Resep Tumis Bunga dan Daun Pepaya Mudah dan Enak

tumis bunga dan daun pepaya tidak pahit

Cara memasak tumis bunga dan daun pepaya mudah dan enak

Daun pepaya memang pahit, tetapi anehnya justru suka bikin kangen. Entah karena tekstur daunnya yang terasa lembut (setelah direbus hingga empuk tentunya), atau justru karena masih ada sensasi rasa yang sedikit pahit itu ya? hihihi ….

Daun yang pahit seperti ini biasanya memang enak dimasak dengan bumbu yang pedas. Bila daun pepaya itu dimasaknya hanya direbus pun, masih tetap enak dijadikan lalap dan dinikmati bersama sambal terasi yang pedas, dengan nasi dan lauk tentunya.

Kali ini, daun pepaya dimasak dengan bunga pepaya, tetapi tidak dimasak ala Manado. Daun dan bunga pepayanya kali ini hanya dimasak dengan bumbu yang sederhana saja, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.

Daun dan bunga pepayanya juga hanya diberi garam secukupnya untuk mengurangi rasa pahitnya. Jadi setelah sayurnya matang masih akan ada sedikit sensasi rasa pahit yang sebagian tertutup oleh pedasnya cabai rawit.

Sebenarnya rasa pahit daun pepaya bisa dihilangkan. Caranya bisa dengan merebusnya bersama daun singkong. Tapi nanti judul resep sayurnya bisa-bisa menjadi tumis daun pepaya dan daun singkong lagi. Sayur yang begitu sudah pernah saya posting sebelumnya.

Paling enak bila di tempat teman-teman tinggal ada yang menjual ampo, yaitu tanah lempung yang bisa berfungsi untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Cara menggunakannya cukup dengan cara direbus saja bersama daun dan bunga pepayanya dan rasa pahitnya akan hilang.

Tapi kalau menurut saya menggarami daun dan bunga pepaya untuk mengurangi rasa pahitnya seperti ini saja sudah cukup. Bukankah memang rasa sedikit pahit ini yang kita cari ketika kita memutuskan untuk memasak daun pepaya? Orang yang tidak suka daun yang pahit pasti tak akan mau memasak atau memakannya bukan? hihi …

Untuk mengimbangi rasa bunga dan daun pepaya yang sedikit pahit, dalam resep ini saya menggunakan 5 buah cabai rawit merah ditambah dengan 2 buah cabai hijau besar. Untuk ukuran saya sudah cukup pedas. Teman-teman bisa sesuaikan sendiri rasa pedasnya dengan selera anggota keluarga di rumah.

Menurut ilmu pengobatan tradisional China, sayuran dengan cita rasa pahit seperti daun pepaya ini baik untuk menguatkan organ jantung. Namun tentunya tidak bagus juga terlalu sering memakannya.

Baiklah teman-teman, ini dia resep selengkapnya:

Resep tumis bunga dan daun pepaya mudah dan enak

Bahan:

  • 1 ikat daun pepaya
  • 1 bungkus bunga pepaya
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai merah, iris tipis serong
  • 2 buah cabai hijau, iris tipis serong
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu bubuk rasa ayam/sapi secukupnya (saya menggunakan yang no msg)

Cara Membuat:

  1. Remas-remas bunga pepaya dengan garam secukupnya, diamkan selama setidaknya 30 menit. Remas-remas dan beri garam juga daun pepayanya di wadah yang terpisah, lalu diamkan juga.
  2. Bilas bunga pepaya lalu rebus hingga agak empuk saja supaya nanti kalau dimasak tidak terlalu lembek. Selanjutnya bilas juga daun pepaya dan rebus pula hingga cukup empuk.
  3. Setelah bunga dan daun pepaya diangkat, segera bilas dengan air dingin lalu tiriskan, tetap dalam wadah terpisah. Ambil daun pepaya yang sudah empuk tadi lalu remas hingga keluar sisa airnya dan bentuk bulat. Selanjutnya iris daun pepaya rebus tadi dengan ukuran sesuai dengan selera.
  4. Tumis irisan bawang merah hingga harum, lalu masukkan irisan bawang putih bersama irisan cabai, aduk-aduk hingga harum baunya. Lalu tambahkan juga lengkuas dan daun salam, teruskan mengaduk sebentar.
  5. Masukkan daun pepaya dulu, aduk-aduk dengan bumbu hingga rata dan masak sebentar, baru masukkan bunga pepayanya (peras sedikit supaya keluar sisa airnya sebelum dimasukkan), aduk hingga rata dan matang, bumbui garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya.
  6. Cicipi dan koreksi rasanya, aduk kembali dan segera angkat begitu matang
  7. Sajikan bersama hidangan yang lain.

Jadi begitulah cara memasak resep tumis bunga dan daun pepaya mudah dan enak. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *