Resep sayur godog pepaya muda khas Betawi

sayur godok pepaya muda umumnya dimakan berasama ketupat

Membuat sayur godog pepaya muda khas betawi

Sayur godok yang terbuat dari pepaya muda, adalah masakan sayur yang biasanya dimasak oleh masyarakat Betawi sebagai teman makan ketupat. Jadi sayur godog ini umumnya selalu muncul di hari lebaran, atau untuk disajikan di acara perayaan lainnya.

Di pasar-pasar di Jakarta, terutama di sekitar tempat tinggal masyarakat betawi, setiap 2-3 hari menjelang  lebaran, para pedagang sayur di pasar biasanya sudah ramai menjajakan pepaya muda dan kacang panjang selain kulit ketupat.

Masakan sayur godok pepaya muda ini, sehari-harinya juga merupakan salah satu pilihan menu sarapan masyarakat Betawi, yang umumnya disajikan bersama lontong dan kerupuk sagu, ditambah dengan semur tahu, telur, atau jengkol, tentunya dengan sambal yang nendang. Rasanya gurih, sedap, dan pedas.

Bila teman-teman berada di Jakarta dan sekitarnya, akan dengan mudah menjumpai makanan ini di pagi hari di setiap sudut kota. Biasanya, penjualnya juga menyediakan nasi uduk atau nasi kuning/ nasi ulam bersama dengan orek tempe, kentang balado, bihun goreng, tahu isi, tempe goreng tepung, dan bakwan sayur.

Sayur godog dengan pelengkapnya yang terdiri dari lontong, kerupuk sagu, gorengan, dan semur, juga cukup populer untuk disajikan dalam acara pertemuan ibu-ibu seperti pengajian, arisan, dll. Selain enak dan mengenyangkan, makanan ini sudah merupakan satu set menu yang lengkap serta cukup bergizi.

Makanan ini hingga saat ini juga masih cukup populer, tidak membosankan, dan disukai banyak orang.

Sebenarnya masakan sayur godok ini bisa juga dibuat dari labu siam, jadi tidak harus menggunakan pepaya muda karena rasa dan bentuknya tampak hampir sama setelah dimasak. Namun menurut masyarakat setempat, penggunaan papaya muda akan memberikan warna yang jauh lebih menarik.

Setelah bercampur dengan kuah santan yang dibumbui dengan banyak cabai merah, maka warna putihnya akan berubah menjadi merah menyala. Selain itu, penggunaan pepaya muda juga akan membuat sayur godog tak mudah hancur. Jadi bisa tahan selama beberapa hari di saat lebaran.

Resep sayur godog pepaya muda khas Betawi:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg buah pepaya muda, kupas dan serut tipis memanjang, sisihkan
  • 1 buah kelapa, parut dan ambil santannya, pisahkan 500 ml santan kental dan 750 ml santan encer
  • 3 lembar daun salam
  • 5 cm lengkuas kupas, memarkan
  • 1 buah petai, kupas dan potong 2
  • seikat kacang panjang (bila suka), cuci bersih dan potong-potong
  • 1 1/2 sdt garam
  • 85 g gula merah, diiris tipis
  • 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya (saya menggunakan yg no msg)

Bumbu, haluskan dengan blender, beri sedikit air:

  • 50 g cabai merah besar
  • 50 g cabai merah keriting
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih besar
  • 20 g udang rebon
  • 1/3 sdt terasi

Cara membuatnya:

1. Tumis bumbu halus hingga matang, beri sedikit minyak goreng dan tambahkan minyak gorengnya jika tumisan terlihat mengering. Angkat setelah betul-betul matang, sisihkan.

2. Masak santan encer sampai agak mendidih, lalu masukkan pepaya serut, petai, kacang panjang yang telah dipotong-potong, daun salam, lengkuas. Jika semua sayuran sudah agak empuk, masukkan bumbunya, lalu aduk hingga rata.

3. Masukkan santan kental, garam dan gula, cicipi dan koreksi rasanya. Setelah mendidih, selanjutnya angkat dan sajikan bersama ketupat dan makanan pelengkapnya yang lain, dan beri taburan bawang merah goreng.

Begitulah cara memasak sayur godog pepaya muda khas Betawi teman-teman, mudah saja bukan? Sedikit ribet memang, tapi tak apa-apa bukan? Biasanya semua orang senang mengerjakannya karena sebentar lagi lebaran tiba. Waktunya kita berbahagia dan berkumpul bersama keluarga (IN).

Catatan:

1. Bumbu halus harus benar-benar dimasak hingga matang supaya enak rasanya dan sayurannya pun setelah matang tidak cepat basi.

2. Untuk mendapatkan warna merah menyala, sebelum diblender sebaiknya rebus dulu cabai merah keriting dan cabai merah besar kira-kira selama 10 menit.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *