Resep sambal udang petai

sambal udang dengan petai

Memasak sambal udang dengan petai

Udang bisa dikatakan sebagai makanan favorit dari banyak orang, karena pada umumnya setiap orang menyukai udang. Kecuali bagi mereka yang memiliki alergi udang tentunya.

Salah satu alasan penggemarnya, karena udang merupakan salah satu produk hasil laut yang tidak ada durinya (hihihi). Kenyataannya, hampir setiap budaya mengenal udang dan memiliki resep khas dalam mengolahnya.

Udang termasuk bahan pangan yang praktis, dalam arti bisa dengan mudah dan cepat dimasak. Rasanya gurih cenderung manis, sehingga dimasak dengan bumbu yang paling sederhana pun rasanya sudah enak.

Bagian yang membutuhkan waktu agak lama hanyalah saat membersihkannya. Masakan udang yang bagaimana yang menjadi favorit keluarga Bunda?

Anak-anak umumnya menyukai masakan udang yang digoreng tepung lalu disajikan dengan saus mayonaise atau saus sambal. Alternatif lainnya, bisa digoreng dengan menggunakan panir sebagai pelapisnya, sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan renyah, atau dijadikan udang gulung.

Bila tidak menyukai masakan yang digoreng, udang bisa juga dibuat sate atau dimasak asem manis. Udang memang fleksibel sekali bukan? Kita bisa memasaknya dengan berbagai macam cara dan rasanya tetap enak.

Dari segi gizi, udang merupakan salah satu makanan sumber protein. Dalam 100 g udang, terkandung 21 g protein. Udang juga banyak mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor.

Masalahnya hanyalah karena udang cukup banyak mengandung kolesterol. Jadi bagi yang sudah memiliki masalah dengan kolesterol, sebaiknya membatasi diri saat menyantap udang.

Untuk resep kali ini, saya ingin memasak udang yang dibumbui cabai. Dalam cuaca yang sering mendung seperti ini, biasanya masakan pedas selalu laku. Udang bisa dimasak balado dengan tambahan kentang. Tentunya kentangnya harus digoreng lebih dahulu.

Lebih enak lagi jika ditambah dengan petai. Memang tidak banyak orang yang menyukai petai. Karena baunya tentunya ya … pas dimakan enak rasanya … tapi kemudian kamar mandi menjadi bau dan baunya tidak bisa segera hilang dalam beberapa hari, di sini biasanya yang membuat orang tidak suka.

Tetapi bagi para penggemar petai, hal itu tentu bukan alasan yang cukup kuat untuk menjauhi petai.  Lagipula sekarang banyak pembersih kamar mandi yang mudah menghilangkan bau-bauan seperti udang dan jengkol.

Baiklah Bunda, karena stok yang saya punya saat ini udang dengan petai saja, dan kebetulan stok kentang lagi kosong. Maka kali ini saya akan share resep sambal udang petai. Bagi yang tidak menyukai petai bisa diganti dengan kentang.

Seperti biasa, karena niatnya supaya anak-anak bisa makan maka level pedasnya saya buat level 1-3 saja. Bunda bisa mengurangi gula merah dan gula putihnya jika ingin rasa yang lebih pedas.

Resep sambal udang petai

Bahan:

  • 250 g udang ukuran sedang, buang kepalanya dan cuci bersih
  • 1 papan petai, kupas seluruh kulitnya, goreng hingga agak layu, angkat, sisihkan
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • 2 sdt gula merah
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak untuk menggoreng dan menumis

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt terasi
  • 6 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai keriting

Cara membuat:

1. Goreng udang dengan sedikit minyak hingga berubah warnanya, angkat dan sisihkan

2. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, lalu tambahkan air jeruk nipis dan garam, masak terus hingga bumbu benar-benar matang dan terlihat berminyak.

3. Masukkan udang dan petainya, aduk rata dan masak sebentar hingga bumbunya meresap, cicipi dan koreksi rasanya bila perlu, lalu angkat dan sajikan.

Begitulah selengkapnya  resep sambal udang petai teman-teman, semoga teman-teman menyukainya. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *