Resep Tumis Terong Cabai Hijau

Tumis terong dengan cabai hijau dan ikan teri

Cara memasak tumis terong cabai hijau

Hari ini saya mempunyai terong ungu dan juga cabai hijau. Memang sudah sejak kemaren niatnya ingin membuat tumis terong dengan cabai hijau. Dalam bayangan saya, dari warnanya saja sudah terlihat menarik, perpaduan antara warna ungu dan hijau yang menyegarkan. Bisa dibayangkan lezatnya nanti. Adakah diantara teman-teman yang juga menyukainya?

Terong memang termasuk sayuran yang fleksibel, bisa dimasak dengan berbagai macam cara dan dengan aneka bumbu yang berbeda. Bahkan kalau sedang malas membuat sayur, cukup di kukus saja lalu dicocol dengan sambal terasi sudah cukup enak rasanya sebagai teman nasi dan lauknya. Kalau terongnya masih segar, biasanya rasanya juga manis.

Abang tukang sayur terkadang membawa juga terong hijau selain terong ungu. Biasanya saya membeli terong hijau untuk dibuat sayur lodeh, karena sewaktu tinggal di daerah Jawa Tengah dulu, terong yang biasa di masak sayur warnanya hijau. Tetapi untuk ditumis atau dibalado biasanya saya menggunakan terong ungu. Sedangkan terong gelatik yang bulat, biasanya saya gunakan untuk lalap atau karedok saja.

Ketika memeriksa isi kulkas, kebetulan saya juga menemukan sisa ikan teri yang dulu dibeli untuk membuat sayur daun singkong. Ikan terinya masih bagus.  Meskipun dari jenis ikan teri biasa saja dan bukan teri medan, tapi cocok juga untuk ditambahkan pada sayur tumis terong.

Sebelum ditumis, terong dan ikan terinya perlu digoreng dulu ya teman-teman. Biasanya saya mencuci bersih terong, memotong lalu merendamnya dulu di air garam. Setelah didiamkan setidaknya 20 menit baru digoreng. Tetapi kali ini karena ingin cepat, saya langsung saja menggorengnya setelah dicuci dan dipotong tipis membulat.

Terong bisa saja digoreng biasa saja dengan banyak minyak goreng. Tetapi hasilnya akan sangat berminyak. Untuk mengurangi minyak, kita bisa gunakan sedikit minyak saja di wajan teflon.  Wajannya lalu ditutup dengan tutup panci ya teman-teman, supaya terongnya cepat empuk.

Baiklah teman-teman, ini dia resep lengkapnya:

Tumis terong dengan cabai hijau

Tumis terong dengan cabai hijau dan ikan teri

Resep Tumis Terong dengan Cabai hijau

Bahan:

  • 300 g terong (kira-kira 3 buah terong ukuran sedang), potong tipis membulat, goreng sebentar
  • 1 ons cabai hijau, buang bijinya lalu potong-potong setebal 1 cm
  • 2 buah cabai rawit hijau atau sesuai selera
  • 1 buah tomat hijau, potong dadu kecil
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 jari lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 50 g ikan teri, jenisnya bebas saja, bisa teri tawar atau teri medan, cuci bersih, goreng hingga matang
  • 1/3 sdt garam atau sesuai selera
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu ayam ( saya gunakan yang tanpa msg)

Cara membuat:

1. Blender cabai hijau dan cabai rawit tapi jangan sampai halus, cukup 2-3 kali putaran saja, sisihkan

2. Tumis bawang merah hingga harum dengan minyak goreng sisa menggoreng teri tadi (tapi disaring dulu minyaknya ya teman-teman, supaya bersih).

3. Setelah harum, tambahkan bawang putih, lengkuas dan daun salam, aduk sebentar lalu tambahkan cabai yang sudah diblender tadi. Aduk kembali hingga cabai terlihat layu, lalu tambahkan tomat dan aduk hingga rata.

4. Selanjutnya beri air jeruk nipis lalu masukkan terong dan ikan teri

5. Aduk rata, bumbui garam, gula, dan kaldu ayam

6. Cicipi dan koreksi rasanya, setelah pas segera angkat dan sajikan.

Begitulah teman-teman, caranya memasak tumis terong dengan cabai hijau, mudah sekali bukan?

Jangan terlalu lama memasaknya supaya terongnya tidak tampak loyo (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *