Resep-Resep Jus Wortel Mix Sehat

jus wortel, segar dan nikmat

Mari membuat jus sehat dari wortel

Memasuki tahun 2018 ini, salah satu resolusi saya adalah berusaha mengkonsumsi lebih banyak makanan dan minuman yang sehat. Makanan dan minuman memang bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi kesehatan. Kita juga butuh olah raga teratur, cukup istirahat, dan masih banyak lagi.

Namun setidaknya, usaha memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang sehat sudah merupakan awal yang bagus bukan? Bagaimana dengan teman-teman?

Salah satu minuman sehat yang saya maksud di sini adalah jus buah dan sayuran. Membiasakan minum jus tiap hari adalah cara yang bagus untuk menambah asupan vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Karena dalam bentuk jus, semua vitamin dan mineral di dalam buah dan sayur menjadi sangat mudah dan cepat diserap oleh bagian-bagian tubuh yang memerlukan.

Untuk kali ini, saya ingin share beberapa resep jus wortel sehat yang sering saya buat di rumah. Saya yakin, teman-teman pasti sudah tahu betapa banyaknya manfaat sehat dari jus wortel.

Menurut Dr. Norman Walker dalam bukunya Raw Vegetable Juices, jus wortel kaya dengan berbagai vitamin dan mineral, sehingga dapat membantu menormalkan seluruh sistem di dalam tubuh kita. Jadi manfaatnya tak terbatas hanya untuk kesehatan mata saja, tapi juga baik  untuk pencernaan, menyehatkan gigi, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Aneka buah apel

Apel yang manis bisa membuat jus wortel menjadi lebih enak dan hilang rasa getirnya

Jus wortel juga tidak harus dibuat begitu saja, tapi juga bisa dicampur dengan buah atau sayuran yang lain sehingga rasanya menjadi lebih enak, vitaminnya lebih banyak, manfaatnya juga bertambah. Yang terpenting, jangan menambahkan gula. Nanti manfaat sehatnya berkurang. Empat resep jus wortel di bawah ini sekedar contoh beberapa variasi dari jus wortel yang enak untuk dinikmati.

Sebenarnya enak tidaknya jus juga tergantung bahan bakunya. Usahakan mencari bahan yang masih segar sehingga rasanya juga segar dan nikmat. Misalnya untuk wortel, pilih wortel yang masih segar dengan warna kemerahan dan warna bagian yang dekat dengan akar tidak kehijauan.

Jus wortel bisa dibuat dengan juicer, bisa juga dibuat dengan blender. Kedua alat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika menggunakan blender, kita perlu menyaringnya lebih dulu dan ampasnya perlu sedikit ditekan supaya vitaminnya tak tertinggal di sana. Dengan juicer kita bisa langsung bisa minum, bagian ribetnya hanyalah saat membersihkan juicernya saja.

Untuk resep-resep berikut ini, pengerjaannya menggunakan blender. Jika menggunakan juicer langsung saja memasukkan bahan-bahannya setelah dikupas dan dipotong-potong

Jus wortel dengan apel

Kombinasi wortel dan apel menghilangkan rasa getir yang alami dari wortel, sehingga yang tersisa hanyalah rasa manisnya. Tapi karena judulnya jus wortel, tentunya apel yang digunakan di sini secukupnya saja, sekedar sebagai pemanis dan penghilang getir saja.

Bahan: 

  • 2 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 buah apel manalagi/fuji/washington ukuran sedang, kupas dan potong-potong

Cara membuat:

Masukkan potongan sayur dan buah ke dalam blender dengan air matang secukupnya, lalu proses hingga menjadi jus. Selanjutnya saring dan singkirkan ampasnya, dan minum segera jusnya.

Jus wortel, apel, dan tomat

Jus campuran dari wortel, apel, dan tomat, rasanya sungguh segar. Pilihlah tomat yang benar-benar merah warnanya.

Bahan:

  • 2 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 buah apel manalagi/fuji/washington ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 buah tomat merah, potong-potong

Cara membuat:

Masukkan potongan sayur dan buah ke dalam blender dengan air matang secukupnya, lalu proses hingga menjadi jus. Selanjutnya saring dan singkirkan ampasnya, dan minum segera jusnya.

jus wortel sehat

Jus wortel dengan tomat dan apel

Jus wortel dengan bit dan mentimun:

Jus ini warnanya marun menarik. sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Bahan:

  • 2 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 buah mentimun ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 buah bit ukuran kecil hingga sedang, kupas dan potong-potong

Cara membuatnya:

Masukkan potongan tiga macam sayur di atas ke dalam blender dengan air matang secukupnya, lalu proses hingga menjadi jus. Selanjutnya saring dan singkirkan ampasnya, dan minum segera jusnya.

Jus wortel yang dikombinasi dengan bit dan mentimun

Jus wortel dengan bit dan mentimun

Jus wortel dengan bayam

Meskipun warnanya paling tidak menarik, namun jus ini tak kalah kaya dengan zat gizi. Tambahan bayam membuat jus ini juga mengandung klorofil, bahan yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan kulit.

Bahan:

  • 2 buah wortel, kupas dan potong-potong
  • segenggam daun bayam (jus akan terasa sedikit pahit jika kebanyakan bayam)

Cara membuatnya:

Masukkan ke dalam blender dengan air secukupnya, lalu proses hingga menjadi jus. Saring dan singkirkan ampasnya, minum segera jusnya.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *