Resep sayur tempe semangit pedas dengan tetelan

Sayur tempe semangit pedas dengan tetelan enak

Tempe semangit mungkin teman-teman sudah pada tahu. Iya.. itu tempe yang sudah beberapa hari menginap di dalam kulkas sehingga mulai muncul aromanya yang sedap.

Meskipun kemarin sudah dibuat tempe bacem, ternyata masih banyak juga sisa tempe di dalam kulkas, yang jadinya rada telat dimasak. Jadi hari ini saya berniat memanfaatkan sebagian tempe semangit itu untuk menu makan siang.

Tempe yang semangit begitu biasanya enak dibuat sayur pedas dicampur dengan daging sop. Kebetulan memang masih punya stok sedikit daging sop, sisa petai (cukup sebagai penyedap saja), dan juga segenggam daun melinjo yang biasanya untuk membuat sayur lodeh (bisa juga diganti daun kemangi).

Dulu jaman saya masih sekolah, sayur tempe semangit dengan daging sop yang dibuat super pedas seperti itu adalah andalan Ibu saya saat ingin membuat masakan istimewa untuk mertuanya atau kakek saya.

Entah mengapa, kakek saya tidak mirip orang Jawa pada umumnya yang suka masakan manis. Beliau justru suka sekali masakan yang super pedas. Mungkin karena kakek hobi sekali jalan-jalan, sehingga kenal masakan dari luar daerahnya.

Kami sampai hapal sekali bahwa percuma saja menyajikan lauk model bacem-baceman untuk kakek, meskipun sangat khas Jawa Tengah, pasti tak akan dilirik. Apalagi telur goreng, kalau disajikan begitu saja pasti dicuekin, tapi kalau dibuat sayur pedas baru deh dicolek.

Sayur pedas dari tempe semangit dan daging sop ini adalah salah satu favorit kakek. Ibu selalu memasaknya dengan hati-hati. Karena masakan-masakan itu, setiap kali berkumpul dengan keluarga besarnya kakek selalu saja menceritakan betapa baik hati mantu perempuannya. Alhasil di keluarga Bapak saya, ibu sangat terkenal sebagai mantu yang baik, mantu idaman, hihihi…

Sebagian orangtua, ternyata memang ada yang menjadi penggemar masakan pedas. Bisa saja hal ini disebabkan karena indera perasanya menjadi kurang tajam, sehingga mereka butuh makanan dengan bumbu tajam supaya bisa merasakan enak.

Namun tentunya tidak setiap orangtua demikian. Ada juga orang tua yang justru menjadi sangat sensitif sehingga tidak bisa makan makanan yang berbumbu tajam. Pedas sedikit saja sudah merasa sangat berlebihan. Dengan orang tua, sepertinya kita lebih aman bertanya dulu apakah mereka bisa menerima masakan pedas atau tidak.

Baiklah teman-teman, bagi yang ingin mencoba sayur pedas dari tempe semangit, bisa melihat resep selengkapnya di bawah ini. Saya membuatnya tidak pedas sekali, sedang saja. Jadi penggemar pedas bisa menambahkan sendiri. Bagi yang tidak suka petai silahkan di skip saja.

Sayur tempe semangit pedas dengan tetelan enak

Sayur tempe semangit pedas dengan tetelan

Resep sayur tempe semangit pedas dengan tetelan

Bahan:

  • 150 g tempe semangit, dipotong kecil-kecil saja
  • 200 g tetelan atau daging sop (diganti kikil juga enak), rebus hingga empuk, potong dadu, sisihkan airnya kira-kira 11/2 gelas
  • 5 mata petai, dipotong kecil-kecil saja
  • 1 genggam daun melinjo, siangi dan ambil daun mudanya
  • 150 ml santan, encer saja
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan atau iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kaldu sapi bubuk bila suka

Bumbu iris:

  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 8 buah cabai hijau besar (semakin banyak semakin enak), potong serong
  • 10 buah cabai rawit hijau, potong serong

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah hingga harum, lalu masukkan bawang putih, tumis kembali hingga harum, selanjutnya masukkan berturut-turut potongan tetelan, petai, dan irisan cabai hijau dan cabai rawit hijau, aduk-aduk hingga cabai hijau dan cabai rawit hijau agak layu.
  2. Selanjutnya masukkan daun salam, lengkuas, tempe dan daun melinjo, aduk-aduk lalu tungkan santannya, masak hingga kuahnya mengental dan bumbunya meresap.
  3. Beri garam dan gula merah secukupnya, beri kaldu sapi bubuk bila memakai, cicipi dan koreksi rasanya.
  4. Setelah pas segera angkat dan sajikan hangat bersama nasi dan lauk atau sayuran yang lainnya.

Begitu caranya memasak resep sayur tempe semangit pedas dengan tetelan. Semoga bermanfaat. IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *