Singkong keju cokelat

singkong keju cokelat made in sendiri

Cara membuat singkong keju cokelat

Untuk resep kali ini masih belum beranjak dari bahan dasar singkong yang ternyata bisa tetap menjadi cemilan asyik di  hari Minggu. Ceritanya waktu itu mendapat oleh-oleh seorang teman yang baru pulang dari kampung halaman, yaitu singkong cokelat keju.

Waktu datang singkongnya betul-betul masih anget dan kebul-kebul lho, seolah masih fresh from the fryer … hehehe …. rupanya singkong keju itu baru selesai dimasak terus langsung diangkut ke bandara dan dibawa masuk pesawat, maka tak heran jika dia bisa sampai di Jakarta dalam kondisi optimal begitu.

singkong keju cokelat

ini dia penampakan singkong keju cokelatnya

Pertama melihat sih tertawa, waaa … singkongnya keren banget … bertabur keju dan messes … iseng-iseng dicoleklah sedikit … wow ternyata singkongnya lembut sekali ya, lembut tapi tidak benyek, jelas digoreng tapi tidak sampai kering, jadinya seperti roti saja … langsung deh dicoba … hmmm… ternyata enak lho

Sungguh tak disangka … singkong ternyata bisa menjadi begitu keren setelah disandingkan dengan keju dan messes … maka dalam waktu yang tak terlalu lama, singkong sekotak itu pun ludes dengan sendirinya.  Lalu besoknya jadi kepikiran untuk membuat sendiri, hehe …

Ketika bertanya kepada teman yang membawakan singkong, dia bercerita kalau singkong itu sedang jadi oleh-oleh yang ngetrend di Salatiga. Jangan tanyakan lagi omzetnya. Begitu larisnya penjualan singkong itu, sehingga di hari libur kalau tidak segera memesan pasti akan kehabisan.

Singkongnya bisa begitu lembut seperti itu pertama karena jenis singkongnya yang memang kalau direbus menjadi lembut, kedua akibat pemanasan dengan suhu tinggi, katanya …

Hmmm … begitu rupanya … apa dengan begitu terus tidak bisa dibuat sendiri di rumah? Dulu kakek saya yang gemar menanam singkong pernah bilang kalau singkong yang berukuran besar biasanya lebih terasa lembut dan gurih setelah direbus.

Jadi sempat terpikir … mungkin suatu saat jika menemukan singkong yang tepat bisa saja dibuat sendiri. Secara singkong yang terkenal bagus di sini kan singkong mentega yang kini sulit didapat itu ….

Ternyata akhirnya kesampaian juga keinginan itu. Suatu hari di pasar ada singkong yang bentuknya lucu, gemuk-gemuk bulat tapi pendek. Jadi ukurannya besar tapi tidak memanjang, mudah dipotong dan dikupas, jadi bukan yang ujungnya keras dan kaku seperti kayu begitu.

Akhirnya singkong sekilo itu pun sampai di rumah dan siap menjadi bahan percobaan. Sayang ya singkongnya tidak difoto sebelum dimasak.  Cara membuatnya sangat mudah teman-teman. Ini resepnya:

Resep singkong keju cokelat

Bahan:

  • 1 kg singkong ukuran besar
  • 2 sdm garam (atau sesuai selera)
  • 1 sdm gula pasir
  • Air bersih untuk merebus singkong
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju secukupnya
  • Messes secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas dan dicuci bersih singkong, lalu dipotong-potong. Selanjutnya di masukkan panci, diberi air hingga terendam, dan dibumbui 2 sdm garam (atau sesuai selera ya, bila dirasa terlalu asin tambah saja airnya) dan 1 sdm gula pasir, rebus hingga matang.

2. Sambil menunggu singkongnya matang, parut dulu keju kraft secukupnya. Siapkan juga messes dan susu kental manis secukupnya. Setelah singkongnya matang dan empuk  (bisa terlihat dari singkongnya yang mulai terbelah sendiri, tapi untuk pastinya lakukan saja tes tusuk dengan garpu) segeralah angkat dan tiriskan.

3. Selanjutnya singkong dibiarkan sampai agak dingin, nah dalam kondisi anget-anget begitu baru dibelah dua lalu digoreng sebentar. Setelah terlihat agak kecokelatan segera diangkat, dan masih panas-panas begitu diolesi susu kental manis, lalu diberi taburan keju parut dan messes …. maka singkong keju kita sudah siap untuk disajikan.

Ternyata benar juga, singkong keju cokelat nya terasa cukup lembut, tak selembut singkong oleh-oleh itu memang, tapi tetap nikmat rasanya …. yuk mari nikmati bersama kopi  teman-teman ….

Catatan Update:

Sebagai update dari resep ini, untuk membuat singkong lebih empuk merekah, ternyata ada caranya. Jadi pada langkah 2, setelah singkong direbus hingga matang, selanjutnya direndam dulu dalam air yang sudah direbus dengan keju parut hingga kejunya larut lalu didinginkan. Biarkan sampai 1-2 jam di dalam lemari es. Setelah itu baru digoreng (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *