Resep Tumis Daun Pepaya, Daun Singkong, dan Ikan Teri

Sayur Tumis Daun Pepaya, Daun Singkong, dan Ikan Teri

Cara Memasak Tumis Daun Pepaya, Daun Singkong dan Ikan Teri

Daun pepaya aslinya memiliki citarasa yang pahit, tetapi meskipun demikian daun yang satu ini justru memiliki banyak penggemar. Cara paling mudah menikmati daun pepaya adalah dengan merebusnya hingga empuk lalu dinikmati sebagai lalapan bersama sambal terasi yang pedas, tentunya dengan nasi hangat, ikan asin, ditambah dengan tahu tempe serta ayam atau ikan goreng … hmm.. sedapnya …

Daun pepaya juga nikmat dimasak sebagai buntil atau dijadikan urap bersama dengan beberapa jenis sayuran yang lainnya. Cara lain menikmati daun pepaya yang disukai juga adalah dengan menumisnya. Bumbunya cukup bumbu tumis biasa, tambahkan terasi atau kemiri supaya lebih enak. Rasanya sudah sedap. Apalagi dengan tambahan ikan asin atau ikan teri. Ikan terinya sesuai selera saja, teri medan juga boleh. Saya menggunakan ikan teri nasi dalam resep ini.

Selain enak, daun pepaya juga menyehatkan. Kaya dengan mineral dan vitamin. Jika dilihat dari warna daunnya yang hijau tua, daun pepaya kaya dengan vitamin A. Masalahnya hanya karena rasanya yang pahit, meskipun sebagian orang tidak berkeberatan dengan rasa pahitnya, tetapi sebagian orang lebih suka jika rasa pahitnya bisa dihilangkan.

Sebenarnya aneh bukan kalau dipikir-pikir? Inginnya makan daun yang sudah ketahuan rasanya pahit, tetapi kalau bisa gimana caranya supaya rasa pahitnya  bisa dihilangkan saja, hihihi.

Untuk mengatasi rasa pahitnya, ada orang yang meremas daun mentahnya dengan garam, lalu didiamkan agak lama baru dibilas. Ada juga yang merebusnya dengan sedikit tanah liat khusus. Memang ada daerah yang memiliki tanah liat yang bersih dan biasa digunakan dalam masakan, misalnya untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya seperti ini. Saya sendiri belum pernah melihatnya, baru mendengar cerita teman dan saudara yang pernah mencoba.

Selama ini cara yang biasanya saya gunakan sederhana saja. Saya hanya merebusnya bersama dengan daun singkong. Cara ini duluuu sekali saya pelajari dari Ibu Kantin Puslitbang Gizi Bogor, yang sering menyajikan lalap daun pepaya saat makan siang. Dengan cara sederhana begini saja rasa pahitnya sudah banyak berkurang, hampir-hampir tidak terasa lagi pahitnya.

Biasanya perbandingan daun singkong dan daun pepayanya 1 banding 1 saja, bila ingin rasa pahitnya hilang sama sekali, bisa menggunakan daun singkongnya lebih banyak. Nah, karena merebusnya bersama daun singkong, jadi biasanya saya membuat tumis daun pepaya juga bersama dengan daun singkong seperti dalam resep berikut ini:

Resep Tumis Daun Pepaya, Daun Singkong dan Ikan Teri

Bahan:

  • 1 ikat daun pepaya
  • 1 ikat daun singkong
  • 45 g ikan teri nasi goreng
  • 6 butir bawang merah, iris-iris
  • 4 siung bawang putih, iris-iris
  • 6 buah cabai keriting merah, iris serong (ganti sebagian dengan cabai rawit merah bila ingin lebih pedas)
  • 1/2 sdt terasi bakar, haluskan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt garam atau sesuai dengan selera
  • 11/2 sdt gula pasir atau sesuai dengan selera
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk (saya menggunakan kaldu no msg)

Cara membuat:

  1. Rebus daun pepaya dan daun singkong hingga empuk, lalu bilas, bentuk bulat dan peras airnya, lalu iris-iris dengan ukuran sesuai selera
  2. Tumis bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, tambahkan bawang putih, tumis kembali hingga harum, selanjutnya masukkan irisan cabai, aduk-aduk hingga layu, masukkan terasi, daun salam dan lengkuas. Aduk kembali hingga rata.
  3. Setelah itu masukkan daun pepaya dan daun singkong, aduk rata sambil dibumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masukkan juga teri gorengnya (sisakan sedikit untuk taburan bila suka). Cicipi dan koreksi rasanya hingga pas sambil dimasak terus dan biarkan bumbu meresap.
  4. Angkat dan sajikan dengan taburan sisa ikan teri goreng.

Begitulah cara memasak dan resep tumis daun pepaya, daun singkong dan ikan teri, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

One Response to Resep Tumis Daun Pepaya, Daun Singkong, dan Ikan Teri

  1. Mahasiswa baru says:

    Terimakasih kak, sudah share resep tumis daun singkongnya.,.
    Baca juga :
    distributortaslampung.com/
    pabrik tas wanita murah

    distributortaslampung.com/distributor tas batam

    distributortaslampung.com/
    Grosir tas wanita pertama di lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *