Sate Taichan Goreng Pedas dan Enak

Sate Taichan, unik karena tidak dipanggang dengan bumbu kacang

Cara membuat Sate Taichan Goreng Pedas dan Enak

Apakah teman-teman sudah pernah mencoba membuat sendiri Sate Taichan? Sate ini sangat menarik dan tampil beda dibandingkan dengan sate lainnya, karena dibuat tanpa menggunakan bumbu kacang atau kecap sama sekali.

Itulah sebabnya penampilannya begitu unik, warnanya putih saja tidak seperti sate-sate lainnya. Pucat memang …. tetapi rasanya tetap enak lho, karena rasa gurihnya daging ayam di sini dipadukan dengan sambal cabai rawit super pedas dan kucuran jeruk nipis yang menyegarkan.

Menurut Kompas.com, sate yang satu ini, tahun lalu sempat menjadi populer dan hingga saat ini masih terus saja diminati orang. Sensasi rasa pedas memang selalu menarik bukan?

Diceritakan juga di situs itu, bahwa berdasarkan penuturan seorang pedagang sate di Senayan, munculnya sate ini berawal pada suatu malam, ketika seorang laki-laki, warga negara Jepang, mencoba membuat sendiri sate yang dipesannya.

Pria jepang itu ternyata hanya menggarami satenya, lalu memberi kucuran jeruk nipis dan sambal. Ketika si pedagang menanyakan apa nama satenya, pria itu hanya menjawab taichan.

Si pedagang lalu mulai menjual juga Sate Taichan di lapaknya. Di luar dugaan, ternyata banyak pelanggannya yang suka. Sejak saat itu, Sate Taichan menjadi salah satu sate yang banyak dicari orang.

Pria Jepang itu sejak malam itu tak pernah datang lagi, hanya teman wanitanya yang waktu itu menemani saja yang masih sering datang untuk makan sate. Namun kini sate Taichan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi di Jakarta bahkan juga di luar Jakarta. Uniknya, sate taichan selalu dijual malam hari menjelang subuh.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba, mari membuat sendiri saja, karena cara membuatnya mudah, bahan-bahannya juga gampang di dapat. Ini dia resep yang sudah saya coba. Rasanya enak.

Resep Sate Taichan Goreng Pedas dan Enak

Bahan sate:

  • 12 buah tusuk sate
  • 8 buah fillet dada ayam
  • 1/3 sdt garam
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/3 sdt cabai bubuk (bila suka)
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • Margarin secukupnya untuk mengolesi wajan teflon

Bahan sambal:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai rawit
  • air perasan jeruk nipis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam secukupnya

Pelengkap:

Ketupat atau nasi secukupnya

Cara membuat:

  1. Membuat sate: Lumuri fillet ayam dengan air jeruk nipis secukupnya dan diamkan sebentar, lalu bilas, potong-potong, dan beri garam, merica bubuk, cabai bubuk (bila memakai), dan kaldu ayam bubuk. Diamkan kembali, setidaknya 30 menit sampai 1 jam di lemari es.
  2. Setelah kira-kira bumbu meresap, tusukkan potongan daging ayam ke dalam tusukan sate, lalu kucuri dengan air perasan jeruk nipis hingga merata. Selanjutnya siapkan sebuah wajan teflon yang lebar dan olesi dengan margarin.
  3. Letakkan sate di dalam wajan teflon, lalu masak di atas api (kompor) hingga matang, sebaiknya jangan terlalu lama dan hati-hati supaya tidak gosong, sehingga warnanya tetap putih. Angkat sate segera setelah matang.
  4. Membuat sambal rawit: Rebus bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah keriting sebentar, lalu haluskan. Setelah itu tumis sambal dengan sedikit minyak, lalu beri garam, gula, jeruk nipis, dan kaldu bubuk secukupnya. Cicipi dan koreksi rasanya, setelah pas segera angkat.
  5. Penyajian: Sajikan Sate Taichan dengan sambal rawit dan ketupat atau nasi

Begitu cara membuat resep sate taichan Ini teman-teman. Selamat mencoba

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *