Resep tumis kulit melinjo

Tumis kulit melinjo campur

Cara memasak tumis kulit melinjo

Teman-teman pernah memasak sayur tumis dari kulit melinjo?  Tadinya saya tidak begitu tertarik, apa enaknya makan kulit melinjo?  Kalau ada melinjonya mungkin menarik, sebab setiap kali masak sayur asem di rumah, selalu saya yang makan melinjonya sampai habis, mulai dari kulitnya, lalu bijinya (cangkangnya tentu dibuang ya, hihi).

Melinjo memang enak, baik di rebus seperti dalam sayur asem itu, maupun digoreng sebagai emping. Bagi yang tidak memiliki masalah asam urat, tentu aman-aman saja makan melinjo sepuasnya. Rasa melinjo yang begitu khas, pahit-pahit gurih, membuat penggemarnya sulit berhenti makan.

Saya baru tertarik memasak kulit melinjo ketika kakak saya sibuk mencari kulit melinjo, untuk obat asam urat katanya. Apa tidak salah?… selama ini yang kita dengar justru sebaliknya. Banyak penderita asam urat yang menghindari makan buah melinjo, bahkan sampai menghindari daunnya juga karena takut asam uratnya meradang. Sekarang ini kok malah kulit melinjo dicari-cari oleh penderita asam urat?

Ternyata memang benar lho teman-teman …. Begitu cepatnya ilmu pengetahuan berkembang dan dengan cepat mengubah kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Orang yang tadinya saya lihat selalu menghindari melinjo dan hasil olahannya sekarang menjadi penggemar sayur tumis kulit melinjo.

Ada banyak situs yang sudah membahas tentang informasi ini. Salah satunya www.mediacenter.malangkota.go.id., yang menyebutkan bahwa kulit melinjo merupakan salah satu produk lokal yang diteliti oleh Prof. Subandi, M. Si. saat dikukuhkan sebagai guru besar oleh Rektor Universitas Negeri Malang (UM).

Beliau melakukan penelitian dengan judul “Menggali Potensi Sumber Daya Hayati Lokal Melalui Kajian Biokimia” dan mengemukakan banyak sekali manfaat produk lokal yang belum diketahui masyarakat, diantaranya kulit melinjo ini. Menurut penelitian beliau, ternyata kulit melinjo menghasilkan ekstrak anti asam urat. Dengan kata lain, kulit melinjo bisa berfungsi mencegah asam urat.

Jadi ini berita bagus untuk teman-teman yang mempunyai masalah asam urat. Ada obat mencegah asam urat yang alami dan enak dimakan, yaitu kulit melinjo. Sayangnya Prof. Subandi tidak menyebut secara khusus bagaimana cara menggunakan kulit melinjo untuk mengobati asam urat, apakah harus direbus dan diminum ekstraknya seperti kita minum jamu, ataukah bisa ditumis dan dimakan seperti sayuran biasa.

Alternatif yang kedua sepertinya lebih menyenangkan ya teman-teman … dan memang berdasarkan pengalaman kakak saya yang mempunyai masalah asam urat … kulit melinjo memang bagus. Setelah mengkonsumsi tumis kulit melinjo secara teratur, hasilnya asam uratnya tidak pernah meradang lagi. Cara mengkonsumsinya ternyata tidak susah-susah teman-teman, cukup ditumis saja dengan sedikit ikan teri, tempe, atau tahu.

Meskipun tidak memiliki masalah asam urat, tetapi saya pikir perlu ya sesekali kita membuat tumis kulit melinjo, untuk pencegahan saja tidak ada ruginya bukan? Lagipula kulit melinjo itu kalau sudah ditumis bersama taoge, sedikit ikan teri, plus tempe atau tahu rasanya enak lho teman-teman …

Baiklah, kita lihat saja resepnya. Dalam resep berikut ini, saya menumis kulit melinjo dengan tauge kacang hijau, tahu bandung yang sudah digoreng, dan sedikit ikan teri. Resepnya seperti membuat sayur tumis biasa, hanya dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai. Saya sengaja tidak memotong dua kulit melinjonya karena ingin melihatnya bulat begitu, kalau tidak suka teman-teman bisa memotongnya menjadi dua.

Resep tumis kulit melinjo

Hasil:  satu piring besar

Bahan:

  • 1 kantung plastik kulit melinjo
  • 1/2 kantung plastik tauge kacang hijau
  • 1 batang daun bawang, potong ukuran 1 cm
  • 2 buah tahu Bandung, potong dadu kecil, goreng sebentar
  • 3 sdm ikan asin, goreng hingga matang
  • 5 Butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah keriting, potong serong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Air matang secukupnya
  • 1/2 sdt garam atau sesuai selera (hati-hati memberi garam karena ada ikan teri asinnya)
  • 1 sdt gula atau sesuai selera

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bawang putih dan irisan cabai, aduk kembali lalu tambahkan daun salam dan lengkuas. Aduk sebentar lalu masukkan kulit melinjo aduk rata.

2. Tambahkan air matang lalu masak hingga kulit melinjo matang

3. Masukkan daun bawang, tauge, tahu, dan ikan asin.

4. Aduk rata lalu bumbui garam dan gula, cicipi dan koreksi rasanya, setelah pas rasanya, angkat segera.

5. Sajikan hangat dengan nasi dan lauknya.

Begitulah caranya membuat tumis kulit melinjo teman-teman … mudah bukan (IN)?

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *