Sambal goreng hati sapi dengan kentang dan buncis

Sambal goreng ati sapi kentang buncis

Membuat sambal goreng hati ala xanderskitchen

Masakan sambal goreng hati dengan kentang di Jawa termasuk masakan favorit. Masakan ini seringkali disajikan saat hajatan. Sedangkan pada saat lebaran, masakan ini biasanya disajikan masyarakat Jawa sebagai pendamping ketupat dan opor ayam.

Namun sebenarnya tidak perlu menunggu sampai lebaran atau ada hajatan untuk membuatnya. Masakan ini  cocok juga sebagai menu lauk sehari-hari. Bagi yang sedang sibuk menyiapkan masakan untuk sahur, menu ini juga salah satu menu yang enak untuk disajikan sebagai sajian sahur.

Kali ini saya menggunakan resepnya xanderskitchen. Ceritanya tadinya mau membuat sambel goreng kentang dan hati dengan bumbu klasik saja, yaitu bawang merah putih dan cabai lalu diberi kapri dan petai biar cantik tampilannya. Sayangnya sudah beberapa hari mencari kapri di tukang sayur tidak pernah dapat.

Apa boleh buat, daripada hati sapinya nganggur kelamaan, akhirnya terpikir untuk memasakanya mengikuti resep xanderskitchen saja.

Saya tertarik dengan resep ini karena tidak perlu menggunakan kapri, cukup diganti dengan buncis. Sayur buncis ini, di tempat tinggal saya lebih mudah dicari, karena semua tukang sayur pasti punya.

Selain itu bumbunya simpel banget, cuma cabai, bawang merah dan tomat ditambah sedikit kecap manis. Resep yang pas banget saat harga bawang putih lagi mahal seperti sekarang ini, hihi.

Karena bumbunya menggunakan tomat, tidak menggunakan santan dan tidak menggunakan kemiri, tentu saja rasanya cenderung lebih ringan, namun masih tetap sedap. Tambahan buncis membuat masakan ini lebih segar juga.

Tetapi saya tidak mengikuti resep xanderskitchen persis seperti semestinya, di resep ini saya tetap menambahkan sedikit terasi dan cabai rawit. Saya suka memakai terasi di sambel goreng hati karena di lidah saya jadi terasa lebih  gurih dan sedap. Bagi yang tidak ingin memakai terasi boleh diskip.

Sedangkan cabai rawitnya saya tambahkan untuk membuat masakan ini sedikit lebih pedas. Saya terbiasa dengan sambal goreng yang agak pedas.

Sedikit tips: saat menumis bumbu halus, gunakan minyak goreng yang cukup supaya hasilnya tidak terlihat kering.

Resep Sambel goreng hati kentang buncis

Bahan:

  • 350 g hati sapi, cuci bersih, potong-potong, beri 1 sdm susu bubuk, goreng atau rebus hingga matang
  • 150 g buncis, potong ukuran 1 cm
  • 2 buah kentang, kupas, potong-potong sesuai dengan ukuran potongan hati sapi dan buncis, lalu goreng hingga kering
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis

Bumbu, haluskan:

  • 15 buah cabai keriting merah
  • 15 buah bawang merah
  • 2 buah cabai rawit merah (resep aslinya tidak memakai)
  • 1 sdt terasi (resep aslinya tidak memakai)
  • 1 buah tomat merah

Cara membuat:

  1. Tumis buncis dengan sedikit minyak goreng hingga setengah matang, angkat lalu sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya hingga benar-benar matang.
  3. Selanjutnya masukkan hati sapi dan buncis, aduk-aduk hingga bumbunya merata, tambahkan kentang goreng, aduk kembali hingga bumbunya rata.
  4. Bumbui dengan garam dan gula pasir, tambahkan kecap manis, cicipi dan koreksi rasanya. Bila rasanya sudah pas, segera angkat dan sajikan.

Begitulah cara memasak resep sambal goreng hati sapi kentang buncis, semoga bermanfaat. IN

Bila ingin mencoba membuat sambal goreng hati dengan resep lainnya, bisa melihat di sini https://wp.me/p8l2El-nj

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *