Sambel goreng labu siam

Sambal goreng labu siam dan kacang panjang

Cara membuat sambel goreng labu siam

Apakah teman-teman pernah memasak sambel goreng labu siam? Sepertinya sambel goreng labu siam adalah sayur favorit beberapa pedagang makanan. Penggemar nasi liwet Solo mungkin masih ingat bahwa salah satu kuliner Solo itu sayur pelengkapnya adalah sambel goreng labu siam.

Begitu juga nasi ayam Semarang, sayur pelengkapnya juga labu siam.  Bedanya kalau di nasi liwet, sambel goreng labu siamnya biasanya tidak diberi banyak kuah, jadi cenderung kering begitu. Sementara nasi ayam Semarang lebih royal dengan kuah.

Di Jakarta dan Depok, biasanya pedagang lontong sayur juga menggunakan labu siam sebagai sayurnya. Ada juga pedagang lontong sayur yang menggunakan gulai nangka sebagai sayurnya.

Namun lebih sering, sayur yang saya temui adalah sayur labu siam dengan kacang panjang. Karena untuk disajikan dengan lontong, maka sayur labunya diberi kuah yang banyak.

Sambel goreng labu siam memang lezat. Cocok untuk disajikan dengan nasi gurih, lontong atau ketupat, maupun nasi putih.

Sebagai sayuran untuk menu sehari-hari, sambal goreng labu siam dengan kacang panjang juga enak. Hari ini saya memasak sambel goreng labu siam dengan kacang panjang.

Kebetulan masih punya tahu goreng juga, jadi saya masukkan sekalian dalam sayur labu ini. Tentunya setelah dipotong kecil-kecil dan digoreng dulu.

Sambel goreng labu siam rasanya agak mirip dengan sayur godok pepaya muda. Keduanya bisa dimasak dengan bumbu yang sama, diberi kuah banyak dan dinikmati dengan lontong atau ketupat.

Jadi kalau tidak ada labu siam bisa diganti pepaya muda, begitu pula sebaliknya. Dulu sewaktu masih tinggal di Jawa, Ibu saya sering mengganti labu siam dengan pepaya muda.

Maklum pepaya muda bisa didapat setiap saat. Sewaktu saya masih kecil, masih banyak orang yang menanam pepaya di depan rumah, termasuk orangtua saya.

Jadi setiap mau memasak tinggal memetik saja. Salah satu pertimbangan untuk tidak sering membuat sayur pepaya hanyalah karena kalau dipetik terlalu sering sewaktu masih muda, kami jadi tak bisa menikmati buah pepaya yang matang di pohon.

Bumbu sambel goreng yang umum sebenarnya hanyalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam dan gula merah. Tetapi dalam sayur labu siam ini, saya juga menggunakan kemiri, terasi dan ebi atau udang kering, supaya rasanya lebih sedap.

Resep Sambel Goreng Labu Siam

Bahan:

  • 1 buah labu siam ukuran besar, potong bentuk korek api, beri garam dan remas-remas, lalu bilas dan tiriskan.
  • seikat kecil kacang panjang, potong-potong 3 cm atau sesuai selera (lazimnya memang dipotong pendek saja).
  • 10 buah tahu goreng, potong ukuran kecil, lalu digoreng.
  • 500 ml santan
  • minyak untuk menumis
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • 1 sdt gula merah atau secukupnya

Bumbu, haluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah kemiri, sangrai
  • 12 buah cabai keriting
  • 1/2 sdt terasi bakar
  • 1 sdm ebi, rendam air panas lalu tiriskan

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga matang, lalu beri santan dan masak hingga mendidih.

2. Masukkan tahu dan labu siam, lalu masak hingga bumbunya meresap. Selanjutnya masukkan kacang panjang, bumbui dengan garam dan gula merah, cicipi dan koreksi rasanya aduk hingga rata, lalu masak hingga mendidih. Angkat dan sajikan.

Begitulah teman-teman,  caranya membuat sambal goreng labu siam, mudah saja bukan? semoga bermanfaat. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *