Resep Tumis Pare dengan Tauge

Resep Memasak Pare tidak pahit

Cara memasak tumis pare dengan tauge

Apakah teman-teman suka memasak pare atau paria? Meskipun pahit, namun pare nampaknya tetap disukai. Buktinya, masakan pare tidak hanya bisa kita temukan dalam bentuk sayur tumis, namun juga pada gado-gado, pecel, siomay, dsb. Bahkan kini pare juga digoreng tepung dan dijadikan camilan.

Di balik rasanya yang pahit, pare termasuk sayuran yang banyak manfaatnya. Terutama manfaatnya dalam pengobatan. Pare baik untuk melancarkan pencernaan, mengobati penyakit kuning, malaria, dan dapat merangsang nafsu makan. Pada jaman dahulu, pare bahkan dimanfaatkan untuk merawat penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Di wilayah Asia Timur seperti Jepang, China dan Korea, pare dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, dijadikan minuman penambah semangat, hingga obat pencahar. Pare juga diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul sebagai jamu atau obat herbal.

Melihat begitu banyak khasiatnya, rasanya tidak salah menjadikan pare sebagai salah satu sayuran favorit. Masalahnya hanyalah pada rasanya yang pahit. Walau sebenarnya tidak semua jenis pare pahit rasanya.

Pare juga ada beberapa jenisnya. Ada pare belut atau pare ular yang panjang sekali ukurannya, hingga bisa mencapai 60 cm. Pare jenis ini rasanya tidak pahit sama sekali. Hanya saja pare jenis ini tidak lazim dijual di pasaran.

Jenis pare putih juga tidak begitu pahit sehingga sangat disukai dan banyak dibudidayakan. Jenis pare yang benar-benar pahit adalah pare hijau yang daging buahnya tipis. Cirinya pare ini berwarna hijau dengan bintil-bintil agak halus.

Untuk menghilangkan rasa pahit pare, cara yang umum dilakukan orang adalah dengan cara meremas-remasnya dengan garam setelah dipotong-potong. Dengan cara itu, rasa pahitnya biasanya sudah jauh berkurang walau tidak hilang sama sekali.

Dalam resep berikut ini, pare dimasak agak pedas dan dicampur dengan tauge sehingga jejak rasa pahitnya tidak begitu terasa lagi. Bagi yang suka, tumis pare dengan tauge seperti ini dapat dicampur dengan potongan tahu, tempe, atau teri medan yang sudah digoreng sehingga rasanya lebih gurih. Bisa juga dimasak dengan campuran udang, sehingga rasanya menjadi makin sedap.

Bila tidak ada bahan-bahan tambahan itu juga tidak mengapa. Pare yang ditumis agak pedas dengan tauge saja juga sudah sedap rasanya. Bagi teman-teman yang ingin mencoba, begini resep selengkapnya:

Resep Tumis Pare dengan Tauge

Bahan:

  • 2 buah pare ukuran sedang
  • 75 gram tauge
  • 3 buah cabai keriting merah, potong serong
  • 2 buah cabai hijau, potong serong
  • 2 buah cabai rawit, potong serong
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu ayam atau sapi bubuk bila suka
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat:

Belah dua pare, cuci bersih dan buang bijinya lalu potong-potong bentuk setengah lingkaran. Beri garam secukupnya lalu remas-remas dan diamkan hingga terlihat layu. Selanjutnya cuci bersih dan tiriskan. Pare siap untuk dimasak.

Tumis bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu tambahkan bawang putih dan cabai merah. Aduk-aduk hingga cabai menjadi layu, lalu tambahkan daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk kembali hingga harum.

Masukkan potongan pare, aduk-aduk dan beri air secukupnya. Masak hingga matang dan agak empuk. Tutup wajan bila perlu supaya pare cepat empuk.

Selanjutnya tambahkan tauge dan bumbui dengan garam, gula pasir, dan beri kaldu ayam bubuk. Aduk hingga rata lalu cicipi dan koreksi rasanya.

Jika rasanya sudah pas dan semua bahan sudah matang, segera angkat dan sajikan bersama nasi dan lauknya.

Begitulah cara memasak resep tumis pare dengan tauge ini, semoga bermanfaat … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *