Resep Sempol Ayam Wortel

Sempol Ayam Enak

Cara Membuat Sempol Ayam Wortel

Selamat sore teman-teman, apa acara week end ini? Pergi jalan-jalan, mengunjungi mal terdekat untuk berbelanja, atau nonton TV di rumah bersama keluarga? Berhubung tidak ada rencana bepergian, hari ini saya membuat camilan buat teman nonton TV di rumah.

Salah satu camilan yang bisa dengan mudah dan cepat dibuat tapi cukup favorit adalah sempol ayam. Meskipun judulnya sempol ayam, sebenarnya bahannya tidak harus daging ayam saja lho, bisa saja dicampur dengan udang. Rasanya jadi lebih enak lagi.

Namun apa daya, kebetulan stok di freezer hanya daging ayam cincang dan sudah dicairkan dari kemarin. Waktu membeli daging ayam cincang ini juga sebenarnya niatnya sebenarnya mau dibuat nugget. Tapi ternyata tidak sempat-sempat membuatnya. Karena sudah week end, lebih baik dijadikan snack sore saja, hihi.

Bagi yang belum tahu, sempol ayam ini adalah camilan yang berasal dari Malang. Terbuat dari daging ayam cincang yang dibumbui kemudian dicampur dengan cukup banyak tepung tapioka dicampur dengan tepung terigu dan telur. Jadi sempol ini teksturnya memang tidak lembek, tapi cenderung legit dan kenyal.

Rasanya gurih, dengan bagian luar yang krispi karena terbuat dari kocokan telur yang digoreng garing. Biasanya dinikmati dengan saus sambal. Lebih enak lagi jika ditambah dengan mayonaise, rasanya hmmm….

Supaya lebih sehat, sempol ini saya beri campuran wortel, daun bawang, dan seledri yang dipotong kecil-kecil. Jadi penggunaan tepungnya juga tidak perlu terlalu banyak.

Untuk membentuk sempol ayam, bentuk dan ukurannya disesuaikan saja dengan selera masing-masing. Bila membentuknya agak tipis memanjang, hasilnya bisa lebih banyak. Lagi pula sempol ini sebelum disajikan digoreng dulu dengan dibalur kocokan telur, balurnya bisa dua lapis bila ingin terlihat agak tebal.

Saya membuatnya cenderung besar-besar, jadi dari bahan 250 gram daging ayam, hasilnya hanya kurang lebih 15 buah saja. Bila teman-teman membuatnya lebih tipis, hasilnya bisa lebih banyak.

Sempol ayam habis direbus

Sempol ayam siap digoreng

Resep Sempol Ayam

Hasil: kurang lebih 15 buah

Bahan:

  • 250 gram daging ayam cincang
  • 150 gram tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah wortel ukuran sedang, kupas, potong kotak kecil
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 tangkai seledri, iris tipis
  • Kaldu ayam bubuk bila suka
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Bumbu, haluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt merica utuh

Pelengkap:

  • Mayonnaise secukupnya
  • Saus sambel secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masukkan bumbu halus dan kaldu ayam bubuk ke dalam kocokan telur, lalu kocok hingga tercampur rata. Setelah itu tuangkan kocokan telur berbumbu ke dalam daging ayam cincang lalu aduk-aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya masukkan potongan wortel, daun bawang, dan seledri ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata. Terakhir masukkan tepung tapioka dan tepung terigu. Aduk kembali hingga rata dan menjadi adonan yang dapat dipulung.
  3. Ambil sedikit adonan, masukkan ke dalam air mendidih dan angkat setelah mengapung. Cicipi adonan adonan yang sudah direbus lalu koreksi rasa adonannya, beri tambahan garam, gula, dan merica bubuk bila perlu.
  4. Setelah rasanya pas, olesi telapak tangan dengan sedikit minyak goreng, lalu ambil sesendok adonan, buat bentuk bulat lalu pipihkan dan bentuk memanjang.  Membentuk adonan juga bisa dilakukan dengan menggunakan plastik. Olesi plastik dengan minyak goreng supaya adonannya tidak lengket. Kerjakan hingga semua adonan selesai dibentuk.
  5. Setelah adonan selesai dibentuk, rebus air kira-kira 1-2 liter dan beri sedikit minyak goreng.  Setelah mendidih, masukkan sempol satu demi satu ke dalam air mendidih, tunggu hingga mengapung, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Kocok sebutir telur, beri garam, bawang putih bubuk dan merica bubuk secukupnya.  Celupkan sebuah sempol ke dalam kocokan telur lalu goreng hingga matang kecokelatan. Bila ingin lebih tebal, sempol bisa digoreng sebentar lalu dicelupkan sekali lagi ke kocokan telur lalu digoreng kembali hingga matang.
  7. Goreng semua sempol hingga matang, Angkat dan tiriskan, lalu sajikan dengan saus sambel dan mayonaise.

Begitu cara memasak resep sempol ayam sayur. Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *