Resep sambel tumpang khas Solo

Resep Sambel Tumpang Khas Solo

Cara membuat sambel tumpang khas Solo

Masakan kali ini masih dalam rangka menghabiskan sisa tempe semangit, jadi masakannya khas masakan kampung, dan tentunya Jawa sekali, hihi. Semoga saja teman-teman tidak bosan melihatnya. Soalnya tempenya dikirim dari kampung halaman, dari jenis tempe yang enak dan dibungkus daun satu demi satu begitu. Jadinya sayang kalau sampai busuk tidak termakan.
Kali ini saya memasak sambel tumpang gaya Solo.  Sambel tumpang memang salah satu masakan sayur yang dibuat menggunakan tempe semangit. Tempe semangit yang bagus biasanya terbuat dari tempe yang diproduksi di Jawa.
Saya pernah mencoba membuat sambel tumpang dengan tempe semangit asli Depok. Hasilnya ternyata asem. Beda sekali rasanya dengan tempe dari Jawa. Mungkin saja ragi yang digunakan berbeda.  Itulah sebabnya rada ngotot, tempe dari Jawa ini meskipun sudah semangit masih tetap diusahakan jadi masakan, hihihi …
Lazimnya, sambel tumpang disajikan bersama sayuran rebus, caranya dengan disiramkan di atas sayuran rebus itu. Jadi termasuk masakan sehat sebenarnya. Biasanya saya membuat seperti itu.
Namun kali ini saya tidak membuat sayuran rebus, hanya sambel tumpangnya saja. Saya memasaknya menggunakan tahu goreng dan kerupuk kulit. Rencananya mau dimakan dengan nasi saja. Karena kebetulan masih punya  sayuran yang lain.
Bumbu dan cara memasaknya sama saja dengan sambel tumpang koyor Salatiga. Bedanya hanya di bahannya saja, orang Solo rupanya lebih suka menggunakan krecek untuk sambel tumpang. Menurut saya sama saja enaknya.
Karena stok tempe semangitnya hanya tinggal sedikit, jadi saya membuatnya juga hanya sedikit. Tahu gorengnya sebungkus (isi 10 buah tahu), kerupuk kulitnya juga hanya sebungkus, itu juga beli dari tukang sayur, karena stok dari kampung sudah expired, kelamaan tidak dimasak.
Kali ini, untuk membuat warna kuahnya agak memerah, saya menggunakan cabai merah keriting agak banyak. Saya juga menggunakan cabai rawit merah, tetapi saya biarkan utuh saja, supaya tidak kelewat pedas.
Baiklah bagi teman-teman yang ingin tahu resep selengkapnya, mari simak resep berikut ini:
Sambel Tumpagn khas Solo Sedap

Sambel Tumpang Khas Solo

Resep Sambel Tumpang khas Solo

Bahan:
  • 1 bungkus tahu goreng isi 10
  • 1 bungkus kerupuk kulit,rendam air sebentar lalu tiriskan dan sisihkan
  • 3 buah tempe semangit (jenis tempe bungkus, kira-kira beratnya 100 gram)
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 4 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabai rawit, biarkan utuh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kaldu sapi bubuk bila suka
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu
  • 100 ml santan (dari satu sachet santan instan yang diencerkan menjadi 100 ml)
Bumbu:
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 ruas kencur
  • 15 cabai merah keriting
  • 2 buah kemiri (ada yang suka menggunakan ada yang tidak, kalau saya biasa pakai kemiri)
Cara membuatnya:
  1. Rebus tempe semangit bersama bawang merah, bawang putih, kencur, selembar daun jeruk, dan cabai merah keriting dengan air secukupnya (usahakan bumbunya terendam semua) hingga mendidih, lalu langsung angkat, tiriskan, dan sisihkan air rebusannya.
  2. Ambil tempe semangitnya lalu tumbuk dengan ulekan tapi kasar-kasar saja, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, dan cabai merah keriting, boleh dengan ulekan, boleh dengan blender, sisihkan
  4. Siapkan wajan lalu tumis lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, hingga harum, lalu tambahkan cabai rawit merah dan  tempe semangit yang sudah ditumbuk tadi. Selanjutnya tambahkan juga bumbu yang sudah dihaluskan.
  5. Masukkan tahu, aduk hingga seluruhnya rata terkena bumbu, tambahkan air rebusan bumbu, lalu masak hingga matang. Tambahkan air bila perlu.
  6. Tuangkan santan, masukkan kerupuk kulit, aduk-aduk, bumbui dengan garam, gula merah secukupnya, kaldu sapi bubuk (jika memakai), lalu cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas, biarkan santannya mendidih dulu sambil terus diaduk-aduk supaya santannya tidak pecah.
  7. Setelah kuahnya agak mengental dan bumbunya meresap, segera angkat dan sajikan hangat bersama nasi, lauk dan sayuran yang lainnya.
Begitulah caranya memasak resep sambel tumpang sedap khas Solo, semoga saja sesuai dengan selera keluarga di rumah. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *