Bolu kukus gula merah

salad buah dengan yoghurt

Membuat salad buah saus yoghurt

Mengkonsumsi buah yang dipotong-potong saja setiap hari, terkadang membuat bosan. Membuat salad adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk menikmati buah segar.  Salad buah tak hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga menyehatkan.

Bagi teman-teman yang mengikuti pola makan food combining, salad buah dengan saus yoghurt biasanya menjadi menu sarapan. Efeknya tidak hanya menyehatkan, tapi juga bisa menyumbangkan kalori yang cukup untuk memulai aktivitas harian.

Sarapan buah juga terasa lebih ringan di perut dibandingkan makanan berat seperti nasi goreng atau nasi rames. Supaya tidak cepat terasa lapar, buah potongnya sebaiknya terdiri dari beberapa macam.

Bagi yang segan makan buah di pagi hari, salad buah bisa menjadi pengganti snack di pagi hari atau sore hari. Jadi yang terpenting di sini adalah, bagaimana caranya kita rutin mengkonsumsi buah setiap hari.

Teman-teman tentunya masih ingat bahwa kita membutuhkan cukup buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Buah dan sayuran memiliki kegunaan sendiri-sendiri di dalam tubuh, jadi dua-duanya sebaiknya kita konsumsi.

Melewatkan konsumsi buah dan sayur sehari-dua hari mungkin belum begitu terasa efeknya.  Hanya pencernaan kita yang mungkin lalu menderita dan tidak bekerja selancar biasanya. Seratlah yang membuat lancar pencernaan. Kekurangan vitaman biasanya baru terjadi dalam jangka panjang.

Kekurangan vitamin dan mineral juga memiliki efek langsung pada kecantikan kulit, karena kulit yang halus, kencang, cerah dan lembab adalah hasil dari kecukupan konsumsi buah dan sayuran. Efek terburuk yang bisa terjadi dalam jangka panjang adalah munculnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dll.

Nah, kembali lagi ke salad buah tadi, ada beberapa macam salad buah yang bisa kita buat. Salad buah yang paling sederhana yaitu buah potong yang diberi saus yoghurt. Saus yoghurtnya menggunakan yoghurt plain yang diberi madu, tambahkan sedikit air jeruk bila rasa asamnya kurang.

Caranya lain yaitu buah potongnya diberi saus yoghurt yang diblender dengan buah yang rasanya manis misalnya mangga harum manis. Atau, buah potong yang rasanya manis enak juga disiram blenderan buah yang rasanya asam manis seperti markisa. Cara ini bisa dilakukan bila tidak ada yoghurt. Rasanya tidak kalah enak.

Kali ini, seperti yang terlihat dalm foto, saya membuat buah potong dengan saus yoghurt plain yang diberi madu. Rasanya segar sekali setelah dikeluarkan dari lemari es.

Jenis buahnya terdiri dari mangga, apel, pir, dan anggur. Begini bahan dan cara membuatnya secara lengkap:

Resep salad buah saus yoghurt

Bahan:

  • 1 buah apel washington (bisa juga apel fuji), kupas, buang tengahnya dan potong dadu
  • 1 buah pir, kupas, buang tengahnya lalu potong dadu
  • 15 buah anggur, potong dua
  • 1 buah mangga harum manis ukuran besar, kupas dan potong dadu.
  • 200 ml yoghurt
  • 1-2 sdm madu

Cara membuat:

  1. Susun buah potong dalam mangkuk saji, dinginkan di lemari es hingga waktunya disajikan, sisihkan
  2. Campur yoghurt dengan madu secukupnya, beri air jeruk nipis bila perlu, aduk hingga rata lalu dinginkan di lemari es hingga waktunya disajikan.
  3. Nikmati buah potong dengan siraman yoghurt.

Jadi begitulah resep salad buah saus yoghurt, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *