Resep Tumis Tempe Udang Petai

Tumis Tempe dengan Udang dan Petai

Cara membuat tumis tempe dengan udang dan petai

Rasanya sudah lama sekali tidak posting masakan dari tempe. Kebetulan minggu lalu saya baru mendapatkan kiriman tempe banyak sekali dari kampung. Untung saja belum semuanya menjadi tempe, sehingga masih bisa tahan agak lama di dalam kulkas.  Jadi jangan heran ya kalau postingan saya ke depan akan sering melibatkan tempe demi menghabiskan stok, hihi …

Bagaimana pun tempe adalah makanan sehat yang memang sudah seharusnya sering kita masak bukan? Sebagai makanan kaya protein yang tinggi serat dan mengandung vitamin B12, tempe jelas memberikan banyak manfaat sehat di dalam tubuh kita.

Jedi tentunya menu dari tempe selalu cocok untuk program memperbanyak porsi makanan sehat atau program diet sekalipun. Apalagi tempe juga berkhasiat mencegah kanker dan mengandung hormon estrogen alami yang tentunya bagus untuk ibu-ibu.

Pada wanita, hormon estrogen mempengaruhi siklus menstruasi, suasana hati dan pikiran, hingga fungsi reproduksi. Sedangkan Vitamin B12 berfungsi menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan fungsi saraf, kulit, dan mata dan masih banyak lagi.

Namun tetap harus diingat bahwa segala sesuatu yang baik itu tetap tidak sebaiknya dikonsumsi berlebihan. Hal ini sebaiknya diperhatikan ibu-ibu yang mengalami ketidakseimbangan hormon, khususnya yang hormon estrogennya sudah berlebih, sebaiknya justru mengurangi konsumsi tempe.

Untuk kali ini, saya mau posting resep tumis tempe dengan udang dan petai. Bagi saya, masakan dari tempe selalu menarik, apalagi jika campurannya menggunakan udang dan petai. Rasanya selalu sedap bagi saya. Supaya makin gurih, tumis tempenya kali ini juga menggunakan santan, tapi santannya encer saja. Lalu sebagai sentuhan terakhir saya menggunakan gula merah sebagai pemanisnya.

Ini memang model masakan kampung ya teman-teman. Masakan ini dulu sering dibuat Ibu saya saat bulan puasa, sebagai menu makan sahur. Sengaja masaknya dibuat agak pedas, mungkin untuk membantu kami menghilangkan mengantuk saat bangun sahur sehingga tidak buru-buru tidur kembali sehabis makan sahur, hihi.

Dalam resep ini, penggunaan cabainya  hanya secukupnya saja. Saya menggunakan cabai hijau besar dan cabai merah keriting. Teman-teman boleh saja menambahkan irisan cabai rawit, atau cabai rawit utuh jika masih terasa kurang pedas.

Nah, bagi yang ingin mencobanya, ini dia resep selengkapnya;

Tumis Tempe dengan Udang dan Petai

Tumis Tempe Udang Petai

Resep tumis tempe udang petai

Bahan:

  • 250 g tempe, potong-potong dengan bentuk sesuai selera
  • 175 g udang, kupas dan tinggalkan ekornya
  • 20 mata petai, jika petenya ukuran besar potong dua, jika kecil biarkan tetap bulat
  • 8 buah cabai hijau, iris melintang sepanjang 1 cm
  • 3 buah cabai merah, iris melintang sepanjang 1 cm
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas yang tipis saja, memarkan
  • 7 butir bawang merah, iris halus
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 350 ml santan encer (saya menggunakan santan instan ukuran kecil diencerkan sehingga menjadi 350 ml)
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan daun salam dan lengkuas, aduk-aduk kembali hingga harum. Selanjutnya masukkan udang dan aduk-aduk hingga udang berubah warna. Lalu masukkan juga petai dan irisan cabai, aduk-aduk kembali hingga cabai terlihat agak layu.
  2. Selanjutnya masukkan tempenya dan tuangkan santan, aduk hingga rata dan masak sampai semua bahan matang.
  3. Masukkan potongan tomat, beri garam dan gula merah secukupnya. Cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas masak sebentar dan biarkan bumbunya meresap lalu angkat dan sajikan bersama nasi dan lauk atau sayur yang lainnya.

Jadi begitulah cara memasak resep tumis tempe dengan udang dan petai kali ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *