Singkong Goreng Mentega

singkong goreng

Cara membuat singkong goreng mentega

Hari libur begini paling enak  bikin cemilan ya teman-teman.  Apa cemilan favorit di keluarga teman-teman? Ada yang suka singkong goreng? Singkong goreng adalah cemilan yang murah meriah. Bahannya mudah didapat, mengolahnya juga gampang sekali.

Mungkin banyak orang yang menganggap remeh singkong karena harganya yang murah. Padahal sebenarnya singkong termasuk dalam makanan sehat.

Singkong mengandung serat, vitamin, dan mineral (menurut USDA, singkong mengandung vitamin B9, C, K, Niacin, Piridoksin, riboflavin, thiamin, A dan E, juga mineral kalium, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, seng). Jadi tak ada ruginya bukan makan singkong?

Kali ini supaya lebih istimewa singkongnya digoreng dengan mentega, jadi warna singkong gorengnya menjadi kuning keemasan, dan terasa lebih gurih. Jadinya lebih menarik bukan?

Tidak kalah dengan singkong mentega sungguhan. Apalagi bila disajikan hangat dengan secangkir kopi hmm … rasanya seperti lagi duduk di Cafe Bengawan Solo, hihi …

Untuk teman-teman yang belum tahu, sebenarnya singkong mentega itu adalah jenis singkong yang aslinya berwarna kuning, teksturnya lebih kenyal dan lebih legit dibandingkan dengan singkong biasa.

Singkong jenis itu dimasak apapun enak, baik digoreng, direbus, dibuat tape singkong, dimasak dengan santan dan gula, atau dibuat singkong thailand. Dulu saya masih sering menemukan singkong mentega di pasar. Entah mengapa semakin lama kok semakin langka.

Jadi sekarang, supaya terasa lebih istimewa seperti singkong mentega, singkong yang biasa-biasa saja kita goreng  dengan mentega, jadinya mirip kan? hihihi

Untuk orang yang hobi ngemil seperti saya, seringkali bingung kalau tiba-tiba kehabisan cemilan. Untuk saat-saat seperti itu, singkong sangat membantu. Karena itu saya sering menyimpan singkong rebus siap goreng di dalam freezer.

Jadi asal ketemu singkong yang bagus dibeli saja, setelah dikupas dan dicuci, langsung direbus dengan bumbu secukupnya. Nanti setelah matang dibiarkan dingin, lalu dipotong-potong sesuai selera, selanjutnya di masukkan kantong plastik dan disimpan di dalam freezer.

Begitu dibutuhkan tinggal dikeluarkan dan digoreng. Praktis bukan? Bisa disimpan sampai 1-2 minggu lho Bund. Tapi nggak bagus juga sih kalau disimpan sampai terlalu lama.

Biasanya supaya anak-anak ikut tertarik, saya seringkali memotongnya kecil memanjang, mirip kentang goreng. Anak-anak akan tertarik mencomot karena bentuknya mirip kentang goreng, setelah mencoba biasanya jadi keterusan sampai akhirnya habis, hihihi … resepnya begini teman-teman:

Resep singkong goreng mentega

Bahan:

  • 1 kg singkong, dikupas lalu dicuci bersih, dipotong menjadi 2 atau 3 bagian
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
  • 1-2 sdm mentega

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat:

1. Masukkan singkong yang bersih dan sudah dipotong ke dalam panci, beri air hingga semua singkong terendam, lalu masukkan bumbunya.

2. Rebus dengan api sedang hingga singkong empuk dan matang. Jika singkong sudah tampak terbelah, biasanya singkong sudah empuk. Cek dengan garpu untuk pastinya. Hati-hati, jangan sampai terlalu matang juga supaya tidak remuk saat digoreng.

3. Tiriskan singkong yang sudah matang, biarkan dingin. Setelah dingin tinggal dipotong-potong sesuai selera. Setelah dipotong rapi, singkong bisa disimpan dalam kantung plastik dan dimasukkan freezer. Keluarkan saat dibutuhkan.

4. Bila ingin langsung di goreng, siapkan wajan dengan minyak secukupnya, lalu tambahkan 1-2 sdm mentega ke dalamnya. Goreng singkong hingga warnanya kuning keemasan. Angkat segera dan sajikan hangat.

Jadi begitulah cara membuat singkong goreng mentega. Cara lain mengolah singkong goreng mentega yaitu, ketika di rebus singkong cukup diberi garam secukupnya. Setelah matang dan dipotong-potong, baru singkong direndam dengan air es yang sudah diberi bumbu garam, bawang putih memar, dan ketumbar bubuk.

Setelah direndam kira-kira 1-2 jam (sebaiknya di dalam kulkas), singkong sudah siap untuk digoreng dengan minyak yang dicampur mentega. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *