Sayur bening katuk pedas

Sayur bening katuk segar

Cara membuat sayur bening katuk pedas

Daun katuk sudah lama terkenal sebagai sayuran yang biasa di konsumsi oleh para ibu yang sedang menyusui untuk memperbanyak ASI. Tak heran bila daun katuk menjadi sangat populer di mata para ibu.

Begitu populernya daun katuk, sehingga di lingkungan tempat tinggal saya dulu, orang yang membawa daun katuk dari pasar seringkali rame dikomentari tetangga yang kebetulan melihatnya.

Wah … siapa yang sedang menyusui nih … Semoga lancar air susunya ya … begitu komentar mereka … sementara yang dikomentari hanya senyam-senyum geli karena merasa tidak sedang menyusui. Apalagi usianya sudah tak lagi muda, anaknya pun sudah besar-besar semua … hihihi …

Selain sebagai pelancar ASI, daun katuk juga kaya dengan kalsium, mengandung vitamin A, B, dan C, juga kaya serat. Sebagai sayur bening, daun katuk memang menyegarkan, sangat cocok disantap di saat cuaca panas. Selain ibu yang sedang menyusui, sayur bening katuk juga umumnya dimasak untuk anak-anak sebagai selingan sayur bening bayam.

Daun katuk biasanya dimasak dengan campuran jagung manis lalu dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, dan sedikit kencur. Jagung manisnya terkadang hanya dipotong-potong dan dimasukkan bersama tongkolnya. Bisa juga jagung manisnya langsung diserut.

Kali ini, saya membuat sayur bening katuk yang agak berbeda. Saya membuatnya agak pedas, jadi menggunakan sedikit irisan cabai keriting. Sedangkan jenis sayurannya juga tidak hanya katuk dan jagung manis saja, namun saya menambahkan juga kacang panjang dan ubi merah.

Saya menjadi teringat dengan cerita Ibu saya, bahwa menurut beliau, jaman dahulu bahan untuk membuat sayur bening jauh lebih beragam. Sayur bening katuk dan bayam biasa diberi campuran aneka sayuran lain seperti labu siam, labu kuning, ubi merah, tomat, tauge, oyong, kacang panjang, hingga wortel.

Adanya tambahan jenis sayuran lain berarti ada tambahan juga dalam hal jenis vitamin. Kacang panjang adalah salah satu sayuran sumber vitamin B dan mengandung zat besi. Sedangkan ubi merah adalah sumber vitamin A yang baik seperti halnya wortel. Selain itu, tambahan sayuran juga bisa memberikan variasi rasa yang berbeda.

Tubuh kita selalu membutuhkan zat-zat gizi yang lengkap, karena itu sayuran yang berwarna-warni selalu lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang hanya sewarna saja. Makanan yang beraneka warna secara alami, sesungguhnya menunjukkan perbedaan komposisi vitamin yang ada di dalamnya.

Namun begitu, semua itu terpulang pada selera masing-masing orang juga. Jadi bagi teman-teman yang tidak suka sayur bening pedas, tidak perlu menggunakan cabai. Bagi yang tidak menyukai ubi, bisa menggantinya dengan labu kuning atau wortel saja.

Untuk kuah yang digunakan, bisa disesuaikan dengan selera juga, bagi yang tidak suka terlalu banyak kuah bisa dikurangi. Kuah sayur bening sebaiknya jangan sampai terbuang karena vitamin dalam sayuran seringkali larut di dalam air.

Baiklah teman-teman, inilah resep selengkapnya

Sayur bening katuk segar

Sayur bening katuk pedas

Resep sayur bening katuk pedas

Untuk: 4 porsi

Bahan:

  • 1 ikat daun katuk, petik dari tangkainya
  • 1 buah ubi merah ukuran sedang, kupas dan potong kotak
  • 1 buah jagung manis ukuran sedang, potong-potong
  • 3 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 jari kencur, kupas dan memarkan
  • 2 buah cabai keriting, potong serong
  • 1 3/4 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk bila suka

Cara membuat:

1. Didihkan 1400 ml air, lalu masukkan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabai. Biarkan mendidih kembali, lalu masukkan secara bertahap, jagung manis, ubi, dan daun katuk.

2. Setelah agak empuk tambahkan kacang panjang. Masak hingga semua sayuran matang, lalu bumbui dengan garam, kaldu ayam bubuk (bila suka) dan gula pasir. Cicipi dan koreksi rasanya.

3. Bila sudah pas, angkat dan sajikan hangat.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *