saya jadi sering membuatnya sendiri.

Sayur sop ini bahan dan bumbunya sangat sederhana, membuatnya pun mudah dan cepat. Tetapi rasanya enak. Tipsnya adalah penggunaan daging dalam jumlah yang cukup. Rasanya makin gurih jika menggunakan daging yang agak berlemak. Bagi yang sedang diet, lebih baik menggunakan daging tanpa lemak.

Sop daging sapi

Sop daging sapi dengan sayuran

Resep sop daging dengan sayuran

Untuk: kurang lebih 4 porsi

Bahan:

  • 350 g daging sapi, rebus dulu hingga matang dan empuk
  • 1 buah wortel (sekitar 175 g), potong dadu
  • 1 buah kentang (sekitar 150 g), potong dadu
  • 3-4 lembar kol (buang tulang daunnya, lalu potong-potong)
  • irisan seledri secukupnya (untuk taburan)
  • bawang goreng secukupnya (untuk taburan)
  • minyak goreng untuk menumis
  • 11/3 sdt garam atau secukupnya
  • 3/4 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk atau secukupnya

Bumbu, haluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • setengah ibu jari jahe

Cara membuat:

1. Potong dadu daging yang sudah direbus, lalu sisihkan dulu. Sementara air rebusan daging di tambah dengan air matang hingga menjadi kurang lebih 1,4 liter, lalu dimasak hingga mendidih.

2. Sambil menunggu kuah sop mendidih, tumis dulu bumbu halus dengan 2 sdm minyak hingga harum dan matang. Tumis juga daun kol dengan sedikit minyak hingga layu saja.

3. Setelah mendidih, masukkan wortel dan masak hingga kuahnya mendidih kembali, tunggu sebentar lalu masukkan kentang. Setelah mendidih kembali, masukkan daging yang sudah dipotong bersama dengan bumbu halus. Masak hingga sayuran matang dan empuk.

4. Bumbui sayur sop dengan merica bubuk, garam dan gula, cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas segera angkat dan sajikan.

Cara penyajian:

Taruh daun kol di mangkuk saji, tuang sayur sop panas di atasnya, lalu taburkan bawang goreng dan seledri.

Begitulah caranya memasak sayur sop daging sapi dengan sayuran teman-teman, simpel sekali bukan? Bagi yang suka bisa menggunakan potongan daun bawang. Waktu memasukkannya sebaiknya sesaat sebelum disajikan saja supaya masih tetap segar saat dituang di mangkuk saji (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *