Resep Tumis Genjer dengan Oncom

Sayur tumis genjer dan oncom pedas

Cara Memasak Tumis Genjer dengan Oncom

Kemarin siang, karena memerlukan daun pisang, saya pun menghampiri tukang sayur. Ternyata dia membawa sayuran yang cukup langka di sini, yaitu genjer dan hanya tinggal satu ikat.

Saya sudah tidak ingat lagi kapan terakhir kali makan sayur genjer. Jadi meskipun belum ada rencana kapan mau memasaknya, saya putuskan untuk membelinya saja. Nampaknya tukang sayur sekarang semakin pintar saja melengkapi dagangannya dengan sayuran langka begini, tidak mau kalah bersaing dengan supermarket rupanya.

Pagi ini kebetulan sekali saya mendapatkan pasangan yang cocok buat si genjer, yaitu oncom. Jadilah sayur genjer ini sebagai salah satu menu makan siang di hari ini.

Meskipun daunnya terlihat muda, ternyata genjer ini cukup liat juga. Sebelum dimasak saya sudah menyeduhnya sebentar dengan air mendidih, maksudnya supaya tidak perlu terlalu lama ditumis. Ternyata pas ditumis tidak langsung empuk juga, sehingga saya perlu menutup wajan selama 5 menit supaya cepat empuk.

Saya memasaknya dengan beberapa cabai merah keriting dan cabai hijau besar. Hasilnya enak juga, pedes-pedes gurih dengan rasa pahit yang lamat-lamat.

Sayur genjer ini bukanlah sayuran yang tanpa manfaat. Sebagaimana sayuran daun berwarna hijau lainnya, genjer ini juga kaya protein, serat dan beberapa jenis mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Kelebihannya genjer ini, karena secara tradisional genjer telah lama terkenal sebagai sayuran yang dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menambah nafsu makan. Waahh … nampaknya kita perlu hati-hati ya teman-teman, sebaiknya tak usah sering masak genjer, supaya tidak mudah gemuk.

Sayur tumis genjer dengan oncom pedas

Sayur tumis genjer dan oncom

Genjer adalah sayuran yang biasa tumbuh di pinggir-pinggir sawah atau rawa-rawa. Jadi dulunya hanya bisa ditemukan di desa-desa. Tadinya juga hanya dianggap sebagai tanaman pengganggu (gulma), sampai akhirnya ada yang menemukan bahwa sayuran ini juga enak dimasak sebagai sayuran, meskipun rasanya sedikit pahit.

Selain enak ditumis, genjer juga enak dijadikan campuran gado-gado, pecel dan sayur bobor. Di beberapa restoran, kini genjer menjadi salah satu sayuran yang sering dicari pelanggan.

Kembali ke resep, genjer ini termasuk sayuran praktis, jadi tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Inilah resep sayur tumis genjer dan oncom:

Resep Tumis Genjer dengan Oncom

Bahan:

  • 1 ikat daun genjer muda, cuci bersih, seduh dengan air mendidih, tiriskan,  lalu potong-potong ukuran 11/2 cm
  • 100 g oncom, potong kotak 2×3 cm
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 buah cabai hijau besar, potong serong
  • 3 buah cabai merah keriting, potong serong
  • 1 helai daun salam
  • 2,5 cm lengkuas, kupas, memarkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula
  • Minyak goreng untuk menumis

Haluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/2 sdt terasi

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah, lalu tambahkan bumbu halusnya, setelah harum, masukkan cabai hijau dan cabai merah, aduk-aduk hingga layu.

2. Masukkan genjer dan oncom, aduk rata, lalu tuang sedikit air. Bumbui dengan garam dan gula, lalu masak hingga matang dan genjernya cukup empuk (jika daun genjer terlihat agak liat, saat memasak tutup wajan setidaknya 5 menit). Cicipi rasanya dan koreksi bila perlu. Jika rasanya sudah pas, segera angkat dan sajikan hangat (IN).

Catatan:

  • Untuk masakan yang menggunakan bumbu terasi seperti pada resep tumis genjer dan oncom ini, memang jenis terasi yang digunakan sangat mempengaruhi hasil masakan. Jadi pastikan menggunakan terasi yang enak.
  • Sayur genjer ini cocok juga dimasak dengan ikan teri, sebelum dimasukkan, lebih enak jika terinya digoreng lebih dahulu.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *