Resep Prol Tape Tabur Keju

Prol Tape keju favorit

Cara membuat Prol Tape Tabur Keju

Adakah yang menyukai Prol Tape seperti saya? Prol Tape itu tidak sama dengan Cake Tape ya teman-teman. Kalau Cake Tape biasanya dibuat dengan banyak telur dan biasanya mengembang sekali. Sedangkan Prol Tape Tabur Keju ini biasanya hanya menggunakan sedikit telur dan terigu, modal utamanya hanyalah tape.

Tidak heran jika hasilnya tidak mengembang alias bantet. Tapi rasa tapenya jadi sangat menonjol, enak sekali …. rasanya antara manis, gurih, ada jejak rasa asamnya juga …. hmmmmm……

Jadi kue bantet itu tidak hanya brownies ya teman-teman, Prol Tape Tabur Keju ini juga termasuk kue bantet dan di Pulau Jawa ini rupanya sudah dikenal sejak lama.

Dulu jaman saya kecil, resep prol tape yang ada sangatlah sederhana, hanya menggunakan bahan telur, terigu, tape, gula, dan minyak goreng atau mentega. Tapi di mulut saya rasanya sudah sangat enak.

Sekarang tapenya lazimnya dihaluskan dengan susu kental manis sehingga hasilnya terasa lebih lembut dan wangi, tentunya jauh lebih enak. Belum lagi taburan keju di atasnya, yang membuat rasa gurihnya semakin terasa.

Untuk membuat tampilannya semakin memanjakan mata, kita bisa mengoleskan kocokan kuning telur sebelum menaburkan keju parut. Mengolesnya tidak perlu terlalu tebal, tujuannya hanya mendapatkan warna kuning cantik saja, sehingga kalau dihiasi dengan taburan kismis atau sukade saja sudah cukup cantik.

Kalau menggunakan taburan keju dan tebal tentu tidak akan terlalu kelihatan olesan telurnya, jadi mungkin tak perlu yaa. Oh, iya, supaya tidak gosong, taburkan keju parutnya setelah setidaknya adonan 20-30 menit di dalam oven ya teman-teman (atau tergantung oven masing-masing juga).

Bagi yang tidak suka keju, bisa juga menggantinya dengan kismis. Bisa juga taburannya campuran aneka buah kering seperti sukade dan teman-temannya, pasti tampilannya tak kalah cantik. Atau bisa juga campuran dari semuanya seperti pada foto di atas.

Lazimnya prol tape dibuat tanpa menggunakan emulifier atau pengembang kue ya teman-teman. Tapi kalau merasa kurang pede tanpa pengembang sama sekali, gunakan saja 1/2 sdt soda kue atau baking powder dan campurkan dengan tepung terigu.

Selanjutnya, karena oven listrik saya kelewat mungil, jadi Prol tapenya saya panggang dalam dua loyang brownis yang kecil, jadi hasilnya 2 loyang brownies ukuran kecil. Jika teman-teman mau menggunakan loyang brownies yang sepanjang 30 cm itu, hasilnya akan menjadi 1 loyang saja.

Baiklah teman-teman, ini dia resep Prol Tapenya:

Prol tape, kue bantet yang enak

Prol tape, kue yang bantet tapi enak

Resep Prol Tape Tabur Keju:

Hasil: untuk 2 loyang brownies ukuran kecil

Bahan:

  • 500 g tape singkong yang manis
  • 75 ml atau 2 sachet susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 1 kuning telur untuk olesan, kocok lepas
  • 100 g gula pasir
  • 85 g tepung terigu protein sedang
  • 15 g tepung maizena
  • 1 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 125 g margarin atau margarin butter, lelehkan
  • Keju parut secukupnya untuk taburan

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarin butter, dan biarkan dingin
  2. Campur tepung terigu, tepung maizena, dan vanila, lalu aduk rata, sisihkan.
  3. Haluskan tape dengan garpu, buang seratnya, lalu aduk rata dengan susu kental manis, sisihkan.
  4. Siapkan 2 loyang brownies ukuran kecil atau 1 loyang brownies yang panjang. Beri margarin, kertas roti, dan oles kembali dengan margarin.
  5. Panaskan oven pada suhu 180 derajat.
  6. Kocok telur, gula dan garam dengan mixer hingga kaku.
  7. Turunkan kecepatan mixer, dan masukkan campuran tape ke dalamnya, aduk hingga benar-benar rata, lalu matikan mixer.
  8. Masukkan terigu bergantian dengan margarin butter leleh, aduk perlahan dengan spatula atau sendok kayu hingga rata.
  9. Tuang adonan ke dalam 2 loyang yang sudah disiapkan.
  10. Panggang dalam oven hingga 20-30 menit.
  11. Keluarkan Prol Tape, olesi bagian atasnya hingga rata dengan kuning telur dengan menggunakan kuas, lalu taburkan keju parut di atasnya. Selanjutnya panggang kembali selama 20 menit atau hingga matang. Supaya topingnya tidak gosong, pindahkan tempat manggangnya di rak bawah saja, kecilkan sedikit ovennya bila perlu.
  12. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi untuk menguji kematangannya.
  13. Matikan oven dan angkat Prol Tape, lalu biarkan agak dingin.
  14. Keluarkan dari cetakan dan sajikan Prol Tape Tabur Keju dalam keadaan hangat (IN).

Jadi begitulah caranya membuat resep Prol Tape Tabur Keju.

Prol Tape enak

Prol Tape yang hanya menggunakan taburan keju

Prol Tape keju favorit

Prol Tape keju dengan taburan yang lengkap

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *