Resep tumis bunga pepaya

Tumis bunga pepaya

Memasak tumis bunga pepaya dengan kangkung

Setiap orang ada kalanya mengalami rasa bosan, jenuh, dan kehilangan nafsu makan. Apakah teman-teman pernah merasakan yang seperti itu? Saat tidak ada nafsu makan, apa yang biasanya teman-teman lakukan?

Ada orang yang pernah memberi tahu saya bahwa salah satu obatnya adalah makan makanan yang rasanya pahit, seperti misalnya tumis pare, daun pepaya, atau bunga pepaya. Makanan yang rasanya pahit katanya bisa memperbaiki nafsu makan seperti jamu.

Entah benar entah tidak, yang pasti saya memang suka dengan lalap atau tumis daun pepaya, tumis pare dan juga tumis bunga pepaya. Karena biasanya dimasak pedas, maka saya cenderung menghabiskan banyak nasi ketika menyantapnya.

Tantangan dalam memasak sayuran pahit seperti itu adalah bagaimana cara menghilangkan rasa pahitnya. Menurut orang yang senang memasak bunga pepaya, cara menghilangkan rasa pahit bunga pepaya itu mudah, direbus saja sebentar dengan air yang sudah diberi asam jawa, atau direbus dengan daun jambu, maka rasa pahitnya akan hilang.

Saya sendiri belum pernah mencobanya, karena saya memasak sayuran itu justru karena ingin mendapatkan sensasi pahitnya. Namun tentunya rasa pahit itu jangan sampai kelewatan juga. Jadi tetap ada usaha menetralisir, yaitu dengan garam saja.

Sebelum dimasak, bunga pepayanya diremas-remas dulu dengan garam, baru kemudian diseduh dengan air panas selama beberapa menit, lalu ditiriskan. Maka bunga pepaya pun siap dimasak. Menggunakan banyak cabai juga membantu menetralisir rasa pahit. Jadi memasaknya sebaiknya pedas.

Masakan tumis bunga pepaya adalah masakan sayur khas Menado. Namun sayuran ini juga populer di wilayah Indonesia Timur lainnya, seperti  Maluku, NTT, Papua. Bunda yang pernah datang ke daerah-daerah itu atau makan di restoran khasnya, biasanya akan menemukan masakan sayur ini.

Dulu sewaktu masih menjadi orang kantoran, salah satu makanan favorit teman-teman satu kantor adalah masakan Menado. Karena itu sering sekali kami makan siang rame-rame di sebuah restoran Menado yang ada di daerah Radio Dalam (kantor kami di daerah Ciputat).

Setiap kali makan di sana, menu utama yang kami pesan jarang berubah, selalu saja tumis bunga pepaya, perkedel jagung, dan ikan bakar yang bumbunya pedas sekali atau cakalang garo.

Kini setelah menjadi orang rumahan, saya tak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk makanan seperti ini. Saya hanya perlu ke dapur dan memasaknya.  Selalu ada saja yang bisa kita syukuri dari setiap keadaan bukan? hehe …

Baiklah, untuk Bunda yang ingin memasak tumis bunga pepaya, berikut ini resep tumis bunga pepaya dengan kangkung. (bunga pepaya juga seringkali ditumis bersama daun pepaya, tapi tentunya akan menjadi lebih pahit rasanya).

Resep tumis bunga pepaya

Bahan:

  • 100 g bunga pepaya, petiki dari batangnya lalu remas dengan 1/2 sdt garam, diamkan 15-20 menit
  • 1 ikat kangkung, ambil batang dan daun mudanya, potong-potong sepanjang 2 cm
  • 10 lembar daun melinjo, potong sepanjang 2 cm
  • 1 ikat kecil daun kemangi bila suka
  • 100 g ikan tuna kalengan/ ikan tongkol goreng/ ikan tongkol asin goreng, suwir-suwir
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 sdm minyak

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam (kurangi garamnya jika menggunakan ikan tongkol asin)
  • 1/2 sdt gula
  • 4 buah cabai hijau besar
  • 3 buah cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi

Cara membuat:

1. Seduh bunga pepaya dengan air mendidih, biarkan 5 menit lalu tiriskan. Sisihkan

2. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, lalu masukkan jahe, serai, dan daun jeruk, aduk hingga layu.

3. Masukkan bunga pepaya dan daun melinjo, aduk-aduk hingga layu, lalu tambahkan ikan tuna atau tongkolnya, kemudian tambahkan pula kangkung. Aduk hingga rata, cicipi apakah rasanya sudah pas, koreksi rasa bila perlu. Masukkan daun kemangi (bila memakai), aduk kembali hingga rata, angkat setelah semua sayuran matang (IN).

Jadi begitulah selengkapnya resep tumis bunga pepaya, selamat mencoba dan menikmati … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *