Resep tahu isi daging cincang dan wortel

tahu isi daging cincang

Membuat tahu isi daging cincang dan sayuran

Ceritanya tadinya kepingin membuat tahu isi sayuran. Tapi  ketika ke supermarket terdekat, ternyata tidak menemukan tahu goreng yang biasa dipakai membuat tahu isi, dan yang ada hanyalah tahu China.

Tahu China itu rupanya baru datang, soalnya ketika dipegang masih lembut banget. Karena masih tetap ingin membuat tahu isi. Akhirnya dibelilah tahu itu.

Setelah sampai di rumah dan si tahu dikeluarkan dari bungkus kainnya, ternyata benar tahunya masih lembut banget dan sangat rapuh, salah pegang sedikit bisa hancur. Akhirnya tahunya dipotong menjadi 8 potongan berbentuk segitiga, lalu dilumuri sedikit garam.

Setelah didiamkan kira-kira 20 menit baru digoreng sebentar. Lumayan juga setelah digoreng, tahunya masih lembut banget tapi sekarang teksturnya sudah lebih kuat dan tak mudah hancur. Baiklah, kita tunggu sampai dingin baru dikeruk tengahnya dan dikeluarkan sedikit isinya.

Memang jauh lebih praktis menggunakan tahu goreng yang cokelat atau tahu yang agak kopong tengahnya itu ya Bunda, tak usah ada acara menggoreng segala. Tahunya tinggal di keruk isinya lalu ditaruh terbalik supaya airnya tiris.

Sambil menunggu kita bisa menyiapkan isinya. Tapi menggunakan tahu putih ada kelebihannya Bunda, pas dimakan rasanya lebih lembut dibandingkan tahu isi yang terbuat dari tahu goreng.

Tahu isi dari tahu putih seperti ini enaknya diisi dengan daging sapi cincang, wortel cincang, dan irisan daun bawang,  lalu digorengnya hanya dilapisi telur kocok saja, dan dimakannya dengan cabai rawit hijau. Mungkin bunda pernah membeli tahu seperti itu di penjual kue basah di Mal.

Rasanya enak bukan? Lebih enak lagi kalau membuat sendiri lho Bunda … Cocok untuk dijadikan snack sore sambil ngeteh atau ngopi di sore hari yang gerimis seperti akhir-akhir ini ya …. hehe

Kebetulan di kulkas masih ada daging cincang sedikit. Kalau tidak ada daging cincang diganti telur juga enak Bunda. Kalau memakai telur, membuat isiannya ya ditumis dulu sayurannya trus terakhir dimasukkan telur kocoknya, seperti membuat orak-arik wortel begitu Bunda.

Oh iya, tahu hasil kerukan tadi bisa dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan di isian lho Bunda, ditumis bareng bahan yang lain, sayang kan kalau di buang  saja (tak mau rugi dot com). Teruus… di resep ini bahan pelapisnya saya gunakan tepung saja. Begini resep tahu isinya:

Resep tahu isi daging cincang dan wortel

Bahan:

  • 1 buah (300g) tahu China, potong menjadi 8 segitiga kecil
  • 50 g daging sapi cincang
  • 50 g wortel, parut dengan parutan keju
  • 40 g kentang, potong kecil-kecil
  • 4 buah buncis muda/baby buncis, iris tipis membulat
  • minyak untuk menggoreng dan menumis
  • 1/4 sdt gula
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdm saus tiram bila suka bila tidak menggunakan saus tiram tambah sedikit garamnya
  • 1 sdm tepung maizena

Bumbu, haluskan:

  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 sdt sdt garam

Bahan pelapis:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • air secukupnya

Cara membuat:

1. Lumuri tahu China dengan sedikit garam, diamkan 15-20 menit, lalu goreng hingga agak kecokelatan, angkat dan biarkan dingin. Setelah agak dingin, dengan hati-hati keruk bagian tengahnya dan keluarkan sebagian isinya. Sisihkan tahu yang sudah dikeruk, dan potong kecil-kecil tahu hasil kerukannya. Sisihkan.

2. Buat adonan isi: Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng, lalu masukkan daging cincang, aduk rata hingga warnanya berubah, beri air sedikit dan masak hingga daging cincang matang. Setelah airnya menyusut masukkan wortel, kentang dan buncis, aduk rata, lalu tambahkan tahu yang sudah dipotong kecil tadi. Bumbui merica dan gula pasir. Beri saus tiram bila suka, lalu cicipi dan koreksi rasanya. Tambahkan tepung maizena dan aduk rata. Angkat dan biarkan agak dingin.

3. Setelah agak dingin, masukkan isian ke dalam tahu yang bolong karena dikeruk isinya tadi. Hati-hati … jangan terlalu penuh supaya tidak jebol, tapi jangan terlalu sedikit juga nanti tidak ada rasanya.

4. Celup ke dalam adonan tepung dan goreng hingga matang, goreng seluruhnya dan sajikan hangat dengan sambal botol atau cabai rawit hijau.

5. Adonan tepung: Campur tepung terigu dan tepung sagu, bumbui garam dan merica, lalu encerkan dengan air secukupnya. Jangan lupa cicipi apakah sudah cukup asin atau belum.

Begitulah cara membuat resep tahu isi daging cincang dan wortel ini, selamat memasak dan menikmati … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *