Resep tahu sutera lada garam

tahu sutera berbumbu lada garam

Tahu sutera goreng berbumbu lada dan garam

Apakah teman-teman menyukai tahu sutera? Sejak pertama menemukan tahu sutera di pasar, saya tak pernah lagi menggunakan tahu Cina dan selalu menggantinya dengan tahu sutera, baik untuk digoreng begitu saja, dibuat rolade dengan daun singkong, dikukus dengan telur  puyuh, maupun untuk pepes tahu.

Teksturnya yang begitu lembut membelai lidah mengingatkan saya pada tofu, rasanya juga gurih, dan efeknya membuat anak-anak di rumah makan dengan lahap. Meskipun hanya disajikan dengan sayur dan sambal terasi.

Kebetulan kemaren malam saya habis menggunakan beberapa buah tahu sutera untuk membuat rolade  daun singkong (rolade ini salah satu camilan kesukaan anak-anak, jadi saya selalu membuat banyak untuk disimpan di kulkas dan dikeluarkan saat diperlukan), dan hari ini masih tersisa 1 buah tahu sutera. Sungguh sayang bila tak segera di masak bukan?

Tahu yang masih segar rasanya selalu jauh lebih enak daripada yang sudah didiamkan di kulkas 2-3 hari. Lebih bagus lagi bila hari itu dibeli dan hari itu juga dimasak, kalau sempat tentunya. Sayangnya hal itu tak selalu bisa kita dilakukan bukan?

Untuk hari ini saya ingin membuat tahu sutera lada garam. Mestinya memang menggunakan tofu ya teman-teman… Rasanya mungkin akan jauh lebih enak. Saya jadi ingat sebuah restoran Cina yang menyajian menu tofu lada garam yang enak.

Tekstur tofunya di luar kering tapi bagian dalamnya terasa begitu lembuuut. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Tampilannya pun begitu menarik, tofu yang berwarna putih itu seolah dihiasi dengan taburan bumbu yang berwarna merah hijau, begitu kontras. Pesan seporsi juga cepat sekali habisnya.

Tapi mengingat tekstur tahu sutera yang lembut juga, hampir selembut tofu, mestinya rasanya tidak akan berbeda jauh. Rasanya lebih baik langsung dicoba saja  ya teman-teman …Oh iya, satu hal yang perlu diingat, tahu sutera yang dijual di pasaran berbeda-beda yaa teman-teman.

Ada yang sudah diberi garam sehingga bisa langsung digoreng dan hasilnya tahu goreng yang gurih. Kalaupun ingin digarami juga hanya perlu ditambah dengan sedikit garam. Tapi ada juga tahu sutera yang tawar, masih perlu cukup digarami supaya gurih. Jadi sebelum membeli, sebaiknya tanyakan dulu ke pedagangnya.

Resep tahu sutera lada garam

Bahan:

  • 300 g (1 buah) tahu sutera (kebetulan tahu sutera saya tawar), potong kotak setebal 1 1/2 cm sehingga menjadi 10 potong
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm tepung maizena
  • minyak goreng

Untuk bumbu tabur:

  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt minyak wijen bila suka
  • 2 buah cabai merah keriting, iris tipis-tipis bentuk bulat
  • 1 batang daun bawang ukuran kecil, iris tipis bentuk bulat
  • 1/3 sdt garam halus
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, cincang halus

Cara membuat:

1. Lumuri tahu sutera dengan garam halus, merica bubuk, dan bawang putih halus, lalu diamkan setidaknya 20 menit supaya bumbunya meresap. Selanjutnya gulingkan potongan tahu sutera pada tepung maizena lalu goreng hingga matang, tiriskan dan sisihkan.

2. Tumis bawang putih dengan minyak goreng dan sedikit minyak wijen bila suka, aduk-aduk hingga baunya harum, lalu tambahkan cabai merah, aduk kembali hingga cabai layu, selanjutnya masukkan daun bawang, garam dan merica, aduk rata sebentar, cicipi apakah sudah pas rasanya dan langsung angkat.

3. Sajikan hangat tahu sutera di piring saji, dengan taburkan bumbu di atasnya.

Begitu cara membuat resep tahu sutera lada garam. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *