Resep Sop bayam jagung

sup bayam

Membuat sop dari bayam dengan jagung manis

Sayur bayam dengan jagung manis lazimnya dibuat sayur bening dengan bumbu kunci. Rasanya segar dimakan di siang hari yang panas. Sebenarnya hari ini inginnya membuat sayur bening bayam. Kebetulan dari pasar tadi menemukan bayam yang bagus dan jagung manis yang masih benar-benar manis, mungkin baru dipetik.

Tapi sayangnya, ternyata di rumah sedang kehabisan kunci, kencur pun tak ada. Jadi akhirnya terpikir untuk dibumbui sop saja. Kebetulan di kulkas masih ada bakso dan tomat untuk tambahannya.

Saya memang selalu senang dengan sayuran bayam, barangkali waktu kecil ikut terinspirasi oleh film Popeye yang menjadi kuat banget setiap habis makan bayam, hihi. Entah mengapa bisa ada film seperti itu. Tapi film Popeye memang sangat membantu ibu-ibu mengajak anaknya untuk mengkonsumsi sayur bayam.

Saya dulu juga sering mengajak anak saya nonton film Popeye untuk membuat anak-anak mudah diajak makan sayuran. Memang tidak ada orang yang bisa menjadi kuat banget setelah makan bayam seperti Popeye, tapi sayur bayam memang baik untuk anak-anak.

Sayur bayam membantu membentuk tulang dan gigi karena mengandung kalsium dan magnesium. Dari warnanya yang hijau gelap saja sudah bisa ditebak kalau daun bayam banyak mengandung vitamin A, tentunya cocok sekali untuk menyehatkan mata orang sekarang yang tak pernah jauh dari laptop atau gadget.

Selain itu, bayam juga mengandung zat besi dan folat, yang baik untuk mencegah anemia. Daun bayam pun baik untuk ginjal serta organ pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, jadinya baik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Tapi kita perlu hati-hati juga bahwa sayuran hijau seperti  bayam ini terkadang tidak cocok untuk para penderita asam urat.  Barangkali teman-teman pernah mendengar tentang penderita asam urat yang mengalami ngilu di persendian setelah mengkonsumsi sayur bayam.

Kadar purin pada bayam memang cukup tinggi, tapi tentu tidak berarti setiap penderita asam urat akan bermasalah dengan bayam. Kebetulan saya kenal seorang penderita asam urat yang aman-aman saja makan sayur bayam dan kangkung, tapi begitu makan sayur daun singkong langsung ngilu persendiannya.

Hal lain yang perlu diingat, bayam juga bisa bersifat racun jika setelah matang dipanaskan kembali atau disimpan dalam waktu yang lama, karena zat besinya akan terurai atau teroksidasi. Senyawa nitrat pada bayam juga akan teroksidasi menjadi nitrit yang beracun.

Karena itu, sebaiknya masakan bayam ini segera dimakan dan dihabiskan tak lebih dari 5 jam setelah matang. Baiklah teman-teman, cukup cerita tentang bayamnya, kembali lagi kita ke resep sop bayam jagung berikut ini:

Resep Sop bayam jagung

Bahan:

  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 5 buah bakso, belah-belah
  • 500 ml air
  • 2 ikat daun bayam, petiki daun mudanya dan cuci bersih
  • 2 buah tomat cherry, belah-belah
  • 1 buah jagung manis ukuran besar, disisir, ambil jagungnya saja
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih yang sudah dimemarkan dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, setelah itu masukkan bakso dan masak hingga matang. Setelah bakso matang, tuang 500 ml air dan biarkan mendidih.
  2. Masukkan jagung manis dan masak hingga agak empuk, lalu masukkan bayam dan tomat, bumbui garam, merica bubuk, dan gula pasir, cicipi dan koreksi rasanya, sesudah pas biarkan mendidih, lalu langsung matikan apinya.
  3. Angkat dan sajikan segera mudah bukan membuat resep sop bayam jagung ini ?(IN)

Catatan:

Umumnya daun dan batang bayam sangat lunak, jadi begitu mendidih biasanya sudah cukup matang dan empuk, kecuali jika batang bayam nya keras, bisa dibiarkan mendidih sebentar lagi baru diangkat (IN).

Pencarian dari google:

4 Responses to Resep Sop bayam jagung

  1. silva yuli says:

    pasti uenak tenan supnya

  2. adriana says:

    menggoda sekali mba sup bayam jagungnya, jd kepingin buat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *