Resep sayur asem berkuah bening

sayur asem sederhana

Cara membuat sayur asem yang sederhana

Segarnya sayur asem sulit ditolak siapa saja. Apalagi bila disajikan komplit bersama teman-temannya, yaitu sambal terasi yang nendang, ayam atau ikan goreng, tahu dan tempe goreng, ikan asin goreng dan aneka lalapan seperti daun singkong dan pepaya rebus, mentimun, daun kemangi dan poh-pohan.

Terkadang ada juga yang menambahkan aneka pepes seperti pepes ikan mas, pepes jamur, atau pepes tahu. Jangan lupa sediakan juga nasi pulen yang mengepul hangat …. hmmmm… sangat menggoda bukan?

Menu sayur asem komplit ini seringkali menjadi pilihan banyak orang di saat acara makan bersama, baik di rumah, di kantor, atau di restoran. Sepertinya menu ini selalu pas saja disajikan untuk berbagai acara, seperti arisan, pengajian, perpisahan, atau sekedar berkumpul bersama teman-teman.

Yang pasti acara ini hampir selalu sukses besar dalam hal membuat orang jadi makan banyak dan melupakan dietnya, hehe …

Sayur asem tidak hanya dikenal masyarakat Jawa Barat saja, karena masyarakat Betawi juga memiliki sayur asem yang khas. Saya yang terbiasa dengan sayur asem Jawa Barat, dulu sempat terkaget-kaget saat pertama mencoba sayur asem khas Betawi yang menggunakan kacang tanah masih berkulit (pertanyaan pertama saya … bersih tidak ya mencucinya?).

Malah ada juga yang memasukkan petai cina dengan kulitnya. Lalu ada  yang menambahkan oncom, dan ada yang menggunakan potongan daging sapi. Kalau tambahan terakhir ini pasti semuanya suka karena membuat sayur asem semakin enak rasanya.

Kuah sayur asem juga berbeda-beda. Ada sayur asem yang kuahnya bening, ada yang kuahnya agak keruh karena dibumbui dengan terasi dan kemiri, dan asamnya memakai asam jawa.

Ada juga sayur asem yang kuahnya memerah karena menggunakan tomat untuk rasa asamnya, ada yang memblender halus kacang tanah bersama bumbunya sehingga kuahnya terasa gurih dan segar. Semua itu tergantung selera dan kebiasaan di masing-masing keluarga.

Tapi meskipun banyak variasinya, untungnya sayuran utama pada sayur asem umumnya masih sama, yaitu kacang panjang, jagung manis, labu siam, pepaya muda, nangka muda, serta buah dan daun melinjo.

Itu tadinya pendapat saya sampai seorang teman dari Jawa Timur memasak sayur asem yang beda lagi versinya, dia menggunakan tauge kedelai dan kangkung saja. Hmm … bisa jadi daerah-daerah lain juga memiliki versi sayur asem yang lain lagi kan?

Baiklah teman-teman, hari ini saya ingin membuat sayur asem berkuah bening yang sederhana saja. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis, bumbunya cukup diiris saja. Bila teman-teman belanja di tukang sayur, biasanya sudah dibuat satu paket oleh abang tukang sayur, terdiri dari kacang panjang, jagung manis, labu siam, pepaya muda, nangka muda, buah dan daun melinjo, lengkap dengan asamnya, yaitu asam muda.

Kita tinggal menyesuaikan penggunaan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai keriting, dan kacang tanah (kacang tanah biasanya juga sudah dikemas dalam kantong kecil). Tapi dalam resep ini saya tidak menggunakan pepaya muda, hanya labu siam saja.

Resep sayur asem berkuah bening

Bahan:

  • 1 buah jagung manis, potong-potong setebal 1 1/2 cm
  • 150 gr nangka muda, potong dadu
  • 2 sdm buah melinjo
  • 6 lonjor kacang panjang, buang ujungnya dan potong-potong 2 cm
  • 100 gr labu siam, kupas dan potong dadu
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, kupas dan iris agak tebal
  • 3 buah cabai hijau besar, potong serong
  • 2 buah cabai merah keriting, potong serong
  • 2 buah asam muda, memarkan
  • 10 lembar daun melinjo yang sudah dibuang tangkainya
  • 11/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1600 ml air

Cara membuat:

1. Didihkan air, lalu masukkan sayurannya, mulai dari jagung manis, lalu nangka muda dan buah melinjo.

2. Setelah nangka muda setengah matang masukkan kacang panjang dan labu siam, lalu masukkan bumbunya, mulai dari bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas, asam muda, cabai merah dan cabai hijau.

3. Terakhir masukkan daun melinjo, beri garam dan gula pasir, lalu cicipi apakah rasanya sudah pas. Angkat setelah semua sayuran matang dan sajikan  segera bersama sambal terasi dan ayam atau ikan yang digoreng kering, plus tahu dan tempe goreng. Selamat makan ….

Catatan:

Begitu teman-teman, resep sayur asam berkuah bening ini. Bila ingin kacang panjangnya tidak terlalu matang dan masih tetap segar dan hijau, masukkan belakangan saja, bersama bumbu-bumbu.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *