Sayur bobor daun kacang panjang

sayur bobor daun kacang

Memasak sayur bobor daun kacang panjang

Apakah teman-teman menyukai sayur bobor dari daun kacang panjang? Sekian lama tinggal di Jakarta dan Depok, saya hampir tidak pernah melihat daun kacang panjang dijual oleh tukang sayur yang lewat, begitu juga di pasar-pasar swalayan, jarang sekali mereka menyediakan sayur daun kacang panjang.

Karena itu, kemarin saya sampai begitu takjubnya melihat ada daun kacang panjang di gerobak tukang sayur yang mangkal di dekat komplek rumah saya. Daun kacang yang dibawa tukang sayur itu kebetulan juga tampak muda dan segar sekali, sehingga saya langsung membeli seikat.

Biasanya kalau ingin sekali makan sayur bobor daun kacang, saya terpaksa menggantinya dengan daun labu yang sering tersedia di supermarket. Rasanya memang tidak sama, namun yang pasti sama-sama bisa dimasak bobor, hehe …. bagi saya, sudah cukup lumayan sebagai pengganti sayuran yang satu ini.

Memang ada sayuran daun lainnya yang bisa juga dimasak bobor, yaitu bayam, tetapi bisa jadi ini masalah selera. Entah mengapa saya lebih suka daun kacang atau daun labu, mungkin karena cukup langka adanya di sini.

Daun kacang adalah salah satu sayuran hijau yang kaya serat, protein, vitamin A, C, dan B, juga mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Karena itu daun kacang atau dikenal sebagai daun lembayung, sangat baik untuk kesehatan mata, tulang, dan gigi, disamping mencegah anemia.

Untuk ibu-ibu yang sedang menyusui, daun lembayung juga bermanfaat sebagai pelancar ASI seperti halnya daun katuk. Tekstur daunnya memang sedikit kasar, tetapi daun mudanya enak dimasak sayur bobor atau dijadikan bahan urap.

Memasak sayur bobor tidak sulit, karena bumbunya juga sederhana saja, yaitu ketumbar, bawang merah, bawang putih, sedikit kencur, salam dan lengkuas. Cara memasaknya mirip sayur lodeh. Bagi yang suka pedas bisa ditambahkan cabai yang diuleg bersama bumbu halus. Supaya lebih enak, saya tambahkan di sini labu siam acar.

Sebenarnya menggunakan labu siam biasa juga sama saja. Tetapi saya masih punya stok labu siam ukuran kecil yang biasa digunakan untuk lalap itu. Saya senang labu kecil karena rasanya manis dan lunak, jadi tidak butuh waktu lama memasaknya.

Labu siam acar juga bisa cukup lama disimpan, bisa menjadi cadangan sayuran saat tak sempat belanja. Bila teman-teman menggunakan labu biasa, sebaiknya saat memasak labu dan sayur daun kacang dimasukkan bersamaan supaya sama-sama sudah matang ketika diangkat.

Kalau labu acar lebih baik dimasukkan terakhir supaya tidak terlampau lembek. Baiklah teman-teman, inilah resep selengkapnya:

Resep sayur bobor kacang panjang

Untuk 2-3 porsi

Bahan:

  • 1 ikat daun kacang panjang, petik daunnya yang muda
  • 3 buah labu acar, kupas dan potong dadu ukuran 1,5 x 1,5 cm
  • 250 ml santan dari 1/2 buah kelapa
  • 500 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula merah

Bumbu halus:

  • 1 sdt ketumbar
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai keriting bila suka
  • 1/2 sdt cincangan kencur

Cara membuat:

1. Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan bumbu halus, salam dan lengkuas.  Setelah mendidih lagi,  masukkan santan dan daun kacang panjang, lalu masak kembali hingga sayuran matang, sambil diaduk-aduk agar santannya tidak pecah. Masukkan potongan labu siam acar setelah sayuran hampir matang. Bumbui garam dan gula merah dan cicipi serta koreksi rasanya.

2. Angkat segera setelah seluruh sayuran matang.

3. Sajikan hangat.

Mudah sekali bukan membuat sayur bobor daun kacang panjang ini? (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *