Resep Tumis Sawi Sendok Bumbu Bawang Putih

Tumis Sawi Sendok Enak Sederhana

Cara Memasak Sawi Sendok Bumbu Bawang Putih

Sawi sendok atau bokcoy/pakcoy adalah sejenis sawi yang telah lama dikenal sebagai bahan sayuran yang lezat. Sawi ini daunnya berwarna hijau tua. Bedanya dengan jenis sawi yang lain (misalnya caisim), yaitu karena sawi ini memiliki bonggol yang bulat. Jadi ketika dilepas dari bonggolnya, maka bisa terlihat bentuknya yang menyerupai sendok.

Di restoran China, sawi sendok ini seringkali hanya dilayukan dengan air panas lalu disiram saus, dan sudah terasa sedap. Tentunya sawi yang disajikan utuh begini adalah yang masih muda dan berukuran kecil sampai sedang saja.

Sawi sendok tak hanya sedap rasanya, namun kandungan gizinya juga bagus. Sawi ini banyak mengandung kalsium sehingga baik untuk penderita osteoporosis. Mineral lain yang dikandungnya yaitu zat besi, magnesium dan kalium. Sedangkan vitaminnya terdiri dari vitamin A dan C.

Namun karena sawi sendok ini masih termasuk keluarga kubis-kubisan (brassica), maka bagi orang yang memiliki gangguan tyroid (gondok) biasanya tidak dianjurkan terlampau sering mengkonsumsinya.

Sawi sendok atau bokcoy/pakcoy ini sudah terasa enak biarpun hanya dimasak dengan bumbu yang sederhana saja. Dalam resep berikut ini, bokcoy/pakcoy ini hanya dimasak dengan bumbu bawang putih. Bahkan tanpa menggunakan cabai. Sangat mudah dan praktis, namun rasanya enak. Mungkin karena pada dasarnya sayur yang satu ini sudah memiliki rasa sedikit manis.

Hal yang perlu diperhatikan hanyalah pada waktu mencucinya, cucilah dengan seksama di bawang air mengalir, buka bonggolnya sehingga setiap helai daun bisa dicuci bersih hingga bagian bawahnya. Bila ingin dimasak bersama bonggolnya, pastikan bagian bonggolnya juga telah dicuci hingga bersih.

Resep Tumis Sawi Sendok Bumbu Bawang Putih

Bahan:

  • 1 bungkus sawi sendok ukuran kecil atau seikat sawi sendok ukuran sedang, cuci bersih dan potong-potong ukuran 2 cm
  • 3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Kaldu ayam bubuk bila suka (saya menggunakan yang tanpa MSG)
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Siapkan wajan lalu tumis bawang putih dengan minyak goreng secukupnya hingga harum.
  2. Masukkan potongan sawi dan aduk-aduk hingga layu, tambahkan sedikit air dan masak hingga agak empuk.
  3. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu ayam bila suka, aduk hingga rata, cicipi dan koreksi rasanya.
  4. Setelah rasanya pas dan sawi matang segera matikan kompor. Sawi ini lebih enak jika masih segar, jadi sebaiknya jangan dimasak terlalu lama.
  5. Angkat dan sajikan bersama nasi dan lauknya.

Mudah bukan cara memasak resep tumis sawi sendok bumbu bawang putih ini?

Tentunya teman-teman tidak harus sepenuhnya mengikuti resep ini. Supaya lebih sedap, bisa saja menggunakan tambahan saus tiram, atau dimasak dengan diberi tambahan bahan lain seperti tahu, udang, atau irisan bakso.

Bagi yang suka pedas, tak ada salahnya juga diberi tambahan irisan cabai rawit atau cabai keriting. Sesuaikan saja dengan selera anggota keluarga di rumah. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *