Resep Tempe Mendoan Purwokerto

Tempe mendoan adalah tempe yang dimasak setengah matang

Cara membuat mendoan khas Purwokerto

Mendoan adalah tempe goreng tepung khas Purwokerto. Bentuk tempenya tipis berbentuk kotak lembaran berukuran cukup besar  dan digoreng tepung setengah matang. Biasanya disajikan bersama sambal kecap atau cabai rawit hijau.

Bagi orang Purwokerto, mendoan adalah makanan sehari-hari. Mendoan bisa disajikan untuk sarapan pagi, paling enak dinikmati bersama nasi dan pecel sayuran. Bisa juga untuk teman minum teh di sore hari.

Bila kita pergi jalan-jalan ke Purwokerto, kita bisa membeli mendoan di tempat-tempat penjualan oleh-oleh. Di sana kita tinggal memesan berapa banyak yang ingin dibeli dan si penjual akan langsung menggorengnya di situ, sehingga kita bisa membawanya pulang dalam keadaan hangat untuk dimakan langsung atau untuk oleh-oleh, dalam bungkusan besek berlapis daun pisang.

Kini mendoan sudah semakin populer dan digemari banyak orang. Karena itu, mendoan kini bisa dengan mudah ditemukan di mana pun …tak hanya di tempat penjualan makanan khas Purwokerto saja. Terkadang pasar swalayan besar di Jakarta pun menjualnya di bagian makanan matang.

Membuat mendoan sendiri pun tidak sulit, bahan-bahannya juga mudah didapat. Seringkali tukang sayur membawa tempe khusus mendoan sekalian dengan bumbu tepungnya. Sehingga kita tinggal mencampur tepung dengan air, menambahkan irisan daun bawang, lalu menggoreng tempenya.

Jika tidak bisa mendapatkan tempe khusus mendoan yang sudah dibungkus daun berbentuk tipis lembaran, biasanya pedagang tempe di pasar juga bisa membuatkan potongan tempe tipis melebar seukuran mendoan. Sehingga kita tinggal menggorengnya.

Jika harus memotong sendiri, buatlah potongan tipis dari 1 papan tempe ukuran 200 g setebal kurang lebih 1-2 mm saja. Gunakan pisau yang benar-benar tajam dan lebar agar lebih mudah memotongnya.

Saat menggoreng nanti, jangan sampai terlambat mengangkat ya teman-teman …. Tempe mendoan ini hanya dimasak sampai setengah matang saja. Bila terlambat mengangkat dan sampai matang penuh, maka hasilnya adalah tempe goreng tepung biasa, hehe ….

Tidak jadi masalah sebenarnya karena rasanya masih tetap enak. Tapi jika yang diinginkan memang mendoan, jangan ditinggal pada waktu menggoreng yaa ….  perhatikan baik-baik apinya …  jangan terlalu besar (IN).

Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto

untuk 8 potong

Bahan:

  • 8 buah tempe mendoan
  • 100 g tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu/tapioka
  • 2 batang daun bawang diiris halus

Bumbu, haluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1 cm kencur

Cara membuat:

  1. Campur terigu, tepung beras dan tepung tapioka  atau tepung sagu, aduk rata dan beri bumbu halus.
  2. Tuang air putih 200-250 ml saja ke dalam adonan, lalu aduk hingga rata dan menjadi adonan yang tidak encer juga tidak terlalu kental. Masukkan daun bawangnya, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Selanjutnya, goreng dengan minyak banyak sehingga seluruhnya terendam dalam minyak. Gunakan api sedang saja supaya tidak cepat menjadi kering, karena mendoan hanya digoreng setengah matang saja.
  4. Bolak balik tempe mendoan, lalu angkat setelah kedua sisinya setengah matang. Tiriskan pada kertas tissue dalam wadah peniris, supaya minyaknya tidak terlalu banyak yg menempel.
  5. Sajikan dalam piring saji bersama dengan sambal kecap.

Cara membuat sambal kecap

Aduk rata:

  • 2 sdm kecap
  • 4-6 buah cabai rawit diiris halus

Begitulah resep cara membuat tempe mendoan, tidak sulit bukan? Jika ingin membuat mendoan yang warnanya kuning, Anda bisa menambahkan kunyit 1 cm saja pada bumbu halusnya. Lalu supaya lebih enak, tambahkan juga 1-2 butir bawang merah.  Kalau tidak menyukai kencur, Anda tidak perlu memakainya. Rasanya hanya sedikit berbeda. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *