Resep sop buah

Sop buah

Mari membuat sop buah

Sajian segar yang satu ini pasti teman-teman sudah tak asing lagi. Biasanya sop buah disajikan saat berbuka puasa, sehingga terasa sekali segar dan manisnya. Namun kini dalam berbagai acara, terkadang sop buah juga disajikan sebagai salah satu hidangan penutup.

Dulu, waktu pertama kali melihat pedagang sop buah tak jauh dari tempat tinggal saya, sempat penasaran juga. Kenapa ya sampai disebut sop buah … apa bedanya dengan es buah coba … toh kalau melihat bahan yang ada di gerobaknya isinya juga cuma es dan buah-buahan.

Akhirnya karena nggak bisa nahan rasa ingin tahu, saya pun membeli seporsi. Sambil melihat abangnya menyiapkan pesanan, saya sekalian saja menanyakan apa sebenarnya perbedaan antara sop buah dengan es buah. Mengapa disebut sop kalau isinya es dan buah-buahan juga …

Sambil tersenyum abangnya menjawab, beda donk Ibu … kalau sop buah memakai susu … selain itu buah-buahan yang dipakai juga lebih mewah, pakai buah import segala, seperti apel, pir, anggur, buah naga, yang harganya cukup mahal. Makanya harga sop buah juga lebih mahal daripada es buah, begitu kata abang penjual sop buah.

Masuk akal juga memang penjelasan si abang. Meskipun sebenarnya es buah juga, tapi dengan warna kuah yang berbeda, jenis buah yang berbeda, dan dengan nama baru yang terkesan lebih wah, maka akhirnya harga jualnya juga berbeda.

Memang kalau dibandingkan dengan cocktail buah yang terdiri dari buah-buahan seperti pepaya, nanas, dan bengkoang dengan kuahnya yang bening itu, sop buah jadi kelihatan lebih elit ya … ada harga ada rupa.

Kalau hari ini saya tertarik untuk membuat sop buah, sebenarnya bukan karena sedang berpuasa dan perlu sajian buka puasa. Tapi karena hasil browsing di google, lalu iseng melihat foto-foto es dan sop buah di goggle image yang cantik cantik dan menggoda iman. Maka sebagai hasilnya saya pun tergiur untuk membuatnya.

Rasanya sudah lama tidak membuat yang segar-segar begitu. Apalagi pas membuka kulkas kebetulan baru belanja beberapa macam buah, dan jenisnya ada lebih dari lima. Rasanya cukup untuk membuat sop buah.

Setelah mengupas dan memotong-motong beberapa macam buah, saya pun menyiapkan kuahnya. Kuah sop buah bisa bermacam-macam, ada yang memakai susu, ada juga yang memakai jus buah sehingga hasilnya bisa berwarna-warni.

Karena tak ingin memakai susu saja maka saya gunakan juga santan supaya rasanya lebih segar.  Baiklah teman-teman, bila ingin mencobanya juga, begini resep sop buah yang saya buat:

Resep sop buah segar

Untuk: 2-3 porsi

Bahan:

  • 100 g Melon hijau, potong segitiga kecil
  • 100 g Melon orange, potong segitiga kecil
  • 100 g Buah naga merah, potong dadu kecil
  • 100 g  Apel, potong dadu kecil
  • 7 butir Anggur merah
  • 100 g jeruk honeymurcot Australia
  • 50 ml santan instan, rebus hingga matang (bisa diskip)
  • 450 ml air
  • 2 sdm air perasan jeruk lemon lokal (bila suka)
  • 75 g gula pasir atau sesuai selera
  • 75 ml susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya
  • Sirup cocopandan atau melon secukupnya

Cara membuat:

Buat air gula dari 450 ml air dan gula pasir, masak hingga mendidih dan gula larut, lalu biarkan dingin.

Cara penyajian:

Taruh buah potong di dalam mangkuk saji, lalu beri susu kental manis dan kuah santan. Tuangkan air gula, lalu tambahkan es batu. Selanjutnya tuangkan juga sirup hingga manisnya pas. Tambahkan air jeruk lemon bila memakai.

Jadi begitulah resep sop buah segar kali ini teman-teman. Bagi yang tak ingin memakai santan dan hanya ingin menggunakan susu kental manis boleh juga, hasilnya tetap enak. (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *