Resep telur dadar ala restoran Padang

Telur dadar enak ala restoran Padang

Membuat telur dadar ala restoran Padang

Adakah yang suka membuat telur dadar untuk menu sarapan? Buat saya telur dadar adalah salah satu menu sarapan favorit karena mudah dan cepat dimasak. Telur dadar juga bisa dibuat dengan aneka variasi, misalnya ditambah aneka sayuran, tahu, sosis, atau bahan lain yang tersedia.

Bila sarapan di hotel, seringkali tersedia omelet. Omelet bisa dikatakan saudaranya telur dadar karena mirip. Variasi isi keduanya bisa saja hampir sama, bedanya cuma di tingkat kematangannya saja. Omelet biasanya dibuat tak terlalu matang.

Telur sendiri bisa dikatakan sebagai kapsul ajaib atau makanan super bila dilihat dari kandungan gizinya yang lengkap dan mudahnya dicerna. Selain direbus atau di buat dadar, telur juga mudah diolah menjadi berbagai  masakan lezat tanpa membutuhkan waktu lama.

Jadi tidak mengherankan bila umumnya orang selalu menyimpan telur sebagai salah satu stok bahan makanan di rumah untuk dimasak kapan pun dibutuhkan.

Saya tertarik membuat telur dadar ala restoran Padang ini karena menemukan web restoran Saribundo. Menurut keterangan di sana, untuk membuat telur dadar ala restoran Padang, kita hanya perlu menambahkan tepung terigu untuk membuatnya tebal. Bumbunya juga mudah, hanya daun bawang, bawang merah, dan cabai rawit merah iris.

Karena merasa belum puas dengan keterangan tersebut, karena begitu sederhananya, saya pun melanjutkan blog walking.  Hasilnya malah bingung, hihihi …. nampaknya setiap blog atau setiap keluarga mempunyai resep andalan sendiri untuk resep telur dadar ala restoran Padang ini. Sayangnya saya belum nemu resep yang tepat sesuai dengan bayangan saya.

Walau begitu, beberapa web menyebut juga penggunaan beberapa bahan yang sama, seperti tepung beras dan kelapa sangrai. Tak sedikit juga yang menyebutkan penggunaan telur bebek sebagai bahan dasarnya karena hasilnya akan lebih bagus dan lebih tebal.

Baiklah, mari ikuti saja saran untuk menggunakan tepung beras dan kelapa sangrai itu bila menggunakan telur ayam. Kalau menggunakan telur bebek, tambahan tepung dan kelapa sangrai nampaknya tak diperlukan. Sementara isi dan bumbunya sepertinya cukup mengikuti resep dari Saribundo, yaitu daun bawang, bawang merah, dan cabai rawit.

Saya tambahkan juga sedikit merica. Garamnya saya hanya pakai sedikit,  karena kaldu ayam yang saya gunakan rasanya sudah asin. Sepertinya penggunaan kaldu ayam di sini cukup penting ya teman-teman, mengingat telur dadar restoran Padang rasanya sangat gurih. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan, saya suka dengan telur dadar ala Restoran Padang ini.

Begini resep telur dadar ala restoran Padang yang saya buat hari ini:

Resep telur dadar ala restoran Padang

Bahan:

  • 3 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam no MSG (bagi yang ingin tahu bisa melihat di info produk di web ini juga)
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus (bisa juga bawang dan cabainya dicincang saja):

  • 4 butir bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah atau sesuai dengan selera
  • garam secukupnya
  • 3 sdm kelapa parut, disangrai sebentar

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kecuali minyak goreng, aduk hingga rata dan tepungnya tidak menggerindil, lalu masukkan bumbu halusnya. Aduk kembali hingga rata.

2. Panaskan wajan teflon (wajan biasa juga biasa) lalu tuangkan minyaknya, minyaknya harus cukup banyak supaya telur terendam minyak dan bisa matang sampai ke bagian dalam.

3. Tuangkan adonan telur lalu masak dengan api kecil saja. Biarkan agak matang dulu, dan mulai mengering pinggir-pinggirnya lalu balik dan goreng kembali hingga matang dan kering kedua sisinya.

4. Angkat dan tiriskan, serap minyaknya dengan tissue bila perlu. Sajikan hangat.

Begitulah cara membuat resep telur dadar ala restoran Padang ini, selamat mencoba … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *