Resep siomay ayam udang keju

siomay dimsum ayam udang

Cara membuat siomay ayam udang keju

Hari ini adalah hari yang istimewa, yaitu hari pertama di tahun baru Islam 1438. Masak apa hari ini teman-teman? Ada rencana membuat camilan yang enak untuk dinikmati bersama keluarga?

Hari ini saya membuat camilan sehat, yaitu siomay ayam, udang, dan keju, dimakannya dengan saus sambal Bangkok. Maklum stok saus sambal yang ada di lemari hanya tinggal itu, lumayan cocok kok, dan jauh lebih cepat daripada membuat sendiri, hihi …

Sebenarnya di kompleks perumahan tempat saya tinggal, ada tukang bakpao yang suka membawa juga siomay. Siomaynya enak, tetapi sayang dia tidak berjualan setiap hari.  tidak enaknya kalau pas ingin makan tetapi abangnya pas tidak jualan.

Itulah awalnya yang membuat saya berusaha membuat siomay sendiri, toh bahan-bahannya juga tidak sulit dicari. Bahan utamanya daging ayam dan udang. Daging ayamnya kalau bisa gunakan bagian paha atas ya teman-teman, karena hasilnya jauh lebih gurih dan enak. Tapi kalau dapatnya bagian dada ya tidak apa-apa juga.

Supaya lebih berasa, daging ayam dan udangnya  sebaiknya dicincang dulu. Daging paha ayamnya dibersihkan dulu kulit dan lemaknya, lalu di potong kotak kecil ukuran 1 cm. Sesudah itu dimasukkan food processor atau copper, yaitu blender khusus daging.

Jangan terlalu lama di dalam copper ya, cukup 3-4 kali putaran saja. Jangan sampai hancur sekali, nanti jadi lembut dan jadi tidak terasa daging ayamnya. Kalau tidak ada food processor atau copper bisa dicincang saja ayamnya pakai pisau.  Udang memang dicincang saja, tak perlu diproses dengan copper.

Setelah dagingnya siap, kita siapkan bahan lainnya, yaitu bangkuang, bawang bombai, bawang putih, minyak wijen, kecap asin, saus jamur, garam, gula, wortel, dan tentu saja kulit pastel. Bawang bombainya dicincang, bangkuang sama wotelnya diparut dengan parutan keju. Ada yang menggunakan daun bawang, tetapi saya tidak karena kebetulan sedang tidak punya.

Bumbunya sesuai selera ya teman-teman. Ada yang senang menggunakan merica, tetapi saya tidak suka jadi dalam resep ini tidak menggunakan bumbu merica. Saya senang siomay yang rasanya lembut, gurih, dan agak manis begitu, jadi tidak memerlukan merica. Supaya lebih gurih saya juga menggunakan parutan keju.

Kulit pastelnya membeli jadi di supermarket. Tips memilih kulit pastel,  jangan pilih yang tebal dan kaku ya, yang tipis saja supaya nanti membentuknya mudah. Kulit pastel yang tebal dan kaku, selain sulit dibentuk juga sulit menempel ke siomaynya. Perhatikan bedanya, pada foto di atas saya menggunakan kulit pastel yang tipis dan lembut, hasilnya seperti itu, sementara pada foto di bawah, saya menggunakan kulit pastel yang tebal dan kaku.

contoh siomay dengan kulit pastel yang tebal

Ini contoh siomay jika menggunakan kulit pastel yang tebal dan kaku.

Selengkapnya, begini resep siomay ayam, udang, dan keju:

Untuk: sekitar 20 siomay (hasil jadinya tergantung besar kecilnya ukuran siomay)

Bahan:

  • 350 g daging paha atas ayam tanpa tulang, singkirkan kulit dan lemaknya, potong dadu ukuran 1 cm, lalu proses sebentar dengan copper atau food processor, kalau tidak ada bisa di cincang sendiri saja.
  • 150 g udang yang sudah dikupas sampai bersih, cincang
  • 1 buah bangkuang, parut dengan parutan keju
  • 60 g bawang bombai, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm keju parut
  • 2 sdm susu bubuk
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 kuning telur
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdt kecap asin
  • 2 sdt saus jamur
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 20 lembar kulit pastel untuk membungkus
  • parutan wortel secukupnya (gunakan wortel impor supaya warnanya orange cantik)

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kecuali parutan wortel, lalu aduk dengan baik sehingga benar-benar rata.

2. Setelah rata benar, perlu dicoba dulu apakah rasanya sudah pas. Caranya bisa dengan merebus air di panci kecil hingga mendidih lalu tuang sesendok adonan. Tunggu sampai adonan matang, tandanya yaitu mengambang di air. Seperti membuat bakso atau pempek. setelah matang langsung diangkat, biarkan agak dingin lalu cicipi apakah rasanya sudah pas. Koreksi rasanya sampai pas betul, baru mulai dibentuk siomaynya.

3. Ambil selembar kulit pastel, tuang sesendok adonan di tengahnya, lalu bentuk seperti bunga. Beri sedikit parutan wortel di bagian atasnya. Taruh di dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak goreng. Kerjakan hingga semua selesai dibentuk.

4. Siapkan kukusan, olesi permukaannya dengan minyak goreng lalu panaskan. Setelah panas dan beruap, taruh siomay di dalam kukusan lalu tutup rapat. Bungkus dulu tutup kukusan dengan lap bersih ya teman-teman ….

5. Kukus siomay sekitar 20-25 menit atau hingga matang (IN).

Jadi begitulah cara membuat siomay ayam, udang dan keju … selamat menikmati…

Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 ya teman-teman … semoga kita semua mampu untuk hijrah menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna, serta selalu berada dalam bimbingan dan ridho Nya…. Amiiin ….

Pencarian dari google:

2 Responses to Resep siomay ayam udang keju

  1. 99 Recipe says:

    mantappp…
    izin nyobain kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *