Resep serabi kuah santan gurih

Serabi kuah kinca

Cara membuat serabi kuah

Ada yang suka serabi? Banyak orang yang suka serabi karena enak dan gurih rasanya. Serabi cocok untuk dinikmati sebagai snack sehari-hari. Begitu juga untuk snack di berbagai acara keluarga maupun acara kantor.

Serabi ada dua jenisnya, yaitu serabi manis dan serabi gurih. Kedua jenis serabi ini sama-sama enak dan digemari. Seiring dengan perkembangan jaman, kini keduanya menjadi semakin bervariasi dengan aneka jenis topping menarik.

Serabi yang manis bisa diberi toping meisses, keju parut, atau topping buah-buahan seperti stroberi, pisang, atau nangka. Bisa juga disajikan dengan kuah santan. Sementara serabi yang gurih bisa diberi topping seperti tumis oncom, potongan daging ayam, sosis, atau telur ceplok. Teman-teman lebih suka yang mana?

Membuat serabi tidak sulit, karena bahannya mudah didapat, cetakannya yang terbuat dari tanah liat pun tersedia. Bagi yang tidak mempunyai cetakan serabi dari tanah liat, bisa saja menggunakan wajan teflon atau cetakan kue lumpur.

Bila kita melihat resep-resep jadul, serabi umumnya dibuat dari tepung beras dengan campuran kelapa agak muda yang diparut dan santan kelapa. Karena itu, rasanya gurih sedap.

Namun di resep-resep yang kini banyak bertebaran di internet, banyak resep serabi yang menggunakan campuran terigu. Penambahan terigu tentunya membuat tekstur serabi menjadi lebih lembut.

Ada juga serabi yang bahannya hanya menggunakan tepung terigu dan telur, biasanya disebut serabi telur.

Sedangkan kelapa muda parut, ada yang masih menggunakan tetapi ada juga yang sudah tidak memakainya lagi.

Dalam resep kali ini, saya menggunakan campuran tepung beras dan tepung terigu dengan sedikit kelapa parut. Tambahan sedikit kelapa parut ini maksudnya supaya serabi menjadi lebih gurih dan enak. Tapi ini optional ya, bila tidak memakai juga tidak apa-apa.

Baiklah teman-teman, bagi yang ingin tahu resepnya, bisa melihatnya di bawah ini:

Resep Serabi Kuah Santan Gurih

Bahan:

Serabi

  • 150 g tepung terigu serbaguna
  • 100 g tepung beras
  • 31/2 sdm gula pasir
  • 3 sdm kelapa parut yang muda
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt ragi instant (fermipan)
  • 400 ml santan encer
  • 1/2 sdt garam halus
  • 50 ml jus pandan suji/3 tetes pasta pandan

Kuah:

  • 300 ml santan
  • 75 g gula merah, disisir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm tepung kanji, larutkan dengan air secukupnya.
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung terigu, ragi, tepung beras, dan garam. Aduk hingga rata lalu masukkan santan encer, aduk adonan hingga rata dan licin baru tambahkan kelapa parut dan baking powder, lalu aduk kembali hingga rata. Istirahatkan adonan setidaknya 30 menit.
  2. Ambil sesendok sayur adonan, lalu tuang di cetakan serabi yang sudah diolesi minyak goreng dan panggang dengan api kecil. Biarkan muncul gelembung-gelembung kecil dulu, baru tutup cetakan serabi. Balik segera setelah tampak matang lalu biarkan matang bagian lainnya (saya menggunakan cetakan kue lumpur supaya cepat).
  3. Angkat dan tuang adonan berikutnya, begitu terus hingga seluruh adonan habis dipanggang.
  4. Sajikan serabi bersama kuah santan. Sebagai variasi, supaya lebih sedap, kuah santan bisa diberi tambahan buah durian atau potongan buah nangka.

Kuah santan:

  1. Rebus santan bersama gula merah, garam, dan selembar daun pandan.
  2. Setelah gula larut, segera masukkan larutan tepung kanji dan aduk-aduk hingga menjadi kuah santan yang agak kental.
  3. Angkat dan sajikan bersama serabi.

Jadi begitulah cara membuat resep serabi kuah santan gurih, mudah bukan? Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *