Resep Terong Balado Pedas Manis

Membuat balado terong

Cara Membuat Terong Balado Pedas Manis

Salah satu efek dari hari lebaran adalah, selama beberapa hari tukang sayur tidak berjualan. Untungnya setelah sering mengalami tidak bisa masak sayur karena sulit mendapatkannya, saya jadi terlatih untuk menyimpan beberapa macam sayuran sejak sebelum lebaran.

Sayuran seperti buncis, tomat, kacang panjang, kol, sawi putih, dan terong termasuk sayuran yang usia simpannya cukup lama. Jadi bisa dibeli setelah dekat lebaran untuk disimpan. Biasanya ketika sajian lebaran mulai membuat bosan, dan mulai membayangkan sajian yang menyegarkan atau yang sangat pedas, sayuran sangat dibutuhkan.

Terong ungu termasuk sayuran buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Terong disukai karena mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satu masakan terong yang populer yaitu sayur lodeh, dimana terong dimasak bersama kacang panjang dan daun melinjo.

Namun kali ini saya ingin share resep terong balado.  Terong Balado termasuk salah satu masakan yang banyak penggemarnya, terutama penggemar masakan pedas. Dengan dibuat balado, terong bisa dibumbui dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera. Bisa pedas ala kadarnya, pedas yang sedang-sedang saja, atau pedas sekali.

Dalam resep kali ini, terong balado dimasak dengan tingkat kepedasan sedang saja. Bagi penggemar cabai, masih bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera, tentunya jumlah garam dan gula yang digunakan perlu disesuaikan juga.

Di resep ini saya hanya menggunakan sisa-sisa cabai yang ada, yaitu cabai merah besar, cabai keriting, dan cabai rawit merah. Jadi sesuaikan saja cabai yang digunakan dengan selera teman-teman yaa …..

Jika tidak ada cabai merah besar, cabai keritingnya bisa diperbanyak. Saya sendiri sebenarnya lebih senang menggunakan cabai keriting dan cabai rawit saja karena di mulut saya cabai merah besar terasa sedikit langu, sayang stok cabai keriting di rumah sudah menipis.

Sisi baiknya, cabai merah besar dan tomat merah bisa memberikan efek warna balado yang memerah cantik sehingga penampilannya bagus saat difoto nanti. Biasanya yang merusak warna cantiknya adalah terasi yang warnanya cenderung hitam.

Jadi perlu diingat, meskipun terasi membuat lebih enak, tetapi kalau digunakan agak banyak bisa membuat terong balado ini menjadi kehitaman dan bukan memerah cantik.

Satu hal lagi yang perlu diingat ketika memasak terong adalah bahwa terong mudah sekali berubah warna setelah dibelah. Jadi sebaiknya siapkan dulu bumbu-bumbunya sebelum terong dipotong. Atau siapkan dulu air dengan sedikit garam.

Masukkan terong ke dalamnya setelah dicuci, dipotong dan dibelah-belah, dengan begitu proses perubahan warna terong terhambat.

Untuk membuat terong balado, lazimnya terong dipotong dengan panjang sesuai selera, lalu dibelah dua. Kemudian terong bisa digoreng sebentar dengan minyak secukupnya, bisa juga terong di panggang di wajan teflon dengan hanya sedikit minyak goreng.

Biasanya cara kedua dilakukan mereka yang sedang diet karena tak ingin terong baladonya terlalu banyak minyak namun masih terasa gurih. Saya sendiri lebih senang mengukusnya tetapi sebentar saja, jadi si terong tidak sampai kelewat lemas.

Begini Resep Terong Balado selengkapnya teman-teman:

Resep terong balado Pedas Manis

Untuk porsi makan 2-3 orang

Bahan:

3 buah terong ungu yang panjang, cuci bersih, potong menjadi 3 lalu dibelah 2,  kukus atau goreng sebentar

Bumbu, haluskan dengan blender atau ulekan:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 8 buah cabai keriting
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1/3 sdt terasi
  • 1 sdt garam atau secukupnya
  • 2 sdt gula merah atau secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga matang dan berbau harum. Bila tadi bumbunya hanya diuleg kasar, terong bisa langsung dimasukkan. Tetapi bila bumbu dihaluskan dengan blender dan sedikit air, perlu dimasak agak lama hingga airnya terserap dan bumbunya mengental. Setelah matang dan harum, baru terong bisa dimasukkan.

2. Selanjutnya aduk hingga rata, cicipi dulu dan koreksi rasanya, bila sudah pas terong balado bisa diangkat dan disusun di piring saji.

3. Selamat menikmati.

Begitulah selengkapnya resep terong balado pedas manis. Tentunya jumlah cabai yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera ya teman-teman, bisa lebih bisa dikurangi, tergantung level pedas yang diinginkan (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *