Resep Sup Caisim, Wortel, dan Kol

Sup Caisim Enak

Cara memasak sup caisim, wortel, dan kembang kol

Biasanya caisim atau sawi hijau dengan wortel lebih sering dimasak sebagai cap cay, bisa dengan diberi tambahan udang, potongan daging ayam, sosis atau bakso yang enak tentunya. Rasanya sedap, dan biasanya seluruh keluarga menyukainya.

Sayur lain yang biasa ditambahkan di capcay bisa terdiri dari kol, kembang kol, sawi putih, brokoli, daun bawang, atau jagung muda.  Namun bila membuat cap cay semacam itu sudah mulai membuat bosan orang rumah, masih ada ide lain untuk memasak caisim dan wortel supaya menarik minat anak-anak dan anggota keluarga yang lain.

Untuk kali ini, caisim dan wortel dimasak sebagai sup. Rasanya segar, lumayan untuk membuat hangat badan di cuaca yang dingin ini. Supaya kuah supnya terasa lebih enak, saya menggunakan kaldu hasil rebusan daging sapi yang agak berlemak. Bila tak ada daging sapi atau tetelan, bisa juga membuat kaldu dari kaki ayam.

Kemudian, saya tambahkan juga di situ irisan beberapa bakso untuk membuat sup ini semakin mantap, kebetulan saja masih mempunyai beberapa buah bakso buatan sendiri. Bila tak ada bakso, bisa diganti dengan sosis, sama enaknya.

Supaya lebih cantik, saya tambahkan juga sedikit kembang kol. Maka jadilah sup dengan warna merah kuning hijau yang menarik ini. Sup ini kalau di rumah kami adalah sup kesayangan Ibu saya.

Maklum, di pasar tak jauh dari rumah kami di Jawa Tengah, selalu tersedia sayur-sayuran segar yang baru dipanen dari gunung, dan caisim serta wortel serta kembang kol adalah jenis sayuran yang paling mudah didapat karena hampir selalu tersedia.

Tak heran jika setiap kali Ibu ingin membuat sup, jenis sayuran pilihannya biasanya tiga jenis itu. Kadang-kadang Ibu juga mengganti kembang kol dengan brokoli. Terkadang ada tambahan buncis yang muda. Tapi bahan yang jarang diganti adalah caisim dan wortelnya.

Untungnya penghuni rumah tidak ada yang protes, anak-anak selama ini terlihat senang-senang saja menyantapnya. Mungkin karena kami tinggal di daerah yang berhawa sejuk, jadi sayuran panas selalu menyenangkan.

Bumbu yang bisanya digunakan Ibu saya sangat sederhana, yaitu bawang merah dan bawang putih yang diiris halus. Kemudian bumbu halusnya terdiri dari merica utuh dan garam.

Karena tujuannya untuk menghangatkan badan, dalam resep ini saya menambahkan sedikit jahe dan pala, sedang mericanya menggunakan merica bubuk.

Bagi yang ingin mencoba juga, ini dia resep selengkapnya;

Resep sup caisim, wortel dan kembang kol

Bahan:

  • 1 ikat sawi hijau atau caisim (sekitar 185 gram)
  • 2 buah wortel (kurang lebih 150 gram)
  • 1/2 bungkus kembang kol (sekitar 100 gram)
  • 8 buah bakso, iris-iris
  • 200 g daging sapi yang cukup berlemak, rebus hingga empuk, lalu dipotong-potong
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih ukuran besar
  • 1/2 sdt jahe
  • 1/4 sdt pala

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dengan sedikit minyak goreng hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, aduk-aduk kembali hingga harum, sisihkan.
  2. Siapkan panci, isi dengan air rebusan daging sapi lalu tambahkan airnya hingga menjadi 1400 ml, dan masak hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, masukkan wortel, potongan daging sapi dan bakso, lalu masak hingga wortel menjadi agak empuk. Setelah wortel menjadi agak empuk, tambahkan bumbu halus, sawi hijau (caisim) dan kembang kol, lalu biarkan airnya mendidih.
  4. Setelah kuahnya mendidih, tambahkan juga merica bubuk secukupnya, bersama garam dan gula, lalu  koreksi rasanya.
  5. Setelah rasanya pas, segera angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng, bersama dengan nasi dan lauk pauknya.

Catatan:

Daun sawi hijau ini bila masih muda biasanya cepat sekali empuk, jadi jika sudah dimasukkan sebaiknya jangan terlalu lama dimasak, begitu kuahnya mendidih dan bumbunya pas sebaiknya segera diangkat.

Begitulah cara memasak resep sup caisim, wortel, dan kembang kol ini, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *