Resep Schotel Mie

Schotel Mie Sedap

Cara Memasak Schotel Mie

Schotel jelas bukan masakan Indonesia asli, tetapi makanan ini sudah kita kenal sejak lama, kemungkinan termasuk kelompok makanan yang dikenal orang Indonesia dari Belanda sejak jaman penjajahan dulu.

Jika dilihat dari namanya, schotel adalah bahasa Belanda yang berarti piring atau pinggan. Dari bentuknya, bisa dikatakan schotel merupakan hidangan sepinggan khas Belanda. Sayangnya, belum banyak keterangan yang bisa ditemukan yang berhubungan dengan makanan ini.

Schotel disukai orang karena lezat rasanya dan praktis cara memasaknya. Masukkan saja semua bahan ke dalam wadah tahan panas, lalu masak di dalam oven. Dalam waktu tak sampai satu jam sudah jadi deh.  Saya senang membuat schotel saat bulan Ramadhan seperti ini.

Schotel ini, buat saya sangat cocok untuk dinikmati sehabis tarawih. Terutama untuk dimakan beramai-ramai bersama keluarga. Maklum, biasanya saat berbuka tidak banyak yang sempat dimakan karena segera menunaikan sholat Maghrib.

Sehabis Maghrib, terkadang baru makan sedikit rasanya sudah kenyang saja. Tak heran begitu selesai tarawih rasanya sudah lapar kembali, tetapi biasanya saat itu sudah malas untuk kembali makan nasi.

Itulah sebabnya, saya senang menyediakan masakan praktis yang cukup mengenyangkan seperti schotel ini. Apalagi disajikan hangat-hangat bersama sambal botol.

Biasanya schotel dibuat dari makaroni elbow, tetapi kali ini saya ingin menggunakan bahan yang mudah didapat di rumah saja, yaitu mie instan, hihi.. Jangan kuatir, bahan yang akan kita gunakan hanya mienya saja.

Bumbunya yang berpengawet itu disisihkan saja, tidak usah dipakai. Bila tak mau mie instan, teman-teman juga bisa menggantinya dengan mie telor biasa.

Untuk Resep Schotel Mie ini saya hanya mengisinya dengan daging sapi cincang, daging asap (Bila tak ada daging asap bisa diganti dengan cornet atau sosis), dan serutan wortel saja. Tak lupa saya membuat juga saus keju untuk disiram di bagian atasnya dan taburan keju yang cukup.

Keju yang digunakan di sini  hanya keju cheddar saja seluruhnya. Rasanya sudah cukup lezat kok. Memang akan lebih lezat lagi kalau menggunakan dua macam keju, misalnya untuk bagian isi menggunakan keju cheddar, lalu taburannya menggunakan keju parmesan.

Dengan begitu rasa gurih dan wangi kejunya akan semakin terasa, tapi hati-hati untuk yang sudah memiliki keluhan kolesterol ya, karena keju termasuk makanan yang kandungan kolesterolnya cukup tinggi.

Untuk penyedapnya, saya menggunakan kaldu sapi yang tak mengandung MSG. Sedangkan jenis susunya, bagi yang ingin mengurangi lemak dapat menggantinya dengan susu low fat.

Hati-hati juga saat membubuhkan garam nanti, karena bawang bombay ditumis dengan margarin yang sudah berasa asin, penggunaan kejunya juga lumayan banyak. Jadi menaburkan garamnya sedikit demi sedikit saja.

Baiklah teman-teman, ini dia resep selengkapnya:

 

Schotel Mie Enak Mudah

Schotel Mie

Resep Schotel Mie

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah mie instan (saya menggunakan 1 buah mie goreng jumbo dan 1 mie rasa ayam bawang), rebus sebentar hingga agak empuk atau seduh dengan air panas, lalu tiriskan.
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 150 g daging sapi cincang
  • 4 lembar daging asap atau kornet atau sosis, potong kecil-kecil
  • 250 ml susu full cream tanpa rasa (plain)
  • 150 g keju cheddar, diparut lalu dibagi tiga sama banyak
  • 1 buah wortel ukuran besar, diserut halus
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk atau secukupnya
  • 1/4 sdt pala bubuk atau secukupnya
  • 1/3 sdt garam atau secukupnya
  • 1/3 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1/2 sdt oregano atau secukupnya bila suka
  • Margarin secukupnya untuk menumis
  • 2 sdm tepung terigu untuk membuat saus keju

Cara membuat:

  1. Tumis sebagian bawang bombay dengan margarin hingga harum, lalu tambahkan bawang putih, aduk-aduk kembali hingga harum.
  2. Masukkan daging cincang, beri merica bubuk secukupnya, lalu aduk-aduk hingga warnanya berubah.
  3. Tuang sebagian susu lalu masak daging hingga matang, selanjutnya masukkan daging asap dan serutan wortel, aduk hingga rata, lalu masukkan kocokan telur dan mie yang sudah diseduh.
  4. Aduk seluruhnya hingga rata sambil dibumbui garam, gula pasir, oregano (bila suka) dan pala bubuk, cicipi dan koreksi rasanya, lalu matikan apinya setelah adonan agak kental.
  5. Selanjutnya,  masukkan 50 gram parutan keju. Aduk rata lalu tuang ke dalam mangkuk tahan panas yang sudah diolesi dengan margarin.
  6. Membuat saus keju: gunakan wajan yang berbeda untuk menumis sisa bawang bombay dengan margarin hingga harum, lalu tambahkan tepung terigu, aduk-aduk hingga tepung terigu matang. Tuang sisa susu, aduk hingga rata, lalu tambahkan sedikit saja garam dan juga 50 g keju parut, aduk hingga rata.
  7. Setelah adonan mengental, angkat dan tuang di bagian atas campuran mie tadi. Selanjutnya tuang sisa keju di bagian atasnya.
  8. Masukkan schotel mie ke dalam oven di rak bagian tengah, dan panggang hingga matang dalam suhu 160 derajad selama 30 menit. Bila ingin kejunya berwarna kuning kecokelatan, keluarkan schotel 10 menit sebelum matang, lalu pindahkan posisinya ke rak di atasnya.
  9. Angkat setelah schotel matang, sajikan hangat bersama sambal botol.

Begitulah cara mudah membuat Resep Schotel Mie. Semoga cocok dengan selera teman-teman semua (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *