Resep tumis tauge saus tiram

Tumis tauge masakan sederhana, praktis, cepat, lezat

Terkadang menjelang waktu makan, kita membutuhkan sayuran yang perlu disiapkan dengan segera. Di saat-saat seperti ini tauge sungguh sangat membantu.

Kebetulan supermarket di dekat tempat tinggal saya menjual tauge yang sudah dikemas rapi, bersih, tanpa ada sisa kulit kacang hijaunya sedikit pun dan akarnya juga tidak terlalu panjang. Ideal sekali bukan? Saya selalu membelinya untuk ditumis, dibuat isian tahu isi atau lumpia, sebagai campuran orak-arik atau bakwan.

Jadi sebelum dimasak, tauge hanya perlu dicuci  sebentar. Jangan lupa siapkan juga irisan daun bawang sebagai campuran agar lebih nikmat. Bumbunya standar saja, terdiri dari irisan bawang merah, bawang putih, cabai, salam, lengkuas, dan saus tiram.

Memasak tauge tak perlu waktu lama. Semakin cepat semakin bagus karena tauge harus disajikan segar, dan masih renyah ketika dimakan. Tapi tentu harus matang supaya tidak berbau langu.

Bagi yang tak menyukai model sayuran plain begini, bisa menambahkan ikan asin atau tahu yang sudah dipotong-potong. Tentunya ikan asin atau tahunya tadi harus digoreng dulu.

Tauge termasuk sayuran yang ideal, karena harganya murah, mudah didapat, selalu ada dan tak kenal musim. Kandungan gizinya juga bagus, tauge mengandung vitamin E, vitamin C dan protein. Selain itu tauge juga mengandung vitamin K, asam folat, dan berbagai mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Pasangan suami istri yang sedang berusaha memiliki keturunan biasanya banyak mengkonsumsi tauge karena tauge sudah diketahui bagus untuk kesuburan. Terutama pada pria, karena membantu membentuk testosteron yang diperlukan untuk membentuk sperma.

Vitamin B nya juga baik untuk membantu memperbaiki vitalitas. Karena kandungan vitaminnya, yaitu vitamin E dan C, tauge dapat membantu menghaluskan serta meremajakan kulit. Juga baik untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Sedangkan kandungan seratnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Jadi teman-teman, tidak ada ruginya kan sering mengkonsumsi sayur tauge? Baunya memang sedikit langu, tapi masih bisa disamarkan dengan memberi rasa yang cukup pedas. Penggunaan saus tiram dalam resep tumis tauge saus tiram ini juga membantu menetralisir bau langu tadi. Jadi mari kita mulai saja acara memasaknya.

Resep tumis tauge saus tiram

Bahan:

  • 150 g tauge, cuci dan tiriskan
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 batang daun bawang, cuci dan iris halus
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 3 buah cabai merah keriting, potong serong
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas, kupas iris setebal 1/2 cm
  • 100 ml air matang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum lalu tambahkan bawang putih dan cabai merah. Aduk hingga harum dan cabai terlihat agak layu.
  2. Masukkan lengkuas dan daun salam, lalu tuang saus tiram, biarkan sebentar, lalu masukkan tauge, aduk sebentar, beri garam, gula pasir, dan daun bawang, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Cicipi dan koreksi rasanya, jika sudah pas dan kuahnya sudah mendidih, angkat segera dan sajikan di mangkuk saji.

Catatan:

Mudah dan cepat bukan memasak resep tumis tauge saus tiram ini? Bagian yang lama dalam memasak tauge biasanya karena masih banyak sisa kulit kacang hijaunya sehingga perlu waktu cukup lama untuk membersihkan. Selain itu terkadang akarnya sudah kelewat panjang, sehingga perlu dipotong dahulu. Bila kita membeli yang sudah bersih, tentunya akan terhindar dari segala kerepotan itu.

Tauge yang sudah bersih seperti Ini lebih praktis, hanya perlu dicuci langsung siap dimasak.

Tauge yang sudah bersih seperti Ini lebih praktis, hanya perlu dicuci langsung siap dimasak.

Jadi jika membeli tauge, pilih yang paling bersih dari sisa kulit kacang hijau, tentunya harus dalam kondisi baik. Jangan dicuci atau dipotong sebelum disimpan (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *